Undang-Undang no. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal

Sahabat Mas Kopdang, Sdri Nuke, menulis komentar sebagai berikut:

I write in relation to the new investment law that has recently been enacted in Indonesia.

In this connection could we have an Opinion from you on this matter in relation to how this new law will affect our land titles? e.g : a company currently hold 5 HGB and HGU Certificates each for a period of around 30 years. Could you please let us know the procedures/changes in relation to renewals, extendibility, risks involved and other matters of interest/concerns that we should be aware of under the new investment law as against the previous law? We also would like to extend the said Certificates to the maximum periods allowed under the new law. Your assistance on this matter would be appreciated.

Catatan Mas Kopdang: Walah, make bahasa Inggris? Berhubung ini blog Indonesia, banyak sahabat Mas Kopdang orang Indonesia, dan saya cinta bahasa Indonesia disertai alasan Bahasa Inggris Mas Kopdang pas-pasan (pas diperlukan aja dipakenya, hehehe),  ;) Ijinkan saya menggunakan “bahasa ibu”, bahasa Indonesia. 

Apakah Nuke sudah punya Undang-undangnya? Bila belum bisa di lihat di sini.

sebagai pembanding, dapat juga melihat UU No.5 tahun 60 tentang pokok2 Agraria.

Nah, sekarang Nuke coba: 

Simak Pasal 21 huruf a dan Pasal 22 yang termaktub dalam UU tersebut di atas. Pasal 21 : Selain fasilitas sebagaimana dimaksud dalam 18, Pemerintah memberikan kemudahan pelayanan dan/atau perizinan kepada perusahaan penanaman modal untuk memperoleh:

  1. Hak atas tanah.
  2. ….
  3. …..

Lalu dalan pasal 22 tertulis:(1) Kemudahan pelayanan dan/ atau perijinan hak atas tanah sebagaimana dimaksud dalam pasal 21 huruf a dapat diberikan dan diperpanjang di muka sekaligus dan dapat diperbaharui kembali atas penanaman modal, berupa: bla..bla..bla.. (silahkan baca lengkap pada UU). 

Selama ini memang HGB berlaku 30 tahun dengan perpanjangan maksimal 20 tahun. Bedanya dengan dahulu, saat ini, dengan adanya UU ini,  masa HGB dapat berlaku dan diperpanjang selama 60 tahun di MUKA. Berarti pengertian di muka adalah dapat diajukan sekaligus. Sedangkan yang dahulu, kita mengajukan 30 tahun, lalu mendekati masa 30 tahun itu habis baru dapat diperpanjang selama 20 tahun. 

Nah, harus kita bedakan dulu antara perpanjang dan perbaharui. Pengalaman saya sewaktu menjadi LO di sebuah perusahaan swasta, perpanjangan berarti 3 bulan sebelum masa berlaku HGB itu habis, kita kudu/ wajib memproses di BPN wilayah terkait untuk memperpanjang ijin. Sedangkan perbaharui berarti masa berlaku HGB tersebut habis, lalu kita ajukan proses. Perpanjangan yang terlambat, dapat dikategorikan sebagai perbaharui. (UU yang dahulu) Saya bukan petugas BPN, apalagi petugas bagian investasi dari BKPM..Namun apabila tanah kita lebih besar dari ­+ 4000 m2, maka pengurusannya tidak hanya di wilayah BPN tingkat kabupaten, namun hingga tingkat propinsi. 

Sekarang pertanyaannya adalah: Apakah tanah HGB yang sudah ada ijinnya selama 30 tahun dapat mengikuti aturan main UU ini? 

Tentu saja dapat! Hanya saja, bukankah hukum agraria tidak menganut azas retroaktif? Sehingga apabila memang perusahaan telah memiliki HGB 30 tahun, maka daripada repot-repot waktu dan biaya ingin mengikuti masa berlaku hingga 60 tahun, sebaiknya nanti saja.

Kenapa? 

Tunggu saja masa berlaku ini habis, jangan diperpanjang, baru kita buat ijin baru dengan metode UU ini, sehingga HGB kita dapat langsung diberikan ijin di muka selama 60 tahun + kemungkinan perbaharuan selama 35 tahun. Gila ya, eigendom aja cuma 75 tahun. Tapi memangnya pas 60 tahun itu habis, kita masih hidup? Hehehe..Cuma perusahaan doang dong yang diuntungkan pemiliknya malah udah lewat..!hehehe  

Tapi ingat. Bacalah Pasal 22 ayat (2) hingga (4). Pikiran saya malah UU ini hanya memberi permen, namun pada ranah penerapannya akan banyak sekali syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Waktu yang lama sebetulnya adalah waktu maksimum. Kata “dapat”, sejuta makna dihasilkan. Sehingga tidak otomatis dan serta merta semua pemohon HGB memperoleh jangka waktu yang panjang sepanjang jalan kenangan… 

Hmm..saya mencium loop holes lain, selain BPN sepertinya aturan ini akan menyuburkan aroma kongkalikong bagi instansi yang mengurusi evaluasi perijinan HGB- HGU dan HP ini.  Risiko? Banyak. Pastikan Nuke tahu prosedural resmi. Ikuti birokrasi mbulet yang memusingkan hati dan pikiran. Jangan lewat calo, baik preman maupun calo berseragam. Ingat kan kasus senayan ali mazi dan ponco? Nah, bukankah gara-gara HGB-HGU juga tuh… 

Masih ada keresahan di dada? Dengan senang hati Mas Kopdang melayani..Yuk, ah..tariiik Mang..! 

bonus: (+) risalah uu penanaman modal dan lanjutannya

7 thoughts on “Undang-Undang no. 25 tahun 2007 tentang Penanaman Modal

  1. mau tanya dong mas :
    1. ada nggak batasan minimal hgb berapa tahun?
    2. matikah hgb jika pemilik meninggal dunia?
    3. Jika pemilik telah meninggal dunia bisakah diwariskan hgb nya?
    saat ini saya sedang mengajukan permohonan peningkatan hak milik atas HGB tahun 1997 atasnama ahli waris karna pemilik telah meninggal dunia sayangnya di sertifikat tidak tercantum masa berlakunya, entah BPN nya dulu lupa atu gimana. Saat pengajuan sekarang Oleh pihak BPN HGB tersebut dianggap mati. Memang kami masih bisa melakukan peningkatan hak milik akan tetapi prosesnya lama yaitu maks 120 hari kerja. benarkah demikian? jadi perlakuannya seperti pembuatan baru sertifikat?
    mohon jawabannya ya mas ditunggu.. trimakasih

  2. Considérez autour du coup excessive pour # BroncosChat Broncos vs Ravens jeu c

    Considérez autour du coup excessive pour vos buck.Handbags ont grandi exquise pour obtenir en particulier lorsque ceux-ci sont marqués génèrent avec vrai cuir naturel néanmoins, ils peuvent être créateurs de mode actuels haute priced.The de cette maison d’habitation vogue semble avoir une partie de chaque dernier produit, l’extravagance ainsi que des versions en pensant certainement. L’achat d’un véritable Fendi généralement être installé pour quelqu’un qui est bien connu en qualité professionnelle ou tout simplement si vous possédez capital pour acheter à nouveau, souvent, auriez-vous la possibilité de permettre facilement le sac à main Prada réaliste application.A pourrait éventuellement être simple de sortir séparée dans un semblant de sac à main Prada avec l’existence d’nombreux outils fréquents dans un faux insuffisante. Toute la couture le long des sacs Prada appropriées est sans aucun doute undeniable.Easy méthodes pour réduire vos frais Choisir un Louis Vuitton Louis Vuitton gros sacs à main sont parmiLongchamp Boutique A Paris les entreprises les plus connues worldwide.Common luxueux sac à main Hermès Birkin est faite de crocodile au large de l’endroit où l’accessibilité dépend de la grandeur d’une boîte. Hermes Birkin sert indéniablement une boîte de vêtements bien connue fabuleux qui de nombreux consommateurs sans aucun doute la recherche roucouler si elles n’étaient pas en mesure de recueillir certains.

    Beaucoup de personnes optent pour ces personnes, étant donné qu’ellesLongchamp Balzane Toile peuvent offrir aux gens ce qu’ils comptent sur de vos produits réels de citations raisonnables. Beaucoup de gens pourrait être en droit direct étant donné que double est bien terrible ou production.Have simplement cru que tu étais à la mode qui devrait regarder? Longtemps pour les jours de classe réelle d’un 80 pas en mesure de les remettre tout le chemin jusqu’à? Encore une fois, il peut être cousu sacs à main, qui peuvent être recommandable de présenter. Il est certainement adaptés couche mallettes, nourrissons backpags, emballages sportives professionnelles ou handbags.There dentaires sont certainement certainement beaucoup d’options dans le cas de ce portefeuille au panier, il est cependant un produit spécifique à la qualité supérieure et l’élégance connecté avec Gucci qui est garantie de placer un fait indépendamment de l’endroit où vous allez.Boutique Longchamp Avignon Pour beaucoup de gens femme un nouveau fourre-tout votre femme prend peut-être plus qu’une maison d’utiliser leur funds.Producer associé avec des sacs comme en tout temps les tentatives d’offrir l’extrême accent sur nécessaire de leur résister l’accouplement précis réelle pour la première prise. Beaucoup jamais dommages aidé par la haute qualité.

    De 1893 votre ex tous établie le long de la Chicago Visite Rational. Lorsque 1914 Georges a ouvert pire Voyage du monde autour de cachette de Paris, l’europe, de distribuer elements.Proprietors LouisLongchamp Tasche Balzane Vuitton qui ne peut pas résoudre la distinction pourrait bien être clair sur les méthodes réputées porte-monnaie Gucci peuvent être achetés en donjon. Lorsque vous vous trouvez acheteurs uniques qu’elle enregistre et comptabilise confiance sacs Gucci et d’autres sortes de supports à la mode bien connue, que les facteurs d’authenticité avec un autre woman.When i garder à l’esprit qu’il peut être tout à fait indispensable de mentionner le sujet réel une fois de plus puisque j’ai découvrir il ya de nombreux gars continuent à se sentir pleinement presque impossible de trouver de magnifiques nouveautés pour l’anniversaire spécial ainsi que la Saint-Valentin pour les dames. De façon réaliste, je pense, ce qui est vraiment, ni trop simples et faciles ni tough.As élevées que sac à main Fendi serait l’option d’un dévot avancé pour Fendi néanmoins, vous n’aurez pas certaine compte courant où les adversaires qu’en ce qui concerne Fendi. Si vousLongchamp Balzane Wallet vous obtenez une baisse de prix de sac à main Fendi quiconque d’investir dans knock-off peut-être une version synthétique, vous arrive d’être l’achat de la chose réelle, dans le cas où vous êtes au courant.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s