Pertanyaan Seputar Tes Bank Indonesia 2007

Tes Pengetahuan Umum Perbankan

Dua email masuk ke inbox Mas Kopdang di: kopdang@gmail.com; yang hendak bertanya mengenai test Bank Indonesia Tahap Lanjut; berikut ini tulisan dalam email selengkapnya: 

Ass.Wr.WbMas Kopdang,
Salam kenal, saya EN dan kebetulan saya mendapat alamat email ini dari blog Mas.
Mau bertanya sedikit. Kebetulan saya lulus test tahap 2 di BI dan akan masuk tahap III yaitu test Pengetahuan umum perbankan. Bolehkah minta nasihat sekitar apa saja yang akan ditanya Mas, maklum saya orang pabrik (sekarang di  KS group sebelumnya di Mitsubishi Chemical).

Dan saya pernah bertanya di Blog mas (inisial saya AD), mengenai sistem renumerasi buat karyawan BI seperti apa (amount, kesehatan, bonus,dll) dan kebetulan saya melamar sebagai peneliti muda untuk IT (MLE), apakah MLE akan lebih tinggi tawarannya?Saya akui perjuangan masih jauh, saya coba dulu saja siapa tahu rejeki.Apabila berkenan, mohon informasinya dan informasi ini hanya gunakan buat pribadi saja.Terima kasih,
Wasalam,
EN
via email 

TEST Pengetahuan PERBANKAN Allo mas kopdang..
salam kenal..
nama saya N..
alhamdulillah hari ini saya dapat imel dari panitia seleksi BI klo lolos ke tahap selanjutnya yaitu tes kemampuan pengetahuan perbankan n kemampuan khusus bidang studi.
ada bbrp hal yg ingin saya tanyakan :
1.    Tes pengetahuan Perbankan itu seperti apa yaa?? jujur pengetahuan perbankan saya minim sekali karena background saya adalah ilmu komputer.

2.   Saya apply sebagai staf umum..karena hanya formasi itu yang ada ilmu komputernya. sedang untuk daftar yg MLE saya merasa kurang pede. klo staf umum itu job nya gmn? n jenjang karirnya gmana? apa kalo di PNS itu setara dengan III/a?3.   Kemaren pas pendaftaran online saya milih penempatan untuk wilyah semarang-yogya..klo prospek ke depan/karir apakah daerah juga diperhitungkan? karena saya dftr sbg staf umum. dan kira2 brp standar gaji untuk pegawai dari PCPM ? apakah gaji BI berbeda2 tergantung kotanya? Mohon informasinya..Terima kasih banyak.. rgds,

N

via email 

Komentar Sang Begawan (Solo)

Mas Kopdang: 

Terima kasih atas email yang dikirimkan. Walaupun menjawab email tersebut saya tidak mendapat THR, namun setidaknya dapat bermanfaat bagi sahabat semua dan semoga hikmahnya menjadikan Mas Kopdang mendapat Lailatul Qodr. Amien! ;) 

2 (dua) email di atas, pada pokoknya sama. Bersyukur atas kelanjutan usahanya menjadi Calon Pegawai Bank Indonesia dan sekaligus bertanya mengenai Test Pengetahuan Umum Perbankan. 

Saya akan jawab singkat. Silahkan beli buku Undang-undang:

§         UU No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebagaimana telah diubah dengan UU No.10 tahun 1998.

§         UU No.23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan UU No.3 tahun 2004

Langkah awal, pahami dulu apa itu Perbankan, Bank, Perbedaan antara Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat, Apa itu deposito, kredit, simpanan, nasabah. Pastikan para sahabat memahaminya. 

Lalu rajin-rajinlah menabung, sehingga dapat membeli koran Bisnis Indonesia atau Kontan, KOMPAS suplemen bisnis dan ekonomi, boleh juga! dan Bacalah! Banyak istilah perbankan (spesies) dan istilah ekonomi (genus) yang terpapar dalam kolom artikel koran tersebut.  

Apa itu LDR? Apa itu CAR? Apa itu NPL? Apa itu SBI?. Lalu apa yang dimaksud dengan fungsi intermediasi, kredit macet, kredit lancar, apa itu bunga, apa itu bagi hasil, apa perbedaan antara bank umum konvensional dan bank umum syariah? 

Juga mengenai istilah “bank gelap”, pelajari juga tindak pidana di bidang perbankan. Memang saya jamin tidak mungkin semuanya keluar. Atau bahkan tidak keluar sama sekali tentang apa yang saya sebutkan. Namun setidaknya wawasan Sahabat semua bertambah.  

Mengenai sistem penggajian. Insya Allah cukuplah. Selama tidak selingkuh maupun beristri banyak. Tidak bergaya hidup mewah dan berfoya-foya. Namun senang beramal secukupnya, gaji menjadi pegawai Bank Indonesia dapat dibilang cukup. Itu saja. Masalah besaran pastinya, sabar saja ya… 

MLE dan PCPM? Selama grade (golongan)-nya sama (berdasarkan versi SDM, tentu saja gajinya sama. Kecuali pemberlakuan job value telah diterapkan. Kemungkinan berbeda ada. MLE mungkin akan cenderung lebih tinggi dibandingkan PCPM.  

Hanya saja PCPM akan unggul dalam hal “perkawanan” karena setiap angkatan akan lebih banyak dibanding MLE sehingga dalam hal hubungan kerja akan lebh banyak yang saling mendukung dan menunjang [secara profesional tentunya]. 

Masalah penyetaraan golongan dengan PNS, saya pikir sedikit berbeda, karena sistem grade dan levelnya sangat berbeda dengan PNS. Sehingga tidak dapat kita melakukan penyetaraan golongan antara pegawai Bank Indonesia dan PNS dari lingkungan departemen. Justru kemungkinan Departemen Keuangan akan mengikuti sistem Bank Indonesia. Silahkan hal ini dikonfirmasi kepada teman Sahabat yang berkerja di sana. 

Mengenai penempatan di daerah, tidak ada masalah sama sekali. Memang untuk gaji ada perbedaan indeks konjungtur, yang dilihat dari inflasi setiap daerah. Namun, itu semata-mata usaha untuk membuat adil atas kebutuhan hidup di setiap kota yang berbeda. 

Kantor Pusat Jakarta maupun di Kantor Bank Indonesia di daerah relatif sama. Hal ini dikarenakan dengan corporate culture (budaya kerja) yang sama. Hanya saja local wisdom (kearifan lokal) dari masing-masing daerah berbeda dan sedikit mempengaruhi atsmosfer kantor. Tapi itu cuma sedikiiiit. Se-upil! Hehe…

Masih ada pertanyaan lanjutan?

Oh ya, omong-omong siapa yang berniat kirim parsel ke Mas Kopdang? ;)  

Tulisan terkait:

 

  

 

Tentang iklan-iklan ini

82 thoughts on “Pertanyaan Seputar Tes Bank Indonesia 2007

  1. Ada yang terlupa:
    Dalam UU No. 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang telah diubah dengan UU No.3 Tahun 2004, silahkan Sahabat Mas Kopdang perhatikan masalah:
    1. Tugas dan fungsi bank Indonesia
    2.Kebijakan Moneter
    3. Pengertian Dewan Gubernur
    yang intinya memahami mengenai Bank Indonesia dalam besaran pokoknya saja.

    atau silahkan cek di http://bi.go.id/

  2. Ass. Mas Kopdang, mo nanya nih, utk tes tahap III BI bntk ptanyaannya biasanya pilihan ganda or essay or dua-duanya? trus utk pengetahuan yg bkaitan dg kejurusan biasanya seputar apa y? kebetulan saya dr S1 Hukum yg mdftr utk formasi analis muda.Oh, y 1 lg ptanyaan yg ingin sy ajukan bkaitan dg mslh toefl.Apkh tdk adanya sertifikat toefl dpt mpengaruhi pnilaian thdp lolos tdknya peserta ke thp selanjutnya?walopun dr panitia penyelenggara tes sendiri menjanjikan bg peserta yg blm mpunyai sertifikat toefl, akan dtunjuk lembaga yg akan mguji kemampuan bhs inggris (toefl) peserta.Atas jawaban dr mas Kopdang, sy ucapkan terimakasih.W3

    Mas Kopdang: Pertanyaannya persis sama kaya UMPTN atau SPMB. Pilihan ganda namun dengan berbagai varian. seperti bila penryataan benar, alasan benar..ya yang seperti itu lah.. Masalah jurusan, biasanya masalah “dasar” yang ditanyakan. Bagi anak hukum, biasanya masalah Pengantar Ilmu Hukum. namun tidak tertutup kemungkinan pertanyaan seputar peraturan dan ketentuan baru yang sedang “hot” seperti pencucian uang, korupsi dan terorisme. Untuk TOEFL, Bank Indonesia akan melakukan test berdasarkan standar Internasional. Gratis lagi! Saya pun dulu saat melamar, belum memiliki sertifikat TOEFL, dan ikut tes yang diselenggarakan panitia.

  3. Terima kasih Mas Kopdang atas petunjuknya. Sebelumnya saya apply online form di BI cuman iseng2 saja (belom ada sebulan lulus kuliah), dan kebetulan lolos hingga tahap ke-III ini. Padahal sebelumnya saya sama sekali tidak pernah berkeinginan kerja di bidang Perankan, apalagi lowongan yang saya ambil (Portofolio) hanya ada satu penempatan saja yakni di Jakarta, kota terakhir yang ada dalam benak saya untuk dikunjungi ^^. Yah, karena beberapa sebab dan akibat saya jadi cukup antusias untuk lolos ketahap berikutnya, syukur2 jika nanti bisa diterima (pasrahkan pada Allah SWT). Saya sama sekali tidak tau harus mulai dari mana untuk persiapan dalam menghadapi test ketiga nantinya, dan Alhamdullilah waktu searching di google tertambat di blogger ini. Sekali lagi saya ingin mengucapkan banyak2 terima kasih pada Mas Kopdang sudah mau repot memberi petunjuk. Sekalian mohon do’a-nya agar saya nanti Insya Allah bisa diterima.

    Thanks.

    Kopdang: terima kasih kembali.. ;)

  4. ass.mas kopdang,
    saya juga Alhamdulillah lulus ke tes Tahap III BI, saya juga ingin informasi tentang soal pengetahuan umum tes BI, kalau ttg perbankan terima kasih sekali sebelumnya karena saya sudah dapat info dari balasan email mas kopdang ke teman2 sebelumnya. Cuma saya bingung ttg pertanyaan jurusan, saya minta tolong info donk mas pertanyaan soal ttg jurusan ekonomi manajemen seperti apa?? karena saya rasa sulit sekali memprediksi soal dari seluruh mata kuliah yang saya pelajari selama 4 tahun di bangku kuliah. Jadi saya mohon banget bantuannya mas, kira2 kisi2 soal tuk jurusan manajemen seperti apa??

    Thanks sebelumnya,
    n@
    Kopdang: Silahkan baca ini: http://kopidangdut.wordpress.com/2007/10/22/330/

  5. hay mas kopdag…
    met idul fitri yah..
    saya mo nanya, pengumuman hasil tes BI yg ke-2 utk tes PCPM XXVIII, ko nama2 yang tertera pada link pengumuman di web bi, cuma ada 3 nama sihh..TLG dong kasitaw mesti kemana sy pengen tau, data2 nama lengkapnya…
    THX A BUNCH…
    maturnuwun

    Kopdang: coba klik: http://202.182.57.26/index.php

  6. mas kopdang…..

    maaf lahir batin ya…salam jg buat bunda dan marecinta.
    gile nih mas kopdang….kisi2 nya lengkap gitu.

    lia ikutan apply, tp gak lolos nih mas…kekekekekekke

    [Kopdang: Saya juga, mBak Ia.. Mohon maaf lahir batin. Salam balik dari Bun dan Ciprut.]

  7. Ass.Wr.Wb

    salam kenal, maaf lahir batin ya

    mau tanya, dimana bisa mendownload UU secara gratis? (UU kan hak semua warga negara untuk tahu:-)
    trus apakah hasil tes bhs inggris (TOEFL) dr BI dikasih sama pelamar? (kali aja mau dipakai ditempat lain karena ga lulus di BI)
    tp ttp doakan lulus y :-)

    Trims

  8. Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
    Minal aidin wal faidzin dlu mas…
    Salam kenal,

    Mau nanya nih mas, tes kemampuan umum BI ini berupa multiple choice ato uraian sie?
    Klo g uraian kan belajarnya agakenakan dikit…He2…
    Trus dimana bisa mendownload UU secara gratis tis ti…is?

    Minta doanya agar aku bisa lolos seleksi sampai akhir aliaz ketrimadi BI y mas…?
    Biar nti bisa ketemu langsung sama mas KOPDANG+ngobrol buwanya…ak.
    Ditunggu balasannya di e-mail-ku yaw…

    Makasie…;)

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    kopdang
    ayo baca ini aja..:

    http://kopidangdut.wordpress.com/2007/10/22/330/

  9. UU No.7 Tahun 1992 bisa didownload di: http://www.seyefradea.com/Laws&Regulations/DB/UU%20No.%207%20Tahun%201992%20tentang%20Perbankan.pdf

    UU No.10 Tahun 1998: http://www.kadin-indonesia.or.id/enm/images/dokumen/KADIN-13-1945-31082007.pdf

    UU No.23 Tahun 1999: http://www.dikc-beacukai.go.id/library/data/uu2399.pdf

    UU No.3 Tahun 2004: http://www.bpkp.go.id/unit/hukum/uu/2004/03-04.pdf

    Mas Kopdang:
    terima kasi Mas Ali. Infonya bergubna bagi para Sahabat Kopidangdut lainnya.
    untuk peraturan, selengkapnya dapat juga dicari lewat : http://legalitas.org/

  10. Assalamu’alaikum wr.wb
    Met Idul Fitri sebelumnya n maap lahir batin. Lam Kenal. O ya mas alhamdulilah aq lolos ke tahap III ni rencana besok tesnya dech so…….kyk temen2 yg laen ni mo tny tes tahap III tu essay/plhn janda gt????? trus toefl mang min bnr2 500 yach…?cz kemaren tmnku toeflnya 470 tapi diterima tu? trus standarnya gmn dunk? mksi yach mas cory kebanyakan nanya……..
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    Mas Kopdang:
    kayaknya pilgan deh… masalah TOEFL dan standarisasinya, silahkan tanya panitia langsung. Terima kasih kembali. ;)

  11. Salam kenal mas Kopdang,
    Tadi pagi saya mengikuti tes tahap III BI (saya peserta tes di Palembang)
    Setelah mengikuti tes td yang terdiri dari pengetahuan umum dan pengetahuan khusus (sesuai disiplin ilmu), intinya sih harus banyak pengetahuan ttg perekonomian terkini (utk pengetahuan umum)..Gak nyangka aja pertanyaan itu bisa masuk,,,contohnya nih,,harga premium per liter saat ini.
    Untuk pengetahuan khusus (saya dari jurusan manajemen), pelajari aja manajemen dasar, terutama ttg komunikasi bisnis, struktur organisasi, manajemen SDM, prinsip2 dari Adam Smith, David Ricardo, JM Keynes, dll.
    Kira-kira segitu deh.
    Demikianlah semoga dapat membantu rekan-rekan yang lain. terimakasih…
    Mohon doanyua,,kali aja saya bisa lolos ke tahap berikutnya dan bisa keterima bekerja di BI,,amin.

    Kopdang: terima kasih atas infonya

  12. trims Feaoz,

    selain Manajemen, untuk Akuntansi apa ya? (minta tolong buat peserta Akuntansi) posisi yang gw lamar staff Umum…

    tx kalo ada yg mau bantu…

    DTHK

  13. kepanikan sedang melanda aku, karena kebetulan tes di Jogja dapet giliran terakhir..panik karena tadi baca kalo tesnya besok tentang pengetahuan umum perekonomian. seperti yang telah dicontohkan..Berapa harga premium sekarang. haduh..jangan2 besok ada pertanyaan berapa harga cabe sekarang? berapa harga koran kompas sekarang? hitung2ang CAR?!! masya allaaaaah… doakan saya yah teman2 semua..semoga mas kopdang dapet lailatul qadar (karena puasa dah lewat, yaaa..tahun depan deeehh,gapapa yah mas kopdang?)
    sukses..
    ps: napa yah, namanya kopdang. napa gak koptub (kopi tubruk ) gituh..

    Kopdang:
    “Halah, panik apa senenag dapet bocoran..?Hayoo ngaku aja..jangan sok jaim gitu, ah..”
    Kopdang? Oh itu hanya semata-mata strategi bisnis semata..biar banyak yang nanya aja.. ;)

  14. assalamualaikum… mo ngucapin maksiiiihhh buanyak buat temen2 yg udah ngasih info maupun bocoran2 yg berharga lewat blog ini. semoga qta bisa lulus ya…amin
    buat mas kopdang… jasamu tiada tara…

  15. Salam kenal mas, kalo saya dari jurusan Administrasi Bisnis, Kira kira soal yang keluar apa ya?
    Bener gak sih mas kita harus ngerjain soal dari 2 disiplin ilmu?

  16. Ass. Mas KopDang, jumpa lagi neeh, b’hubung sy lg dlm tahap tes bi, mas kopdang jd pembumbing sy y, mumpung gratis neeh, he.he. Sblmnya thanx bgt udh mau bg2 ilmu seputar pengalaman tes bi. Kebetulan, tadi pagi br aj tes tahap III BI, doakan moga2 lo2s. Tp, agak pesimis jg, krn ptanyaannya gileee nr susyeee bgt! aplg ptanyaan pgetahuan umumnya. Waduuh…Waduuh.
    Mas Kopdang, mo nanya ni, utk tes tahap IV, kn ttg bhs inggris, apkh ujianya diperuntukan bg peserta yg blm pny toefl?bg yg udh pny sertifikat TOEFL, apkh msh perlu ikut? Trus peluang qt lu2s 90% tuh, klo udh masuk tahap brp? apa klo udh msk tahap V, hampir bs dipastikan insyaAllah qt lu2s tahap2 slnjtnya, n akhirnya bs ktrima di BI?
    SEgitu dulu deh mas KOpdang, ntar disambung lg, klo sy lu2s tahap BI berikutnya……Amien…..W3

  17. soal akuntansi pliiiiiiiiss….
    dooh jadi jiper denger katanya soalnya susah2
    klo baru lulus mah masi mending
    lha sebage orang yg udah lama lulus..
    udah lupa smua kali teori2 akuntansi
    jadi buat orang2 akuntansi–
    tolong dishare yak hehe
    thanks

  18. barusan tes ney, soal2 pengetahuan umumnya siy gampang2 susah…
    soal pengetahuan khususnya buset da, ga sesuai perkiraan euy ( gw dari jurusan esp), banyak belajar makro eh yg keluar banyakan mikro…
    tentang bi dan perbankan hampir ga ada yg keluar, ngapain dibilang pengetahuan umum &perbankan ya kalo gitu…

  19. Aku telattttt nemu blog ini .hiks..hiks.. :((. Udah cape2 ngapalin visi misi BI, Arsitektur Perbankan Indonesia, inflasi, de el el…Malah karena aku ngambil MLE data warehouse, aku mati-matian ngapalin teknologi yang dipake BI, kayak RTGS…eehh yang keluar malah Siapakah murid sacrotes yang minum racun..Hiks..hiks..meneketehe, Sacrotes aja ga kenal aku.

  20. Salam Sejahtera,…
    Kenalin nama ku soehoet
    Baru tau kalo forum ini keren aja,…he he
    Mas Kopdang yang keren abis,. mo naya nich,..kemarin kan pas test Pengetahuan Umum dan Khusus BI Sertifikat TOEFL saya belum jadi,..n baru jadinya jumat ini,..truss sertifikatnya bisa nyusul nggak kira kira,.. aku jadi bingung,..please tlg kasih info ya…

  21. Ass. Wr. Wbr………
    kepada Yth. Mas Kopdang yg saat msih d kasih kesehatan seterusnya, eee…,gini mas!!! saya ingiin bertnya sputar dunia test perbankan yg d selenggarakan oleh instansi BANK INDONESIA kemarin. “Saya mau nanya nii mas? kemarin waktu melamar scara online lewat e-mail recruitment BI, pda waktu lg panggilan test admnstrasi, nama saya kok nggak ada d data panggilan test, apakah data tsb d seleksi secara acak/yg nilainya lebuh bagus yg dipilih. saya minta pendapat dari mas kopdang d tempat”. Terima kasih banyak untuk pemberian pendapatnya kepada saya…….!!!!!!!!! Wassalam Wr. Wbr…….

  22. thanks ali, thanks mas KD (Kampungan Deeeeeeh :-P)
    o ya mau tanya, emang kalau misalx lulus PCPM ne apakah qt dh bisa santai? Maksudx stlh tes PCPM ne ada pendidikan lagi kan? Nh apakah pendidikanx itu seperti pendidikan biasa (mksdx asal g macam2 pasti lulus), ataukh qt harus berkompetisi lagi?
    Klw mmg iya, berapa % peserta pendidikan yang diluluskan?

  23. walah..test tahap III nya unpredictable..
    belajar UU perbankan..ee yang keluar malah soal pengetahuan yang bener2 umum.
    yang keluar blas ga nyambung sama sekali. Padahal judulnya kan Test Pengetahuan Perbankan ya???
    pucinkk dah…Asal tembakin jawaban aja.
    Klo lolos bener2 suatu kebetulan sekali.
    ga ngarep banyak…

  24. kita tunggu aja, beneran tgl 2 dan 3 atau tgl 8? khan tgl 8 agak mirip2 tgl 3, spy unpredictable githu lho……
    khan calon banker harus siap di semua kondisi…..(ini rekrut karyawan bank ato agen CIA sih???)

  25. kmrn si dibilanginnya pengumuman tgl 3-4 Nov. jadi besok doonnngg….
    dag…dig..dug…
    Bismillah dulu ya sblm buka pengumumannya bsk. semoga kabar baik bwt qta smua. amin..

  26. yg bener yg mana yaa…
    tgl 2-3 / 3-4 / pa 8…

    sblm tes pengawasnya bilang 2-3
    dah bisa di liat di web..
    ga consis ni..

    tau achh..
    nunggu info dr kalian az keknya..

  27. “Penuh Kejutan”

    gmn ga… ?? tes PU kmaren udh getow (as we know laa…) trs, tau2 ane lo2s…. he2, ga sia2 dh hobi browsing, chatting,longok2 koran,baca2 bknya Pram,n ntn film, also liputan6… hmmm Unpredictabe…

    kejutan lg… Pengumuman lo2s tahap 3 molor dr jadwal. Eh, pgm t4 tes TOEFL molor pula… katanya tgl 2-3, trs jd 4-5… nha buktinya… br hr ni tgl 6 nongol pgm t4 tesnya… nguji ksabaran bner ni panitia…

    Makin bikin tambah dag dig dug jadinya…. coz ane dijadwalin tes TOEFL tgl 7… ya tu bsk… bis tu Psikotes tgl 8 nya… la kok pgm t4 tes br kluar H min 1… gmn cb, klo tau2 t4 tes pindah, dr YK ke Jkt… 10X10 bner… ceppe de…

    Hhh, moga kesabaran membawa berkah… ya Mas… hiks…

  28. mas, aku minat banget pengen ngikut ujian BANK INDONESIA neh..
    tolong dong kalo ada lowongan berikutnya kasih tau lewat e-mail yang udah aq tulis tadi..
    tolong juga sertain persyaratan2nya atw kalo gak kasih tau dimana aq bs download persyaratannya..n juga macem ujiannya..
    thanks ya mas…

  29. Lam kenal,
    Mas kopdang saya br aja nemuin blog ini,tp maaf sy mo lgsg minta tlg masukan
    ttg tes BI :
    1. pas kemarin tes ke 6,medical tes,gigi sy ada bekas bolong2 tp smua dah di
    tambal pake amalgam,kira2 masalah ga yah,takut jd ga lolos.
    2.trus kalo sy lolos ke wawancara,kira2 materinya apa yah,mhn bantuan,o iya saya
    org bandung tp milih penempatan di padang,sy ngelamar posisi analis muda,sy jg bingung
    posisi analis muda tuh tugas nya apa yah?

    mohon bantuannya dari smua,

    thanks-dani

  30. @ Hamdani
    1. Waduh, semua kriteria ada di tangan panitia. Saya gak tahu apakah itu bermasalah atau tidak. Namun, pada umumnya masalah tambalan gigi, sepertinya gak masalah, kecuali pake tambal ban. ;)

    2. Materi wawancara? lihat ini aja:

    http://kopidangdut.wordpress.com/2007/11/27/7-tips-wawancara-dalam-wawancara-imajiner-antara-mas-kopdang-dan-calon-bos-mas-kopdang/

    milih di Padang? sekalian pulang kampung nih yeee..?!
    analis muda itu biasanya bekerja di bagian pengkajian. Pasti ya berkutat dengan data. Spesifiknya saya kurang paham.

  31. mas kopdang..boleh nanya g?? dulu pas jaman mas, pengumuman tes kesehatannya lm g???trs kira2 berapa lama waktu dari mulai tes smp keterima?? aq dah kebelet pengen tau hasilnya neh…smakin lama..smakin tersiksa..dag dig dug duer… :D thnx b 4

  32. @ jodi

    pengumuman? lama. yah, sama dengan satu periode kucing dibuahi hingga ank-anaknya keluar lah.. hahaha..malah lebih! bisa tujuh bulanan… pengen tahu hasilnya?
    ah, itu kan karena ente ngerasa keterima, coba kalo hasilnya gagal..apa ya pengen tahu?

    semakin lama-semakin tersiksa? itu kan laki-laki..bagi kaum perempuan..?

    terima kasih juga…

  33. bismillah tawakkaltu ‘allallah
    bener2 harapan sjuta umat nih pengumuman BI,,,,hiperbola yah
    gak juga, secara 1 orang mewakili 1000 orang yang numpang berharap sama dia, bahkan lebih,
    harapan dirinya, harapan orang tuanya, adik, kakak, sodara-sodara, karib kerabat, temen2, dan jutaan orang di indonesia yang pengen bangsanya lebih baik

    PS:numpang nimbrung yah mas, salam kenal

    [Mas Kopdang: Salam kenal juga… Ya, doa banyak manusia, membuat Tuhan risih dan tak kuasa untuk menolaknya.. ;)]

  34. sampai kapan kau gantung
    cerita cinta kita……
    weleh….pengumuman ditunda karena yang bawa berita
    kejebak macet akibat banjir di jakarta, jawa dan sekitarnya
    selain itu kemacetan diperparah karena si komo lewat…
    dan sementara tertunda lagi karena ada urusan yang lebih penting
    yaitu memantau perkembangan kesehatan mantan presiden RI Soeharto…hehehe

    mas Kopdang enak deh ngliat obrolan dan jawaban2 mu diatas…

    Mas Kopdang: Ya, yang gak enak yang ngetik..PEGEL!!!

  35. pegel di tangan tapi hatinya seneng,,,
    ya gak masyalah….hehe

    nanti kalo pengumuman dah keluar tulung
    ditulis besar2 di kolom ini ya mas
    pake huruf kapital, dibold, dibuat kelap-kelip bintang di langit….

    terimakasih banyak, tuk semuanya mas kopdang…
    sukses ya buat mas kopdang, semoga tambah lancar rejekinya, berbahagia keluarganya, karena dah banyak menyambung silaturahmi dengan kita2

    Mas Kopdang: Ane’ paling suka nih sama yang beginian..

  36. GUYS yang udah H2C atas seleksi BI,pengumuman tes psikiatri dan kesehatan dah keluar
    selamet yah buat yang lolos, dan buat yang belum lolos….
    ya yang penting udah gak penasaran lagi lah…..

    seperti biasa, lebih jelasnya silahkan liat di http://www.bi.go.id

    Mas Kopdang, ternyata kita belum berjodoh di BI
    aku masih boleh iseng2 nulis di sini kan???yah,,,yah,,,

  37. mas saya juga mau nanya ni..
    gini saya dites di PANIN BANK
    tahap I itu ada pengertiaan bank dan jenis – jenis bank

    teriama kasih
    oia cara penilaian dari pihan bank untuk calon pekerjanya
    apa – apa saya yang mereka nilai …

    balas ke emailku: mendadak_surat@yahoo.com

  38. mas kopdang saya sangat ingin bekerja di bank.
    please kirimin aku tips-tips dan ilmu pengetahuan seputar tes perbankan.
    dan pengalaman mas kopdang menempuh jalan menjadi karyawan Bi.
    salut buat mas kopdang

  39. umum itu berarti tidak khusus, berarti awam pun paham. Banyak-banyaklah membaca koran, informasi terkini dan perkembangan mutakhir dari segala situasi.
    Terutama masalah ekonomi, politik, budaya dan wawasan umum…

    Nah, kalau bahasa Inggris berarti kemungkinan test TOEFL..tapi bisa juga test bahasa inggris seperti biasa seperti UMPTN.

    Tapi itu semua kemungkinan lho ya… :P

  40. Ass…
    mas kopdang ni mail mo minta contoh soal soal perbankan masih ada gag…
    aku mau ujian masuk bank nie tapi gag punya referensi contoh soalnya,,,
    aku bingung je,,
    makasie,,,

  41. Gile bener mas kopdang…
    Yo, semoga diberi balasan setimpal ama Allah, dan insya Allah pasti ad balasan, berlebih malah… Krn Allah kan sebaik2 pemberi balasan :)

    Sukses selalu, dan still bermanfaat bwt byk org ya, brow….

    Allah yubaarik fiik, akh

  42. MZ koPdang…kenalin ya.. gw witro mahasiswa agribisnis semeter V …ha..br kali nie gw komen disini ..
    MZ mw tanya kalo FAkultas pertanian gitu dgn prodi Agribisnis ada prospek bagus ga buat ditempatin kerja DI BI…? kasi tips donk Mz buat bisa lolos test BI THankz.. GBU ^-^

  43. hai hai salam kenal mw tanya donk mazzzz…
    kan lulus tahap selanjut’y nih yang pengetahuan umum ,khusus,dan kuesioner pripadi kalo g salah kisi’y apa y maz bisa kasihtaw…
    seputaran apa gitu,,,,sukur2 kalo detail,hehehe….
    trus kalo untuk posisi ptu umum itu apa ya,,,,
    masih kurang paham soal’y jurusan’y yang ada cuma untuk itu…
    thanks…

  44. Aslmkm,wr wb.lam kenal mas kopdang.tahun 2012 nie ada pembukaan lagi u BI.kebetulan aku dikash kesempatan buat ikutan tes akhir minggu ni.mau nanya untuk tes tahap II itu kemampuan umum,pengetahuan umum dan pengetahuan khusus tesnya.minta kisi2nya donk tesnya seperti apa aja?dan apa aja yang harus saya persiapkan minimal apa aja yang harus saya hapalin.mengingat dah lama banget lulus kuliah dan aku jurusan akutansi.please mihn bantuannya ya,untuk mengirim balesannya ke imel aku.aku tunggu secepatnya soalnya tesnya minggu ini.akasih banyak batuannya ya mas kopdang.

  45. Asslkm wr.wb..
    Salam kenal mas kopdang
    Saya mau tanya seputar tes kemapuan umum, pengetahuan umum dan pengetahuan khusus yang akan diselenggarakan oleh PPM Rekrutmen Bank Indonesia.
    Saya Sangat senang sekali jika mas kopdang besedia untuk share dan berbagi pengalaman
    mengenai gambaran soal tes kemampuan umum, pengetahuan umum dan pengetahuan khusus tersebut.
    Apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi tes tersebut?

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih mas..

  46. Selamat siang mas. Saya mau bertanya perihal kelengkapan dokumen. Mohon kesediaan waktu dan kerelaan hati mas Amir untuk sudi kiranya menjawab pertanyaan saya.

    1. Nama yg saya input sewaktu registrasi online adalah ‘Mira Kusuma Siregar’. Namun saya baru sadar ternyata yg diminta adalah nama sesuai KTP, sdgkan nama di KTP saya ‘Mira Kusuma’. Apakah ada kemungkinan saya juga diharuskan utk meninggalkan ruangan krn nama tidak sesuai/persis di KTP? tetapi di ijazah, nama saya ‘Mira Kusuma Br. Siregar’

    2. Mengenai ITP TOEFL, sewaktu mendaftar saya tidak tau kalo TOEFL yg diminta adalah ITP dgn logo ETS. Karenanya, saya memasukkan score dari sertifikat TOEFL yg diadakan oleh kampus saya. Apakah krn memasukkan score dari sertifikat yg bukan ITP TOEFL, saya juga memiliki kemungkinan untuk meninggalkan ruangan sebelum test dimulai?

    Terimakasih sebelumnya mas.

  47. mas gopdang yang baik,saya mau te PCPM tgl 3 februari nh. . .tolong shre sedikit ilunya donk ke emailku atink_caem_bgt@yahoo.co.id oiya soal2 yang untu kemampuan umum, pengetahuan umum dan pengetahuan khusus. . .sudilah kiranya mas godhang mw membantu. . . .

  48. mas kopdang,
    mau tanya untuk verifikasi dokumen, pengisian daftr riwayat dan penyertaan dokumennya harus sesuai dengan yg diisikn waktu dftr online??
    waktu pendftran online saya hanya mencantumkan jenjang pendidikan yg disyaratkan,, sebenrnya saya ada pendidikan lainnya (profesi dan sedang s2), dan belum mencantumkan riwayat prestasi.
    jika saya mencantukan di daftar riwayat, apakah akan bermasalah? atau dianggap tidak valid?
    mohon saran, sebaiknya bagaimana?
    makasyh ats perhatiaannya :)

  49. mas kopdang salam kenal, saya salimah mw nanyak ni, sebelumnya saya lulus sleksi administrasi di PCPM BI dan seminggu lagi ikut tes kemampuan umum,, dari koment yg saya baca blom da referensi tuk jurusan MIPA matematika,, mohon infonya mas,, blognya qreeennn,,,

  50. salam kenal mas, saya senasib nih sama salimah dan dari matematika juga.. mau dong mas ilmunya..hehehe..makasih banyak sebelumnya

  51. aslkm mas,,, saya agus peserta pcpm 2013 tahap 1 tes pengetahuan umum wilayah makassar,,, saya mw tanya katanya akan sangat sulit menjawap tes bagi peserta diluar fak ekonomo, saya dari fak pertanian. trus masalah undang2 mengenai bank diman saya bisa peroleh,dan kaluaw bleh saya minta kisi2-nya ???? mohon bantuanya????????

  52. mas saya buka email ku . tapi email yangbmas kopdang kirim kan tidak terbaca??? saya baru dapat informasi mas katanya bank indonesia secara otomatismeluluskan bagi mereka yang memiliki setifikat TOEFL dan berasal dari ptn, tapi saya akan tetap semangat saya ingin membuktian bahwa org yang tinggal dipedesaan seperti sy dapt berkarir meskipun dr pt swasta. mohon bantuanya saya dikirimkan kisi2 tes ;pengetahuan umum,

  53. ass.
    mas saya indah,saya peserta pcpm bi 2013 tahap 1 tes kemampuan dasar wilayah medan,mas besok saya sudah sampai hari Hnya,,seputar tentang apa saja yang akan di pertanyakan besok mas,,,mohon bantuan nya mas,,,trmksih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s