Skripsi Hukum dan Skripsi Pada Umumnya Serta Permasalahannya

Inbox gmail Mas Kopdang kedatangan sepucuk surat dari Putri, Mahasiswi Hukum, yang menuliskan pertanyaan sebagai berikut: 

nama saya putri… ambil jurusan hukum… berhubung saya liat blognya mas kopdang yang kayanya enak kalo diajak share dan saya liat latar belakang mas yang hukum juga… saya pengen tanya kira2 topik/kasus apa yang bisa dijadikan bahan skripsi yah… saya lagi binguuung banget untuk menentukan judul skripsi padahal deadline bentar lagi..saya ambil jurusan hukum ekonomi bisnis dan tertarik sekali dengan persaingan usaha dan perusahaan/hal2 yang berbau PT kira-kira mas bisa membantu saya untuk berbagi ide dan kalo dipake sama saya, saya akan banyak2 terima kasih sekali…                                                                   

sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan mohon kiranya dibalas 

wassalam 

Komentar Mas Kopdang: 

Pertama: Maaf, baru saya sempat balas  hari ini. (Surat masuk tanggal 31 Juli).

Kedua: Menurut saya, Putri sebaiknya lebih terfokus pada “rumusan  masalah” terlebih dahulu. Carilah situasi, fenomena, topik di mana ada gap / jurang antara das sein dan das sollen suatu keadaan. Pilihlah topik yang mudah, mampu dibuat dan bermanfaat bagi Putri. 

Mengenai topik, judul dan permasalahan yang akan diambil, silahkan Putri menganalisa keadaan yang paling dekat atau yang sedang nge-trend saat ini. Sehingga akan mudah untuk dipelajari dan mudah untuk dilakukan. Karena Sebetulnya menurut saya, Skripsi itu Cuma terdiri dari 3 hal: 

  1. Menentukan masalah (pertanyaan yang harus dijawab dalam Bab Pembahasan Skripsi) dengan penyesuaian judul terhadap masalah.
  2. Membahas (mencari tahu) tentang aturannya- dan kenyataannya tentang masalah tersebut.
  3. Menyimpulkan hasil pembahasan sesuai rumusan masalah. Sehingga antara masalah, pembahasan dan kesimpulan segaris lurus dan “nyambung”. Sedangkan bonus bagi skripsi itu adalah “saran”, yakni uraian singkat untuk menambal jurang antara qua aturan dan yang terjadi dalam kenyataan sehari-hari [solusi sederhana]

  Contoh paling sederhana, bila diselaraskan dengan hukum ekonomi bisnis adalah:

  1. Tinjauan Yuridis Pembelian Saham Mayoritas Stasiun Televisi Oleh Stasiun Televisi Lainnya (Studi Kasus: PT. Indosiar bla..bla..bla.. oleh PT. Suraya Citra Televisi)… korelasinya dengan peraturan Persaingan Usaha. -  Tema ini membuat Putri jadi lebih memahami masalah korporasi (PT) dan proses pembelian saham, juga masalah hukum persaiangan usaha, untuk melihat peta industri stasiun televisi di Indonesia.-          Rumusan masalahnya bisa jadi:-     Bagaimana kah proses pembelian serta prasyarat hukumnya?-          Apakah Peraturan Penyiaran dan peraturan lainnya yang terkait  membolehkan hal ini?
  2. Pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) pada PT.XXX  menurut UU PT no..(yang  baru).
  3. dan lainnya…

 Namun Perlu diingat, cobalah tentukan beberapa hal berikut ini..: 

  1. Apakah Skripsi saya akan dibuat dengan se-Ideal mungkin? -          Apakah akan dibuat buku setelahnya?-          Sekadar menggugurkan kewajiban dan lulus segera?Atas-pilihan-pilihan di atas, akan membawa semangat dan konsekuensi yang berbeda.  
  2. Apakah Putri memiliki dana untuk membuat riset, mencari data apabila data tersebut di luar Kota?Misalkan: Putri kuliah di Jogja, sedangkan data dan objek skripsi adalah perusahaan di Jakarta, maka:Apakah siap untuk pergi ke Jakarta?
  3. Apakah Putri ingin membuat Skripsi hanya dalam satu semester? Boleh dua semester, atau tidak ada target waktu tapi yan penting Skripsi harus “sempurna” dan ideal.

Visi kita tentang skripsi kita penting sekali, karena akan menentukan bagaiamna pelaksanaan (proses) dan bentuk jadi dari skripsi tersebut. 

Saran

Menurut saya yang 3 semester bikin skripsi sebaiknya Putri menjadikan skripsi sebagai proses untuk belajar mengenal dunia kerja secara nyata. Belajar melobby dosen. Belajar negosiasi dengan perusahaan yang datanya kita perlukan. Belajar melakukan penelitian ilmiah dengan runut dan jujur.

Sehingga Kesarjanaan kita memang matang dan layak untuk dipertanggungjawabkan di hadapan masyarakat. 


Masih ada pertanyaan atau pendapat lainnya? 

kirim email aja ke kopdang at gmail dot com.

Tentang iklan-iklan ini

93 thoughts on “Skripsi Hukum dan Skripsi Pada Umumnya Serta Permasalahannya

  1. tiba2 terlintas sebait lagu

    “skripsi…,
    oh skripsi…,
    kulupakan dirimu kini….,
    bukan karena apa…
    karena ugm yelah mengugat cerai diriku…”

    (ditulis sambil kebingungan, antara gembira nggak perlu mikir skripsi lagi ato sedih karena karir akademik terhambat)

  2. dear Mas KopDang…

    saya udah baca tulisannya Geri yg juga lagi bingung ttg skripsinya. saya bingung soal CSR, saya tadinya mau ngebahas itu. tapi teman saya bilang kalo CSR tsb belum bisa dibahas krn RUUPT belum bisa dibilang sudah menjadi suatu dasar hukum bila saya mau membahasnya. karena baru disahkan oleh DPR saja, dan masih harus nunggu untuk aktif digunakan (klo ga salah kt temen saya setahun stlh bener2 jadi UU). temen saya yg lain juga bilang klo RUUPT tsb belum mendapat nomor untuk jadi UU. sebetulnya saya masih kekeuh untuk membahasnya, namun………. saya bingung. begitulah ceritanya, mas.
    kira2 Mas ada saran2 yg bisa membantu saya?

    terima kasih banyak untuk perhatiannya ya.

  3. dear mas kopdang..nama aq vivi..aq lagi bingung bgt ni..hiks..aq deadline bkin skripsi..aq ambil jurusan hukum ekonomi perdata..aq tertarik bgt sm masalah2 asuransi gitu…mnrt mas kopdang bagusnya judul skripsi aq apa ya??balas ya???thx bgt ^-^

  4. Ass.wr.wb dan Salam Sejahtera bagi kita semua
    HORAS…
    Salam keadilan…
    Hai bang/mas…saya mahasiswa fakultas huku UMSU Medan semester akhir, jurusan hukum acara..kalau boleh, berikan saya berita-berita seputar hukum baik yang telah berlalu maupun yang up to date…berhubung saya sedang mencari materi yang bagus untuk skripsi….ok..Atas perhatiannya diucapkan terima kasih…!!!!

  5. salam
    mas, saya mahasiswi hukum semester akhir saya saat ini sedang menegerjakan skripsi, saya ambil hukum perdata, selain itu saya juga keliah di kedokteran gigi yamg sam juga semester akhir. karena kesibukan 2 kuliah yang saya jalani saya mengalami kesulitan dalam mengerjakan skripsi. saya mau minta masukan kira2 judul apa yang bisa saya angkat. kemarin sebenarnya mau angkat m,asalah tentang mayat tanpa identitas, tapi selanjutnya bingung

  6. Thanks atas saran dan masukannya mas…. Last but not least.. Butuh komitmen dan kerja keras buat ngerjain skripsi en jgn nunda nunda waktu tuk ngerjain skripsinya… Iya enggak Mas..????

  7. mas bantuin saya donk…judul saya masuknya ke ekbis sedangkan saya pemintannya perdata nih…gmn ya ubah judulnya supaya jd ke perdata…judul saya tadinya tanggung jawab penyelenggara transportasi udara terhadap kecelakaan akibat kelalaian… gmn ubah judulnya supaya jd perdata ya… ditunggu jawabannya ya mas

  8. selamat sore mas kopdang, saya diana mahasiswi hukum yang sedang dalam proses penyelesaian skripsi,, mas kopdang bisa share khan..sebelumnya saya sudah mendapatkan judul skripsi tentang penanaman modal dan sudah di acc oleh dosen yang berkaitan,,tapi entah kenapa semua berubah pada saat bimbingan dia blang untuk merubah judul skripsi saya,,kira-kira bisa ga mas kopdang bantu masukan judul skripsi apa yang cocok dengan jurusan hukum perdata ekonomi.. please bantu ya mas soalnya saya sudah di deadline waktunya sama dosen tersebut

  9. slamat malam mas, saya mahasiswa hukum ekonomi, lg bingung niy nyari judul skripsi,tolong kasi ide dunk mas… kira2 masalah2 yg baru apa y… dan yg gampang nyari datanya…

  10. mas kopdang,salam kenal,,, saya bersyukur sekali melihat blog mas kopdang yang membahas dan membantu seputar skripsi hukum,smentara saya termasuk orang2 yg tersesat dalam menentukan judul yg akan saya ajukan ke dosen dalam waktu dekat ini.saya harus berebutan mas dalam memberikan judul karena banyak saingannya,takut judulnya sama.saya mahasiswi fakultas hukum,peminatan yang saya ambil hukum pidana/pencegahan dan penanggulangan kejahatan dalam masyarakat.
    saya sedang bingung mencari judul skripsi tentang bidang itu,saya diharapkan oleh dosen untuk tidak mengambil permasalahan yg biasa2 saja.kira2 mas bisa bantu ide apa mas yang pas dan sedang trend untuk saya ambil???mohon bantuannya mas,saya pingin cepat2 lulus dengan nilai yg baiik tentunya.
    terimakasih y mas sebelumnya..

  11. skripsi sebagai proses untuk belajar mengenal dunia kerja secara nyata. Belajar melobby dosen. Belajar negosiasi dengan perusahaan yang datanya kita perlukan. Belajar melakukan penelitian ilmiah dengan runut dan jujur.

    Sehingga Kesarjanaan kita memang matang dan layak untuk dipertanggungjawabkan di hadapan masyarakat.

    Yup bener bgt poin yg sudah mas kopdang sebutkan. Saya juga baru saya lulus, skrg sudah SH. :p
    Saya menyakini bahwa skripsi merupakan gerbang kita menuju sesuatu yang akan kita hadapi nanti. Sampai akhirnya saya puas bisa membuat skripsi sbg “masterpiece” selama saya kul S1. Syukur2 gara2 skripsi menarik kita dapet tawaran kerja. Hehehe…

  12. salam kenal mas kopdang,,,, saya mahasiswa hukum ekonomi,sekarang bener-bener bingung nyari judul skripsi,tolong bantu ya mas kopdang,,,,kalo bisa tentang penanaman modal atau pasar modal yang gampang nyari datanya….

  13. assalamualaikum…mas…
    saya mhsswa hukum internasional…maw curhat bout skripsi nih…
    rencananya saya mo kasih masuk judul: Tinjauan Hukum Internasional Pengaruh deklarasi Uni Eropa dalam kasus Munir terhadap Diplomasi Indonesia.
    kira2 bagaimana mas? perlu dirubah? mohon masukannya…
    oya…kalau mamang relevan..apa rumusan masalahnya yah…
    1. bagaimana dampak deklarasi Uni Eropa dalam kasus munir terhadap diplomasi Indonesia ?
    2. bagaimana sikap diplomasi Indonesia dalam mengahdapi deklarasi Uni eropa?
    skali lg mohon arahannya mas… thenx..
    piss..

  14. mas kopdang sy mahasiswa hukum jurusan hukum internasional lg bimbang buat judul nih kira2 judul sy layak diajukan gak?
    1. Penetapan zona ekonomi eksklusif di perairan selatan laut andaman antara Indonesia dan Thailand jika dikaitan dengan penerapan unclos 1982 dan perjanjian antara Indonesia dan Thailand.
    2.Masalah perbatasan wilayah antara Indonesia dan Malaysia di perairan sebelah Pulau Sebatik jika dikaitkan dengan penerapan UNCLOS 1982 dan perjanjian prbatasn antara ind. dan malaysia

  15. mas saya mau bikin skripsi dengan judul “perlindungan hukum terhadap anggota keluarga diplomat ditinjau dari prinsip2 hukum internasional (konvensi wina)”.kira2 cukup relevan gak ya mas untuk dijadikan judul dan bahan-bahannya kira2 gampang gak ya dicarinya??makasih

  16. ikutan dong.salam kenal. lg skripsi jg ni. ambil judul tentang akuisisi dengan leverage buyout (LBO). punya contoh prakteknya di indonesia ga mas?

  17. @ Pinul,

    Coba cek di internet,
    Berlian Laju Tanker kalo gak salah pernah melakukan hal ini kepada perusahaan pesaingnya dari Amerika. Liputannya ada dalam majalah AsiaMoney. Coba cek situsnya.

    saya tuliskan cuplikannya:

    “More impressive are the plans of Indonesian chemical tanker company Berlian Laju Tanker (BLT), which is seeking financing for a US$850 million acquisition of United States rival Chembulk Tankers in the largest overseas acquisition by an Indonesian company since 2000. Berlian Laju wants to raise US$500 million through a dual-tranche loan, which alongside a previous 12-month bridge is understood to represent total leverage of five times debt to Ebitda. That sort of leverage for an Indonesian acquirer in the current environment sounds preposterously ambitious, yet the LBO has attracted a mandated lead-arranger group of DnB NOR Bank, Fortis, ING and NIBC.”

    dulu juga kalo gak salah Bakrie menerapkan cara ini saat mau membeli Arutmin dan KPC. Tapi saya masih ragu.

    coba deh cek lagi.

    Sukses ya..

  18. makasi bantuannya mas.

    yang saya bingung dalam kasus BLTA ini, BLTA pake pinjamanan lewat bank. setau saya di Indonesia untuk akuisisi dgn pinjaman/LBO ga boleh didapat dari bank, krn ada peraturan BI yg melarang. ini peraturan lama si ga tau skarang…. yg pas emng ksus BUMI akuisisi arutmin, krn ada artikel internet yg bilang kl bumi dapat dana bantuan dari jamsostek. walau dlm artikel dsebutin sgala biaya akuisisi beserta pinjaman dan prosesnya, tp datanya ga pasti, dlm artikel cm dibilang berita ini didapat dari sumber terpercaya… kan gantung…

    minta tanggapannya lagi dong…. makasi yap

  19. gini menurut saya mas dalam penyelesaian tugas skripsi, mas cari aja permasalahan permasalah perdata yang ada di sekitar lingkungan mas. dansetelah itu mas bisa konsultasikan permasalahan perdata tersebut dengan konsutan hukum di daerah mas.

  20. mas sebaiknya sekripsi yg akan mas buat, ambil skripsi yang ada hubungannya dengan kejahatan korporasi. dan kalo boleh saya beri jalan nih disini ada alamat yang bisa mas jumpai untuk menambah dan mempermudah bahan skripsi yakni; permai21.blogspot.com

  21. mas kopdang saya mahasiswa UMJ, saya sangat bingung untuk mementukan judul skripsi saya, apa yang harus saya lakukan mengenai judul skripsi saya ini, saya mengambil jurusan hukum dan saat ini saya ingin mengambil masalah REASURANSI, saya sangat berhap mas bisa membrikan saran untuk saya bisa membuat judul skripsi saya dengan sempurna sehingga saya dapat mmepertanggung jawabkan gelar SH, saya mengucapkan rasa terima kasih untuk segala perhatian dan masukan dari mas kopdang
    salam hormat saya, andry.

  22. mas saya sedang memulai skripsi, judul saya “implementasi pasal 88 uu no 13 tahun 2003 terhadap beberapa perusahaan”…yang ingin saya tanyakan apakah tepat klo permasalah yang saya ambil adalah ‘bagaimana penetapan upah minimum yang profesional berdasrkan nilai kebutuhan hidup layak pekerja’

  23. mas saya sedang memulai skripsi, judul saya “implementasi pasal 88 uu no 13 tahun 2003 terhadap beberapa perusahaan di kota lampung”…yang ingin saya tanyakan apakah tepat klo permasalah yang saya ambil adalah ‘bagaimana penetapan upah minimum yang profesional berdasrkan nilai kebutuhan hidup layak pekerja’ untuk permasalah yang kedua sayan msh bingung..mohon bimbingannya…

  24. malam mas.. nma saya aden suhariyadi.. saya jurusan hk acara dislah satu universitas dipekan baru.. saya mau minta tolong bantuan judul hk acara dan kalau bisa putusan na baru di tahun 2009 ataupun di 2008… tolong kirim ke email saya aden_virgoboy@yahoo.com … terima kasih ya mas .. mat malam

  25. salam kenal. mas saya zahra mahasiswa hukun bisnis di bdg
    . saya mau minta tolong bantuan judul untuk hukum perdata atau bisnis. yang update. mksh

  26. mas…
    saya nanda,saya anak hukum smester 7 yang kebetulan udah nyusun…
    saya sangat tertarik dengan tulisan di atas,,sehingga membuat lebih semangat dalam pengerjaan skripsi..

    bagaimana klao mas memberikan sedikit ulasan,, bagaimjana cara mendapatkan data sempurna dari pihaj yang kita prlukan.

    soalnya di lising susah baget mas..

  27. Mas, aq Hendra fak hukum semester VI. Aq udh mau mulai menyusun skripsi u/ persiapan semester mendatang.

    Aq tertarik u/ ngambil Pidana. Mohon saran serta bantuannya prihal judul yg harus sy ambil u/ bahan skripsi tersebut. terima kasih sebelumnnya ats ksediaannya. tlg krm via email ku ya mas(caba27@ymail.com.

    Trim’s

  28. hallo mas kopdang aku arul mahasiswa hukum unhas ingin mencari judul skripsi bagian hukum acara perdata bisa bantuin nggak…!!!

  29. Salam kenal Mas..
    Aq mahasiswi semester VI, rencana mau bikin skripsi.. Aq mau minta masukan judul tentang hukum perbankan.
    Aku tertarik u/ ngebahas tentang bank indonesia.., tapi masih bingung judulnya..
    minta saran dan masukan yah..
    thanks a lot :)

  30. anjrit.. jadi stress nih gw inget2 skripsi.. mana judul ditolak mulu lagi.. emang kynya udah kebanyakan nih mahasiswa hukum.. bisa lula kamal nih gw (lulus lama karena malas).. hehehe

  31. haha aku juga lagi cari bahan buat skripsiku yang udah mundur setahun karena judul ditoak tolak terus,,sekarang giliran udah diterima malah kebingungan ngerjainnya karena pokok permasalahannya disuruh ganti. aku sih ngebahas soal kartu kredit syariah. dan astagaaa ga ada bahannya aja dulu jadi aku stuck deh.

    ngebaca komen dari temen2 yg lain aku jadi terpacu buat ngerjain lagi..

    dan mas kopdar..kalo ada ide tentang pokok bahasan kartu redit syariah, tolong bantuannya ya..mungkin bisa via email..

    makasiih mas..

  32. salam,
    buat mas kopdang yang langsung bikin saya tertarik waktu pertama kali kunjungi blog ini.

    aku mahasiswa fakultas hukum mau program skripsi, minta tolong dong sama mas kopdang untuk kiranya dikasih saran buat skripsi tentang paten.

    matur nuwun
    trima kasih
    thanks.

  33. halo mas,,,,,aku dewa mahasiswa hukum ugm yang lagi menulis skripsi hukum internasional. spesifik nya hukum udara internasional…

    judul yang saya ambil sudah acc tentag kecelakaan pesawat Garuda GA 200 beberapa waktu lalu

    judulnya kriminalisasi profesi pilot alam dunia penerbangan di negara RI…

    bagaimana pendapaty mas??dan saya akui referensi untuk udara internasional itu sangat sedikit sekali
    thx mas

    • Benarkah topik yg diambil lebih kepada HI dibanding pidana?

      Bukankah penalisasi/kriminalisasi akan banyak mengupas sisi unsur2 pidana?

      Coba deh kirim abstraksinya via email
      Thx.

  34. mas sekarang sy lg skripsi. cuman maslahnya judul ma rumusan masalahnya blum bener. sy ambil skripsi hukum waralaba. menurut mas judul yang tepat apa???tlg d bls…
    thnx b4

  35. mas mau nanya…
    skripsi hukum ekonomi kalau judulnya
    “analisis peranan penanaman modal asing terhadap pembangunan ekonomi di indonesia”
    boleh pake uji statistik ngak??
    thanks

    • Skripsi hukum? Kok judulnya ngambang? Permasalahannya apa?

      “analisis peranan penanaman modal asing terhadap pembangunan ekonomi di indonesia”

      Kata kuncinya: peranan, PMA, pembangunan ekonomi, Indonesia.

      Apakah akan mengkaji ketentuan PMA? Apakah akan juga menyoroti pelaksanaan investasi asing, BKPM, sektor riil, pasar modal atau pasar uang? Apakah juga akan membandingkan peran PMA di negara lain (to compare)?

      Coba deh buat rumusan masalahnya dulu.

      Mengapa judulnya gak seperti ini: “Analisis ketentuan PMA (uu no. Bla-bla-bla) dalam pelaksanaan investasi oleh badan hukum asing pada sektor pertambangan/perbankan (terserah apa saja) di Indonesia”.

      Rumusan masalah: 1. Bagaimana BH asing diatur dalam ketentuan penanaman modal di sektor perbankan? 2. Bagaimana pelaksanaan penanaman modal asing oleh badan hukum asing di sektor perbankan di Indonesia?

      Bagaimana? :)

  36. maaass…
    tlg dunk…
    saya ud bolak-balik ngajuin judul k dosen tp ditolak mulu ini…
    saya ngmbil konsentrasi hukum perdata murni FH UNBRAW pgn neliti ttg masyarakat adat suku osing dBanyuwangi…ttg waris ato p’kawinanny adat,,,
    gmn mnrut mas kopdang…???

    • Waks! Bagus banget tuh..

      Nanti persentuhannya dengan ilmu antropologi. Coba buat judulnya yg menarik dan spesifik. Misal:

      “Hak dan kewajiban suami istri masyarakat osing yang menikah dalam hukum adat Osing”

      Nanti rumusan masalahnya misal: 1. Bagaimanakah hubungan hukum (perikatan) hak dan kewajiban pasangan yg menikah dengan hukum adat Osing 2. Bagaimana dengan pendaftaran dan status hukum pernikahan dengan hukum adat Osing ditinjau dr uu perkawinan (hukum positif)

      Nanti yang perlu ditinjau kan: 1. Apakah perkawinan ini sah ditinjau dr hukum positif. Kupas habis uu perkawinan lalu bandingkan dengan hukum adatnya. Apa persamaan dan perbedaannya. 2. Bagaimana proses pendaftaran untuk dicatat dalam pencatatan depag atau catatan sipil. 3. Bagaimana hak dan kewjiaban istri dan suami termasuk penyatuan harta bersama, kewarisan dan bila ada perceraian dan kemungkinan poligami diperbolehkan..

      Kalo aku jd dosenmu, tak acc segera tuh..

      Salam buat dosennya ya.. ;)

      • maaaaaasss…
        mksg bwgt yh…
        pnjbaran dr mas SIIIPP BWGT…
        ak jd smgt lg ini mw mju k dosen…
        ^_^

        mnt doany yh,mas…
        n kl ad yg msh ak krg ngrti,blh sharing lg yh…
        ^_-

  37. Mas.. terima kasih atas saran nya, lengkap banget penjelasannya, mudah dimengerti.. ^_^
    Ok ntar sansan coba saran mas kopdang… mudah2an judul nya diterima sama dosen ok
    ntar kalo ada yang kurang dimengerti, masih boleh nanya ya… hehehe ^_^
    thanks

  38. mas lam kenal yach
    nama saya dina…saya mhsiswa fakultas hukum semester VI yang udh mulai nyusun skripsi…sekarang saya mengambil konsentrasi Hukum bisnis n permasalahannya adalah saya binggung mau menggangkat tema tentang apa takut ditolak soalnya mas,…mohon bantuanya ya mas

  39. salam kenal mas….
    aq mahasiswi smester 7,rencana mau nyusun skripsi…..
    aq mau minta masukkan judul tentang hukum agraria.
    kalau bisa permasalahannya yang ada di samarinda aja dan datanya mudah di cari…
    mohon dibantu ya mas kopdang krn sy merasa pusing banget klu udh mikirin skripsi
    makasih sebelmnya mas …………..

  40. lam knal mas …………
    sy mahasiswi fakultas hukum smester 7 yg lg mulai nyusun skripsi ………..
    tp sy tu bingung mau ambil judul dan permasalahan apa dan sy mengambil konsentrasi hukum agraria,, tp klu bisa sy mau permasalannya tu yg ada di samarinda aja spy tdk jauh dngan tempat sy tinggal
    mohon sekali y mas bantuannya untuk carikan judul yg terbaru …………
    terima kasih sebelumnya mas……….

  41. mas aku mau bikin skripsi hukum acara pidana tapi lgi bingung bwt judulnya aku penginya yang msh berhubungan dengan pelangaran lalulintas gt…cri bahanya yang terlallu sulit kira2 apa mas??skalian rumusanya gt

  42. mas…kira2x permasalahan yg bagus banget tentang ketenagakerjaan apa yah? saya mau buat judul skripsi bingung banget.tp saya tertarik bgd tentang tenaga kerja wanita gitu.apa ya mas saya bingung bgd.mau ngajuin judul ga jadi2x.saya kuliah di fakultas hukum ugm..hehehe

  43. Assalamu’alaikum..

    Saya kuliah di fakultas hukum ugm semester 7, saat ini saya masih bingung mau mengajukan judul skripsi dan permasalahannya tentang apa sehingga sampai saat ini saya belum mengajukan judul skripsi ke dosen. Saya konsentrasi hukum dagang. Saya mohon bantuannya dari Mas Kopdang untuk dicarikan judul skripsi, saya tertarik untuk menulis skripsi tentang perbankan mengenai kredit mikro perbankan, dan juga tentang perlindungan konsumen terkait masalah kesehatan (yang lokasi penelitiannya di Jogja). kiranya Mas Kopdang bisa membatu mencarikan saya judul skripsi atau bisa juga memberikan saran judul skripsi tentang permasalahan lain seputar perbankan atau perlindungan konsumen. Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum.

  44. Assalamu’alaikum..

    Saya kuliah di fakultas hukum ugm semester 7, saat ini saya masih bingung mau mengajukan judul skripsi dan permasalahannya tentang apa sehingga sampai saat ini saya belum mengajukan judul skripsi ke dosen. Saya konsentrasi hukum dagang. Saya mohon bantuannya dari Mas Kopdang untuk dicarikan judul skripsi, saya tertarik untuk menulis skripsi tentang perbankan mengenai kredit mikro perbankan, dan juga tentang perlindungan konsumen terkait masalah kesehatan (yang lokasi penelitiannya di Jogja). kiranya Mas Kopdang bisa membatu mencarikan saya judul skripsi atau bisa juga memberikan saran judul skripsi tentang permasalahan lain seputar perbankan atau perlindungan konsumen. Terimakasih.

    Wassalamu’alaikum.

  45. sallam sejahtera…

    Mas kopdang, sy mnta tolong deskripsikan sebuah skripsi yang berhubungan dengan Hukum Perbankan,. sy tertarik di bidang tersebut mohon kiranya mas kopdang memberikan pandangan. trims…

  46. skripsi…… bikin bingung yaaaaa….
    betol…betol….betol….
    gue mahasiswa fakultas hukum di perguruan tinggi di Riau, gue juga lagi pusing mikirin skripsi, padahal batas waktunya tanggal 1 des 2009, hanya tinggal 1 bulan aja…
    jangan dipikirin…….
    gitu aja repot…………
    ha..ha..ha

  47. ass mas, saya mahasiswa hukum semester akhir tapi saat judul untuk sekrifsi saya susah di carinya, boleh minta solusi, saya nagmbil judul tentang kasus perodeo, tapi saya dah cari di toko-buku ga da? susah bangeut

  48. Dear,Mas Kopdang

    Saya bigung baget neh mas mau nentuin judul skripsi padahal sudah detaline.saya maunya judul skipsi saya itu mengenai jasa ritel soalnya saya bekerja di jasa ritel dimedan bagian operasional dan hrd

    Tolong dibantu ya mas

    Salam

  49. salam kenal mas…saya mahasiswa hukum semester 7 lagi bingung ni mau nentuin judul skripsi, dah deadline nih…saya konsen dengan hukum pajak..kira2 apa ya masalah2 hukum yang lagi in akhir2 ini mengenai hukum pajak?Tolong kasih solusi ya mas…blz ya mas..makasih…

  50. met sore mas, saya mengambil program kekhususan hukum scara perdata. saya bingung menentukan topik skripsi saya. sudah beberapa kali mengajukan topik proposal, selalu ditolak.. mas ada ide tidak topik di bidang hukum acara perdata yang menarik?

  51. met sore mas, saya mahasiswa hukum di salah satu perguruaan tinggi di aceh. saya mengambil kekhususan hukum perdata umum.saya lagi binggu sekarang mas mengenai judul yang akan jadikan skrpsi.mas ada topik g tentang masalah pengadaian.mas bantu aq yaa.atau judul lain yang menarik menurut mas..

  52. mas kopdang yg baik hati saya minta bantuannya dong,nama saya trilaksana kuliah hukum semester akhir ingin mengajukan skripsi mengenai tata cara memulai usaha dari awal,pembuatan cv/pt,sampai berdirinya suatu badan usaha,kira-kira untuk judulnya apa ya yang pas,terima kasih ya sebelumnya.

  53. Asslamu’alaikum,
    Salam kenal teman2 kopidangdut,
    saya farhan, mahasiswa HI yang baru tahun pertama masuk,
    butuh bantuan temen2 untuk tanggapan mengenai judul essay saya, boleh berupa link ke artikel atau jurnal, maupun pendapat temen2 mengenai masalahnya..
    Judul essay nya :
    “Dunia dan ketidakseimbangan HAM didalamnya”..
    secara garis besar saya mengambil contoh2 kasus HAM seperti di Afrika, Sudan (Darfur Massacre), dan Zimbabwe,
    Inti permasalahannya adalah International Criminal Court yang sudah ada tidak begitu maksimal dalam mengambil langkah menyelesaikan konflik..
    mohon tanggapan untuk penyebab atau peranan ICC dalam mengatasi permasalahan HAM di dunia..
    Syukron,
    Hatur Tengkyu semuanya..

    Wasslam,
    Zulfarhan

  54. saya lagi binggung mencari judul skripsi yang tepat untuk saya, saya mengambil program kekhususan hukum acara,dan lebih tertarik terhadap perlindungan anak…
    kira2 judul apa ya yang bisa yang gunakan sebagai skripsi karena waktu deadlina ya tinggal 2 bulan lagi.
    mohon bantuannya.

  55. Matur nuwun.
    HORAS mas Kopdang..
    saya mahasiswa hukum, pengen buat judul CSR di bidang Perbankan.
    kira2 jdul dan perumusan masalah yang tepat kira2 seperti apa dan gambaran nya gimana ya mas..??

    HORAS.

    Terima Kasih sebelumnya..MAS.
    SUKSES..

  56. saya lagi nulis skripsi berjudul PERAN LPSK DLM MELINDUNGI WHISTLEBLOWER KASUS TINDAK PIDANA KORUPSI. Nah, kata dosen saya kalo penelitian di LPSK doang bakalan kurang. Kira-kira perlu ke kejaksaan atau tidak untuk memperkuat analisis dan pembahasan?Kalau perlu, kejaksaan mana yang tepat untuk diteliti?Langsung Kejagung atau Kejari Jaksel?Mohon jawabannya.Makasih.

  57. mas. .
    saya mahasiswi hukum yg sedang nyusun skripsi ttg tinjauan yuridis ttg penerapan pasal 56 ayat 1 uu perkawinan di luar indonesia.
    saya sangat bingung dan kekurangan bahan.
    sehingga skripsi saya hingga saat ini blum slsai jg.
    sdngkn orangtua mngharapkn saya cepat wisuda.
    tolong bantuin saya ya mas.
    terimakasih

  58. alow mas kopdang, saya mahasiswi hukum smstr VI & saya lg bingung mikirin judul skripsi utk smstr dpn ini. saya ambil jurusan Pidana & tertarik bgt ngangkat ttg hk perlindungan anak. tp saya bingung tema apa mengenai anak yg asik utk saya jadiin skripsi y? tolong pencerahannya mas, thx.

  59. salam kenal Mas Kopdang. saya Dita. Mahasiswi Hukum Internasional di Surabaya. saya tertarik untuk membuat skripsi ttg Free Trade Area di Indonesia. berhubung tema saya agak pasaran, saya ingin lebih ambil spesifiknya lagi Mas ttg service/free trade jasa, tapi sya agak sedikit takut mas, karna, literatur yg saya dapatkan sangat sedikit. mungkin mas bisa bantu untuk temukan merumuskan judul yg tepat.
    rum mslah:
    1. Apa dampak Indonesia sbg anggota WTO dalam mengembangkan kepariwisataan di Indonesia?
    2. Permasalahan hukum apa saja yg dihadapi oleh Indonesia?
    3. Apa antisipasi Indonesia dalam melindungi jasa pariwisata nasional sejak menjadi anggota WTO?
    menurut saudara sudah tepat belum sesuai dgn minat sya. mohon juga untuk pembuatan judulnya. kalau perlu, boleh tahu alamat emailnya. akan saya kirimkan abstraknya. tx :)

  60. mas kopdang, saya mahasiswi semester akir jurusan hukum bisnis/ pdata.
    saya ingin mmbahas mengenai harta kekayaan negara yang dipisahkan.
    masalah ny tentang definisi harta kekayaan negara yg dipisahkan itu sendiri dan apakah tindakan direksi ny termasuk korupsi.
    tapi apa itu ga lebh ke bagian pidana yah?

    lainnya saya ingin bahas soal UU BI dimana modal BI tdk berasal dri APBN, tp di PDG BI logistik pasal 99 ada aturan tentang pengadaan brang yg berasal dari APBN. ada dualisme aturan ga mas disitu?

    tolong masukkan nya :)

  61. Ass……mas…..saya mahasiswi hukum mau buat skripsi nich tentang “aspek hukum perlindungan konsumen. Terhadap peredaran daurulang makanan kadarluasa ditinjau dari UU no.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.kira-kira bagaimana mas! Kalau judul diatas bisa di buat ke hukum pidana tidak kalau bisa judulnya bagaimana! Bagaimana dgn pendahuluannya.terima ksh sebelumnya

  62. Ṁ∂S kopdang, salam kenal ya.. Ak mahasiswi smstr 6 yg taun depan awal maret mau nyusun skripsi. Ak ambil jurusan hukum acara pidana, tapi ak lagi bingung dgn judul skripsinya. Kira2 judul yg tepat untuk skripsi hk acara pidana apa ya mas?
    Mohon bantuannya ṁ∂S kopdang…
    Tolong bls ya ṁ∂S
    Makasih

  63. Assalam. mas, saya Rizki dari Banda Aceh. Saya mahasiswa fakultas hukum semester akhir. saya sedang menyusun bahan untuk skripsi saya. tapi, saya bingung mengenai referensi untuk judul saya. Saya mengangkat judul mengenai “pertanggung jawaban secara yuridis dan moral pelaku usaha dan pemerintah terhadap standarisasi produk, persaingan usaha, dan perlindungan konsumen”. Saya sedikit mendapat kesulitan dalam menentukan asal dan referensi apa saja yang harus saya cantumkan dalam penulisan dan pembahasannya mas. mohon bantuannya mas.
    sebelumnya, saya ucapkan terima kasih.

  64. ass mas
    saya mahasiswi hukum smster akhir binggung harus nentuin judul skripsi dan perumusan masalah,saya tertarik dengan uu perzinahan
    saya seacrhing judul d google ,saya tertarik sama “PERZINAHAN SEBAGAI ALASAN PERCERAIAN” rumusan masalah yg menarik dgn kenyatan d sekitar gimana ya mas :D

  65. ass, salam kenal
    mas, mohon bantuan dalam skripsi saya, sya mahasiswa semester akhir yang lagi nyusun, tapi buat saya bimbang dan bingung karena permasalahan dan bahan2nya yang sedikit dan jarang. agak bingung untuk melanjutkannya. saya membahas tentang “peralihan hak milik karena gadai menganalisis sebuah putusan”
    tolong masukkannya yaa mas :)
    mohon bantuannya, ini email saya irvilani@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s