Tips Mengggambar dalam Psikotest

Dear mas kopdang,perkenalkan saya R. Puji Tuhan saya lulus tahap III seleksi tes BI, salah satunya berkat membaca blog mas kopdang di injury-time… :)

saya butuh pertolongan mas kopdang untuk sudilah kiranya share tips dan trik untuk melalui psikotes yang sering jadi momok itu…! terutama tips untuk membuat gambar 8 kotak, gambar orang , n pohon…. gambar orang sedang ngapain yang terbaik? (sehubungan dg kerja yang dituju adalah BI, apakah saya sebaiknya menggambar orang yang sedang duduk depan komputer atau bagaimana?

tapi, kalau duduk depan komputer, ntar kakinya tidak kelihatan, padahal DENGAR-DENGAR salah satu unsur yang dinilai adalah KELENGKAPAN organ-organ tubuh….. mohon di-share dulu mas kopdang gambar apa, orang lagi ngapain…? hehe…. (secara mas kopdang sudah lulus gitu…)

saya mohon balesannya mas… kalau mas sempat,,,,,,saya mohon dpt dibalas sebelum tanggal 5 mas,,,,,,karena saya tes tanggal 6 nov… tapi kalaupun tidak sempat, mohon tetap dibalas, sebagai pembelajaran buat laiin waktu. :)terima kasih banyak…… :) 

 Mas Kopdang:

 Ada yang bisa bantu? 

[artikel terkait:]

persiapan FGD (Focus Group Discussion)

pesan sponsor:

Sudah daftar di KARIR88.com, situs forum diskusi karir paling oke buat fresh graduate dan pekerja muda?

Tentang iklan-iklan ini

99 thoughts on “Tips Mengggambar dalam Psikotest

  1. Psikotes yup?
    aq punya tuh bukunya… gara2 dlu sering jd bahan uji anak2 psikologi… aq penasaran arti2nya… eh, ternyata berguna.

    Intinya sih simple… just be your self… kerahkan segala daya yg qt punya dh… daya analitis, imajinasi… blah3… Pokoe dr situ ntar ketahuan kepribadian qt yg sebenernya, jd ga bs dibuat2 tuh… qt orangnya realistis, kaku/saklek, khayalan tingkat tinggi he2 kkk… etc… trs qt cenderung feminin or maskulin… qt tipe introvert or ekstrovert… kepribadian qt hidup, ngalir, or terorganisir, serba sistematis…. smua tipe kepribadian ada plus minusnya kok… Yg dicari pun bukan kepribadian yg ga da cela, tp yg penting CUCOK ma kerjaan yg mo qt perjuangkan itu….

    Bahan gambar, sederhana aja… bs dr segala hal/benda yg qt liat sehari2 kok…. interest qt kmn gto… Ga musti qt ngarah kerjaan di Bi, trs sgala yg qt gambar musti berkaitan ma BI, gambar duit mlulu???? he2h kkk…

    trs… dr hasil goresan jg ngaruh tu. kita org tipe pekerja kasar or halus. Intensitas garis, Pilihan gambar yg qt dulukan… mn yg mudah, mn yg sulit, mn yg ga disuka, mn yg paling disuka…

    gambar org, tar ditanya jg usia org yg qt gambar brp, jnis kelaminnya, profesinya… etc… ntar ketahuan tingkat intelektual qt dh… Pa lg yah… jd diri sndiri aj lah…

    just relax, tidur nyenyak sblm tes aj dh… mmm latihan gambar boleh jg tu… Gut Lak dh bwt smua…

    • Mas.ni christin saya mau tanya,untuk penilaian menggambar pohon itu dari apa saja??
      Mohon informasinya. trimakasih.

  2. mohon bantuan’
    saya mu daftar AKMIL tapi saya tidak tau gmn cara menghadapi psikotest
    tolong dong saya dikirimin lewat email contoh soal untun Logika,gambar dan hitungan dan juga sekalian jawabanNya
    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih
    hadi_hombr@yahoo.com

  3. Wuaduh hmpir smua dah tak lht n baca kok smua ngambang aja ya, gak da jwbn yg pasti cm kulitnya mulu. Lha mbok skalian dikasih contoh konkret atawa eksplisit gitu misal gambar pria, 30 tahun, manajer, sedang berdiri di depang pintu kantornya, ato apalah jd yg bnr2 butuh info bs mudeng. Skedar sharing aj, dl sy jg g ngerti blas tes psikologi apalagi gambar, lha wong bisanya gambar pulau di bantal hahaha, tp ya itu td tak cb utak-atik isi kepala eh akhirnya lolos juga. Saran aja utk smua, klo mo kasih info atawa masukan skalian aja total gak ngambang, kasihan dah dagdigdug nunggu jawaban eee lha cuma dapet kulitnya doang. Matur nuwun, salam…

  4. Lg binun ne..
    Cz kmrn jg bz psik0test.N brmasalah pz dgambar.ngblank,cz br prtama kali he2..
    0ya,pd umumunya psik0test diadain diawal recrutment.Tp kmrn yg Q hdapi koq mlh diakhir ya,stlh intrview ma HRD,sblm mdical check up.
    Emg m0dus psik0test yg umum spt ap?

  5. …seperti teori Big Bang, filsafat pecah menjadi ragam serpihan ilmu dan salah satunya psikologi. seperti kata mas arif ia adalah ilmu yang tidak pasti. tapi in my humble opinion setiap ilmu sebenarnya tidak ada yang absolut tapi sebenarnya bermain di ladang probabilitas. bahkan untuk ilmu psikologi kita memiliki pisau analisis untuk membedah dan mengurangi area ktidakpastian dalam memprediksi psikis (termasuk perilaku) seseorang.
    psikotes sebagai salah satu tools untuk mencapture satu atau beberapa aspek kepribadian, kecerdasan dan sikap kerja memang dari dahulu kala mengandung pros n cons..tapi sebenarnya ia perlu sebagai tools penunjang (bukan yang utama)…
    strategi menghadapi psikotest sebenarnya hanya 1: beristirahat yang cukup agar konsentrasi selama tes tetap terjaga sehingga hasil benar-benar menggambarkan diri individu yang sesungguhnya. Boleh-boleh saja untuk belajar via buku-buku psikotes yang dijual bebas, tapi pada dasarnya hal tsb dimaksudkan agar si pembaca lebih sering berlatih…sehingga kepercayaan diri semakin tinggi untuk berhasil. kekuatan sugesti sangat besar lho bagi kesuksesan.
    maaf ya jika tidak membantu banyak. tapi intinya just be you but please b confidence for being you :)

  6. sudah berkali2 saya mengalami kegagalan dalam melakukan psikotest akhirnya muncul pertanyaan dalam diri saya apakah psikotest merupakan indikator penilaian bagi seseorang untuk layak atau tidak untuk bekerja…
    apakah psikotest dapat gambaran seseorang secara real? sementara skrngkan bnyk sekali buku2 yang membantu permasalahan para jobseeker tsb dalam melawati serangkaian test tersebut..
    dan apakah nilai seseorang dalam menjalani psikotest dapat berubah???
    dan kmrn saya baru saya test untuk salah satu perusahaan BUMN d jakarta dan ternyata saya masih gagal juga…
    pertanyaannya
    1. apakah yang harus saya lakukan?
    2. apakah ad standard baku dalam menentukan nilai seseorang dalam psikotest
    3. ketika saya d suruh menggambar manusia saya gmabar manusia yang sedang menunggu seseorng apakah itu bagus dan gambar pohon saya menggambar pohon mangga ap yang orang dapat nilai dari hasil gambar saya.

  7. psikotest ya? perasaan topik ini selalu rame buat dibahas ya mas kopdang :D

    @aLdo,
    gimana mau kasih gambaran yang total dan gamblang mas, psikotes yang bentuknya test proyeksi seperti WZT (wartegg) ini mana ada kunci jawaban. Even nggak ada hubungannya pinter ngegambar atau nggak dengan hasil psikotest. Nggak ada jawaban yang benar atau salah dalam test proyeksi semacam ini, karena tujuannya untuk mendapatkan data penunjang mengenai beberapa aspek kepribadian. Dan aspek kepribadian nggak bisa dinilai benar atau salah.

    Kuncinya sih sama aja kayak yang disebutkan oleh tester sebelum kita psikotest: tidak memerlukan persiapan apa-apa, istirahat yang cukup menjelang psikotest, dengarkan dan setiap ikuti petunjuk/instruksi yang diberikan…
    CMIIW yak.. mungkin bukan ahli, tapi garis besarnya kayaknya sih begitu..

  8. psikote gambar?
    – gambar dengan jujur sesuai dengan alasan kenapa anda menggambar gambar itu.
    menurut saya tes menggambar itu sudah mencerminkan hasil keseluruhan tes tetulis yang ada. jd kesimpulannya apakah sesuai ngk dengan apa yang di gambar dengan yang tertulis. heheheee (mungkin lho…).

    gali terussssss brooo.

  9. permisi…
    cuma mu ikutan komen..
    kalo kata aku sih tes ngegambar itu ga usah dipusingin…
    gambar aja apa yang pertama kali muncul di kepala kita…
    dan ga usah mikir yang terlalu ngejelimet mau ngegambar apa, karena hasil dari gambar yang kita buat, itulah kita yang sebenernya..
    dan esensi dilakukannya psikotes itu, menurut aku buat ngeliat kita cocok di suatu pekerjaan atau engga…
    jadi tujuan utama dari psikotes adalah untuk kita juga…
    kalo kita cocok bekerja di suatu bidang, maka nanti kita akan mendapatkan kepuasan dengan bekerja di bidang itu, kan…
    dan seandainya kita nyocok2in, yang ada malah cape dan stress karena sebenernya pekerjaan tersebut ga sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan yang kita miliki…
    ya ga?
    tapi yah…
    itu sih terserah dari si pelamar juga sih…
    berani nerima resiko atau engga-nya…
    hehehehe…
    ayo, semangat, semangat!!!

  10. Dibocorin dikit dah.

    Kalo gambar orang ga kelihatan jarinya = ada kecenderungan bermasalah secara sosial (kemampuan adaptasinya kurang baik).

    Gambar pohon, batangnya ada ‘kroak’nya (bahasa indonya opo to, mas?) = ada kemungkinan trauma di masa lalu.

    Gambar orang membelakangi/ tidak terlihat mukanya = introvert, kurang bisa menghadapi realitas, asosial

    Gambar 8 kotak dengan simbol tidak bermakna (wartegg). Kalo titik di tengah di respon dengan menggambar mobil = tidak tepat = kurang adaptif. Tips : respon setiap simbol berdasarkan sifat simbol itu.

    CATAT : yang didapat dari psikotes yang gambar2, bersifat interpretasi. Jadi pasti akan dikonfirmasi dengan hasil tes yang lain dan juga wawancara.

    Nah, kalo pingin tahu lebih lanjut, bisa pinjem buku2 grafis anak psikologi. Pingin lebih dalem lagi? Kuliah Psikologi aja 4 tahun + 2 tahun untuk profesi psikolog.

    Semoga membantu yak

    • loh ko di bocorin mba…ntar temen2 psikolognya marah….trus orang2 jadi pada lulus semua….trus orang yang jenius ngerjain psikotes jadi biasa2 aja….wah..wah…seleksi alam jd hilang…ga ada ‘survivle of the fits’. bisa mengganggu keseimbangan alam, ga jelas lagi mana pemimpin mana yg dipimpin…..becanda :) tp perlu diperhatiin jg hohoho

  11. Betul,gakusah dipusingin itu gambar.gambar aja yg terlintas di pikiran kita,kl mmg bidang kerja yg kita lamar cocok dgn kepribadian kita,maka sejelek apapun gambar kita pasti kita bisa lulus tesnya.me for example,gambar en tulisanku jelek banget,temenku bilang gambar en tulisanku kayak anak SD kelas 5,tp aku selalu lulus tes gambar;di depkeu,bank bumn,en yg terakhir kmrn di BI,nie lg nunggu pgmn tes kesehatan+psikiatrinya.so buat tmn2 yg gambarnya kayak anak SD seperti saya tdk perlu khawatir,ini kan tes psikologi bukan tes mau jadi seniman

    • dear michael,kebetulan ad lowong bi.kudengar anda pernah ikut disana.dan mohon share pengalaman anda selama mengikuti tes.tes tahap pertama apa?kedua,tiga,dst? terima kasih.

      • kalo aku sih udah lulus…dari tahap interview, tofel, nyocokin gambar, lengkapin deret angka, siapa kita sebenarnya dan bagaimana kepribadian kita, trus udeh ngisi form teken kontrak…trus ngitung dan ngisi jumlah angka yang lebarnya selebar selembar koran timbal balek…trus lulus..trus nunggu kabar ntuk test kesehatan, trus dihubungi untuk test kesehatan trsu suruh nunggu lagi hari ke hari minggu ke minggu bulan ke bulan tahun ke tahun harapan tak kunjung datang…sampe sekarang…trus untuk menemani penungguanku itu..aku kerja sanah sinih…trus sekarang aku mo ikut test lagih… :)

  12. Emm…Kalo gambar pohon..sok tahu saya itu juga bakal mencirikan sifat dari pembuatnya,contoh:kalo terlalu atas,katanya menandakan orang tersebut memiliki sifat tinggi hati,jd jangan terlalu atas,,,truzz..emm..sebaiknya pohon tersebut dibuat pas ditengah-tengah kertas gambar dan daunnya sebaiknya yang rimbun…
    Truz buat yang kepengen masuk akmil, ntar dikasih titik2 yg harus digambar.contoh:
    1 titik: gambar z bulatan2 di luarnya,yg berarti sasaran panah, 3 titik: gambar z pedang,itu semua bergantung daya khayal dan kemampuan analitis kita.
    Sehingga dari psikotest inilah terlihat tingkat intelegensi seseorang..Hooho_

  13. mas editor, saya hanya mau bertanya saja, apakah psikotes itu merupakan suatu keharusan? saya hanya merasa sedih saja jika suatu perusahaan dalam menerima seorang karyawan hanya dilihat dari hasil tes psikotes saja.. bagaimana jika dia lemah dalam test psikotes tapi kenyataan dilapangan dia bisa mempertanggungjawabkan pekerjaannya? atau dengan kata lain dia lemah dalam tes psikotes tapi kenyataannya dia mempunyai sikap yang baik, jujur, bertanggung jawab dan mempunyai skill yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.. apakah ini bisa dikatakan adil n fair? menurut saya, lebih adil dan fair jika seseorang dites lebih berdasarkan skill dan disiplin ilmunya sesuai yang dbutuhkan perusahaan tersebut.. bukankah kepribadian seseorang itu lebih real dinilai jika seseorang tersebut sudah bekerja diperusahaan tersebut? misalnya dia suka telat masuk kerja, bolos kerja, tidak menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, suka menyendri, egois, dsb itu lngsung bisa dinilai ( karena dalam kondisi kerja yang real/sebenarnya )Mohon respon dan jawabannya.. terima kasih

  14. qbonk yang baik,
    psikotes bukanlah suatu keharusan. Apa iya, mau kerja menjadi pelayan restoran kudu dites psikotes? Jadi supir pribadi kudu dites juga?

    Tentu saja psikotest dilakukan secara proporsional pada perusahaan tertentu dengan skala yang tertentu pula.

    Masalahnya adalah perusahaan yang cukup besar dan “ingin” berkembang, meyakini bahwa salah satu cara mencari sumber daya manusia yang cocok dengan yang diinginkan adalah melalui psikotest.

    Minimal psikotes, walau tingkat akurasinya masih dipertayakan seperti yang Mas Qbonk sampaikan, dapat menjadi filter untuk menyaring bejibunnya pelamar menjadi jumlah yang memadai untuk dilakukan ujian selanjutnya, seperti misalnya Wawancara.

    Apa iya, pelamar 100 semuanya diminta berkerja dengan uji coba selama 3 bulan namun selanjutnya hanya 4-5 orang yg diterima, tanpa mengenal sedikitpun karakter, dan yang utama: potensi pelamar tersebut.

    Memang tidak ada yang ideal, namun setidaknya tata cara psikotest sebagai prasyarat menduduki jabatan tertentu merupakan hal yang umum dan masih dianggap tepat bagi hampir seluruh perusahaan yang concern perihal SDM.

    Mungkin jawaban psikolog lebih ok dan mumpuni.
    Mbak Sanggita atau Mbak Sylvia mungkin akan menjawabnya dengan runut dan mencerahkan.

    Terima kasih.
    MK

  15. mas mau tanya tips klo kita diminta menggambar orang gmbr apa yang cocok..

    trus klo pohon…harus yang seperti apa…

    trus masalah yang 8 kotak itu jugha ghimana…

    waktu itu saya menggambar wanita yg berangkat kerja trus untuk pohon saya menggambar pohon mangga plus mangga2 nya hehehe trus maknanya sendiri itu apa coz saya jugha asal ajah

  16. wah..hangat sekalee suasana diskusinya
    penggunaan psikotes sebagai alat seleksi dimulai di barat, untuk menyaring orang-orang yang hendak masuk ketentaraan..kemudian lambat laun seperti halnya peradaban manusia yang penginnya serba efektif dan efisien, maka psikotes berkembang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh sektor kemiliteran namun juga ke ranah pendidikan, industri, anything, u name it!..

    Penggunaan psikotes sebagai alat seleksi, bener kata mas kopdang,kalo perusahaan skala menengah-besar, jarang yang berminat menyeleksi orang murni berdasarkan tools yang costly, seperti masa uji coba kerja selama 3 bulan, atau dari tes kompetensi ala assessment centre (mengkondisikan seseorang apabila berada dalam situasi kerja riil tapi dalam setting yang lebih terisolir). Biasanya harapan perusahaan salah satunya bertumpu pada psikotes secara massal. jadi bukan satu-satunya lho yaa..

    persoalannya adalah alat tes bisa disalahgunakan dan disalahartikan sehingga ketepatan diagnostik kepribadian seseorang berkurang, bahkan bisa melenceng jauh.

    Pertama, penggunaannya secara profesional adalah kewenangan dari Psikolog atau s1 yang plus (biasanya yang tahun 80-an lulusnya karena di S1 sudah ada major beda dengan S1 psikologi yang sekarang tidak memiliki penjurusan. Nowadays, bahkan yang jurusan manajemen asal sudah di HR bisa memakainya. Padahal untuk interpretasi hasil tes, bener kata Sanggita min 6 tahun lah ..

    Kedua, dari segi tools. alat tes biasanya memiliki peruntukannya masing-masing. contohnya alat tes untuk memotret inteligensi: ada alat tes yang hanya bisa memotret inteligensi khusus untuk yang mengenyam pendidikan minimal SMU,sedangkan apabila tes tsb dipakai bagi yang SD pun tidak lulus, tes tidak memotret kecerdasan ybs. atau ada juga alat tes yang hanya bisa memberikan data yang valid bagi individu yang sudah mengalami gangguan kejiwaan sehingga tidak relevan bila diberikan pada individu normal.

    Ketiga, konteks pada saat alat tes tersebut diterbitkan. Tools yang dikeluarkan di negara lain, wajib hukumnya untuk diadaptasikan terlebih dahulu. Dibuat kajiannya, diadakan pilot project, diolah lagi secara numerik dan kualitatif untuk memperoleh kesahihan alat tes ala Indonesia (biasanya uji validitas, reliabilitas dan pembuatan norma–hehe bagi yang gak mudeng mohon maaf). Ada lembaga atau oknum yang asal saja melakukan psikotes tanpa melewati tahap uji kelayakan alat tes dimaksud. Padahal alat tes yang diproduksi di Amrik bisa saja tidak cocok bila dipakai di Indonesia karena perbedaan budaya sehingga cara pandang terhadap suatu issues juga berbeda.

    Sah-sah saja jika berasumsi dengan beberapa triks dapat mengoreksi beberapa kekurangan dan memperkuat keunggulan di kepribadian. Toh, setiap manusia berupaya untuk berakselerasi ke arah yang lebih baik.

    Hanya saya lebih condong agar pembenahan diri tidak dilakukan secara instan, tapi bertahap sehingga hasilnya lebih permanen. Kalo ingin memperkuat social skill, mbok ya rajin2 coba-coba jadi panitia ekskul jangan melulu di depan komputer, berurusan dengan jobdesc harian. atau ingin menguatkan rasa PD, targetkan diri untuk minimal menelorkan 1 pertanyaan pada satu ajang diskusi di kantor, dll. sehingga apa yang sudah jadi habi dan mengendap menjadi karakter akan terpotret dari hasil psikotesnya.

    Demikian, moga jadi tambah wawasan yaa :)

    • Maaf mba, dalam beberapa case, sy ada yg kurang sreg. menurut pengetahuan saya Psikotest memang benar syarat untuk mengetahui emosi seorang calon karyawan tp ini bukanlah hal yang mutlak secara praktis mungkin ybs sangat ahli dibidangnya cuma gara-gara soal psikotest kemampuan itu bisa lenyap sketika, juga masa depan yang di harapkan. Kenapa psikolog hanya monoton mengulangi metode yg itu lagi- itu lagi ( Kraellin, wartegg dll) khan yg diuntungkan para lulusan psikologi…he…he..maaf karena lebih faham trik-nya, Kiranya bisa dibuat semacam simulasi atau kuisioner apalah yang langsung bisa peserta psikotest pahami hasilnya tidak seperti sekarang Kita mrasa di Judge terus mraba-raba hasil bagus atau tidak obyektif atawa subyektif, like or dislike, standarnya apa…..?. Masa seorang psikolog bisa nentukan seorang itu cuma based on psikotest yang cuma 3 jam sedangkan dia telah menghadapi semua tekanan hidup 30 tahun lebih,it’s ridiculous ….. berasa keminter nantinya

  17. kenapa psiko tes yang bkal ak jalani ini adalah tahapan tes TRAKHIR dari serangkaian tes interview toefl dan tes makro teching?. critanya ni mau jadi tenaga guru di salah satu sekolah national plus di jakarta…
    padahal biasanya psiko tes tu awal2 sebelum interview dll ntu kan

  18. ak sebentar lg mo ujian psikotest….
    jauh2 hr ak dah belajar, krn ak takut sekali kalau gagal. ak mo tanya bagaimana kalau ad soal2 gambar, soalnya bingung mo gambar ap?
    plz reply ke email ku yaaa….. tks@lina

  19. Q jg Ntar Lg mo ikt psikotest
    fyuh 1 rmh heboh gra2 q yg bgug
    he…he…
    Q bkn org yg pnter gmbar
    ntar mlh diketawain lg…rival q(ekstrem bgt bhsax) pnter gmbar, apa mgQn Q ntr dklahin ma dy ? ? ?
    plisssss saranx y…bls k email Q
    athenk bwa kayu thenk yuuuuu

  20. sebenernya hal apa sich yang menjadi dasar penilaian dlm psikotest?
    apa semua kepribadian seseorang akan tergambar dari psikotest?
    hal apa yang sebaiknya di lakukan sat mau menghadapi psikotest n saat mengerjakan soal2 psikotest?

    bagi yang tau mohon di jawab yaaa..
    thanx

    “hamba yang bingung”

  21. mas mau tanya…saya mau tnya ni syarat2nya ngelamar di BI…IPK n IPS prlu brp???

    apkah ank2 ekonomi dsna lbh bnyak dbnding ank teknik mas…
    hehehe

  22. he 3x psikotest aja bingung, gmpng kok yang penting tau tips dan trik nya, semua ada standar nya kok + be your self

  23. mas kondang tadi saya tes psikolog lulus trus masuk ke tes wawancara tapi ga lulus gmn tips biar lulus wawancara soalnya saya baru lulus dan baru pertama kali tes kerja jadi msh blm tahu?

  24. TTTTTTTTTTTTOOOOOOOOOOOOOOOOOLLLLLLLLLLLLLLLLLLOOOOOOOOOOOOOOOOOONNNNNNNNNNNNNNNNGGGGGGGGGGG………….!!!!!!!
    Besok Ana mw psikotest untuk masuk ke SMA unggulan gt…
    Apa yang haruz ana lakuin…?????????

    Pusingggg…..!!!!

  25. besok lusa mw psikotest di perusahaan otomotif,panik jg neh buat ngadepin psikotest..kira2 apa aja ya kiat2 ngadepin psikotest truz masalah gambar menggambar tu aku bingung bnget,gambar ap ya yg cocok?minta tlong ya mas kopdang buat tipz n trik nya…tQ

    • Apa adanya saja. Pikiran yang fesh dan kondisi badan yg bugar justru psikotes dijalani dengan rileks dan hasilnya sesuai harapan.

      Jangan kuatir mbak.
      ;)

  26. hehehe.. psikotest emng bikin deg2an ya.. soalnya kita seperti berhadapan dengan test yang cara penilaiannya ga kita ketahui.
    cmn klo menurut saya sih lakuin aja apa yang terbaik yang kita bisa. push diri kita agar bisa berhasil (aga ngotot nih tapi ga pke otot..),sisanya berdoa..
    Ora et Labora.

  27. Psikotest ya sama aja dengan test2 yang lain hadapi aja gak sah binun n takut. Dari hasil gambar dll kan nanti tinggal di cross gak mesti menggambarkan sikap and sifat qta yang sebenarnya karena itu tidak bersifat mutlak alias pribadi manusia bersifat dinamis. Mau menggambar orang pincang kek orang buta kek mobil ga da bannya kek pohon gak da daunnya kek terserah, yang penting qta mengerti apa makna yang qta gambar ( buka asal gt loh….)

  28. saya rasa tak ada hubungan gambar dengan kepribadian….orang bali pinter ngegambar dan lukis..berarti orang selain bali ga pinter menurut psikotst donk….

    • kalo lo tahu seberapa parahnya gambarku,lo pasti ga percaya aku selalu lulus di setiap psikotest TRUBA, ANTAM, KPC, dan sekarang BI.
      di TRUBA gagal di interview user, di ANTAM gagal di kesehatan, di KPC sekarang aku kerja disini, di BI msh menunggu hasil interview doakan saja ketrima.
      Point yang mo kusampaikan disini, bukan bagus atau jeleknya gambar yang merepresentasikan baik atau buruknya kamu.
      Jujur aku bukan orang psikologi jadi akupun juga ga tau mereka melihat pribadi dari mana. Tapi sejauh yang aku tahu, psikotest itu untuk melihat apakah kamu sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar. Sehingga kriterianya sangat bervariasi sesuai jenis pekerjaannya. Simplenya kriteria psikotest untuk HUMAS akan jauh berbeda dengan ENGINEERING atau FINANCE.
      Semoga menginspirasi

  29. Setahun ini dua kali saya menghadapi psikotes untuk promosi jabatan. Alhamdulillah semuanya sukses. Saya adalah orang yang sama sekali tidak bisa mengggambar dan selalu buntu saat harus menggambar sesuatu, seperti tidak ada koordinasi antara otak, mata dan tangan. Tapi kesimpulan yang saya dapatkan adalah psikotes diguakan tidak untuk menentukan apakah seseorang lebih pintar daripada yang lain, melainkan untuk menentukan apakah orang tersebut cocok dengan pekerjaan yang ia akan jalani.

  30. Psikotest cuma omong kosong, sbenarnya yang BEGO tuh psikolognya, coz MANUSIA itu gak bisa dipelajari hanya bisa di mengerti!!!

    Coba aja LO semua tes PSIKOTES dengan jawaban yang beda atau pun dengan beberapa gambar yang beda pasti diterima juga.

    Psikolog Edan!!

  31. Aneh, juga ya…Udah diadain tes psikotest, masih bobrok juga mental pejabat2 kita. korupsi merajalela…Apakah test PSIKOTES bener2 manjur??? Patut dipertanyakan…coz isi hati & pikiran manusia tidak bisa diukur pakai lembaran kertas…Para Psikolog, tolong pelajari ini. Salam dari saya :-D

  32. slam,
    mau tny mas..dr dl sy kbtulan ga sk gmbr n psti gmbrny jlk bgt,,
    klo melihat personalities saya dr gambar sy yg jlk bgt ap ya nantinya akn cukup representatif utk di interpretasi,.
    thx

  33. hallo bro ..ikutan nimbrung yo…aku pengen nanya apa bedanya psikotest untuk org sipil dan militer apa ada?oh yo..aku ini seorang tni perpangkat perwira,utk masuk jenjang karir dan sekolah ada juga psikotestnya lho..dan aku jalani..rupanya..eh nggak lulus juga…so..aku bingung mungkin ada yg bisa ngebantu…thanks..syukur2 bocorin soalnya….he..he

  34. mas kondang kasih bocoran mengenai gambar2 psikotes,trus nilai dari soal yg mana??yg bikin lolos. coz aku ga pernah lo2s truz klo psikotes
    terima kasih

  35. kmaren ikut psikotes di sbuah bank… disuruh gbr orang, bingung hrus gbr kyk gmn…. (mklum pngalaman prtama nglamar :D)

    aq gambar orang tp cuma garis2 aja… cuma kepala yg ada mata, rambut, hidung, ma telinga.. dan itu pun matanya cm ada 1, krn lg liat ke samping..

    gtw gmn hasilnya klo gitu :”>

  36. @TNI, bagi yg mau jadi tni atau sekolah perwira u/ TNI. psikotest itu nomer yg ke sekian. . . . Yang nmor 1 itu seberapa besar uang yang anda berikan ke “mr. X” agar bisa lolos. Tahu kan siapa dia? Yang jelas yang punya kewenangan gedhe bgt. Pastikan juga si dia, mr. X itu bagi2 uang yg anda berikan ke pantukir juga, baik daerah atau pusat. Jangan menipu anda sendiri deh! Anda tahu kan kalau memang bisa masuk TNI harus ada biaya sekian, misal 25 juta sampai bisa 200 juta or more. Shortly, @calon tni, polri: siapkan uang dulu, Baru belajar psikotest. Sungguh ironis negeri kita. Katanya sekolah kedinasan, kok malah jauh lebih mahal dari FKUI ya. . . .. Bahkan yang punya penyakit jantung aja bisa lolos pantukir daerah! Malu?

  37. psikotes tuh apa sie ??? saya pengin daftar akmil , tapi ga tau pa thu psikotes …
    tolong kasih tau donk trus tipsnya biar lulus psikotes..
    terima kasih..

  38. psikologi atau yang berhubungan dengan kejiwaan seseorang dan kelakuan gak bisa dinilai dengan test selama beberapa jam, butuh waktu lama untuk menilai seseorang. even orang yang menilai sudah belajar jutaan tahun, gak menjamin dia bisa membaca perilaku tanpa mengamati langsung dan bersosialisasi langsung, jadi test diatas kertas just bullshit. just be your self dalam menghadapi apapun!!

  39. tips buat ikut psikotest, persiapkan diri sebaiknya-baiknya… jawab sejujurnya, sesuaikan dengan petunjuk yg disampaikan… banyak berdoa..^_^

    klo masih belum lulus juga jng kecewa, tetap terus mencoba… mungkin memang anda tidak cocok untuk pekerjaan yg dibutuhkan di perusahaan tempat anda melamar, ada pekerjaan lain yg cocok yg sedang menanti anda… so jangan pernah menyerah.

  40. mmm…psikotest memang menjadi momok bagi orang2 yang akan melaksanakan test, saya termasuk orang biasa2 aja, mungkin kebanyakan gagalnya huahua, tp dibeberapa perusahaan psikotest menjadi penentu. klau soalnya banyak bgt..saya tinggal merem isi aja ngasal (jawaban suka2) ada yang masuk ada juga yg gagal tergantung mood mau jawab apa dan mau gambar apa .
    Semua pendapat diatas benar..pada dasarnya ga ada yang bisa menebak sifat orang dalam sekian jam berdasarkan test. Kalau emang udah rejeki ga kemana dah, bagi perusahaan hanya memudahkan untuk menyaring karena calon pelamar banyak banget. Saya Punya teman namanya “a” kuliah jurusan computer akutansi di DO karena bertentangan dengan dosen padahal sangat pintar, banyak membaca baik melalui media internet dan buku, dibandingkan dengan orang-orang yang lulus sarjana ga kalah kepintarannya. Dia Pintar banget malah menjadi manager IT sekarang karena banyak belajar sendiri bisa membuat program dan sampai yang susah yaitu menguasai SQL. Dia cerita psikotest selalu gagal ga pernah berhasil. Menurut dia nothing to lose aja dalam menjalanin kalau gagal belum beruntung jadi bodo teing ….mau dipikirkan ampe kapanpun ga bisa dijelaskan secara ilmu pasti tuch psikotest, dan kata orang bijak manusia hidup itu ada bahagia dan susah berjalanan berdampingan jadi kalau gagal bukan akhir dari semuanya masih banyak hal-hal yang dapat dilakukan balik lagi ke diri masing-masing.
    Moon mangap klau salah cuma pendapat

  41. saya selalu gagal di psiko test, test ini bikin orang minder, apa yang salah dalam diri kita jadinya, kenapa ga diberi tahu maksudnya apa, tujuannya apa, orang kan sekolah/kuliah belajar menghadapi ujian, mengetahui maksud test ini, tujuannya apa, apa yang harus dipelajari, kalo hanya untuk mengetahui cocok/tidaknya orang dalam posisi kan , orang akan menyesuaikan dengan lingkungan, belajar gituloh !
    orang butuh pekerjaan untuk menghidupi diri secara ekonomi dan menjalankan kodrat manusia sebagai makhluk sosial yaitu bekerja
    kebanyakan, posisi diinginkan sudah cocok, syarat udah cocok, pas psiko test, ga da panggilan lagi.
    maunya apa
    saya lebih bisa menerima kalau di jelaskan oleh HRD
    sehingga bisa diperbaiki kedepannya

  42. salam kenal semua….!!! ni ada trik buat pisikotes dan semoga bermanfaat buat yang mau cari pekerjaan.tapi kalu bisa membuat lapang usaha sendiri saja sesuai janji waktu wisuda…? ada yang masih inget gak?……Dah tingalin aja tu janji pasti da lupa…heheheheh
    pisikotes itu terdiri dari soal warteg tes, pauli, kraepelin, deret gambar, ada juga bentuk tes verbal,semua yang disajikan dalam soal pisikotes semua itu ada jawabanya.
    untuk warteg tes : da gambar apa aja yang menurut bagus dan sesuai tapi inget buat yang berjulukan laki-laki jangan memulai dengan kotak yang no 5 karena berbahaya heheheheh.dan kalu bisa pengerjanya jangan urut tapi dibuat acak.
    pauli dan kraepelin tes : penjumlahan dua angka dari bawah ke atas atau bawah ke atas, ini harus banyak latihan yang enting kerjakan sendiri jangan melihat yang sudah 2 lembar selesai itu tidak berpengaruh yang penting stabil.
    tapi yang paling penting dari kesekian soal pisikotes kita harus siap, sebelum melakukan tes ada hal yang perlu diingat:
    1. niat untuk melakukan tes
    2. banyak latihan soal2 pisikotes
    3.jangan bergadang kalu besok tes
    4.datang 30 menit sebelum tes
    5.sebelum berangkat pamitan dan cium tangan ortu
    6. yang terpenting dan paling penting adalah saraapan,(makan pagi)
    7.dah berdoa sebisanya…..

    semoga bermanfaat, maaf kata2nya ambrudul. GOOD LUCK

  43. ma’af pada dasarnya semua sudah benar…tidak ada orang yang menggunakan akalnya dengan normal itu salah bagi saya semua tergantung dari doa orang tua…Langkah Rejeki Pertemuan Maut, semua sudah diatur dan sudah ada kodratnya sudah ada takarannya…nggak bisa dipaksain…hanya usaha kita saja yang harus di pokuskan dan di tingkatkan dan lebih teliti…ma’af…gak perlu malu dan kecewa… kalo gagal…tetap berusaha dan berdoa…dunia ini luas…masih banyak tempat yang harus di kunjungi
    kalo mau ikut psikotes yah jalanin ajah dengan tenang

  44. Tujuh Trik Persiapan Menghadapi Psikotest / Psikotes / Tes Psikometri dari Consultant HR
    Orang yang tidak siap, berarti mempersiapkan kegagalan demikian sebuah pribahasa berbunyi. Demikian juga dalam menjalani psiko test, untuk berhasil Anda perlu mempersiapkan diri sebelumnya. Persiapan apa yang sebaiknya Anda lakukan. Inilah tujuh langkah persiapan menghadapi psiko test psikotes dari Consultant HR.
    Tetapkan waktu untuk melakukan latihan menjawab soal-soal dalam test. Terutama untuk test tes kemampuan, Anda diharapkan berlatih banyak. Semakin banyak Anda berlatih menjawab soal, semakin terlatih otak dan tangan dalam menghitung atau mengasosiasikan kata.
    Kumpulkan bahan latihan soal yang cukup. Banyak buku yang dapat membantu Anda dalam berlatih test tes ini.
    Mulailah program latihan Anda. Sangat baik bagi Anda memiliki pengalaman menjawab soal dibanding menjawab soal tanpa latihan sama sekali. Menganggap remeh latihan, menyebabkan Anda mengurangi kesempatan Anda sendiri.
    Pastikan Anda mengetahui jenis tes yang Anda hadapi. Untuk psiko test tes yang dilakukan dari pagi hingga sore hari dipastikan Anda akan menghadapi berbagai tipe tes. Mulai dari tes kecerdasan hingga tes kepribadian. Jadi sangat penting Anda berlatih semua tipe test tes tersebut.
    Selalu motivasi diri Anda sendiri. Saat berlatih, fokuskan juga diri Anda untuk memperbaiki kelemahan.
    Tantang diri Anda untuk mengerjakan latihan soal hingga selesai dan lanjutkan ke bagian yang lebih sulit. Dengan demikian Anda memiliki banyak referensi bentuk tes test yang akan berguna bagi Anda.
    Gunakan strategi yang jitu saat tiba hari-H. Misal, datang minimal 15 menit sebelum mulai. Cermati contoh soal dan instruksi yang diberikan. Sering-sering mengecek sisa waktu yang tersedia saat mengerjakan test tes.

    http://consultanthr.com/tujuh-trik-persiapan-menghadapi-psikotest-psikotes-tes-psikometri-dari-consultant-hr/

    • kalo aku,
      persiapan yang kulakukan hanya kesiapan fisik, fokus dan jadi diri sendiri dan syukurlah sejauh ini 80% lancar menghadapi psikotest.

      Kenapa perlu menjadi diri sendiri, karena psikotest mampu melihat konsistensi/inkonsistensi anda.

      Sejauh yang saya tahu, setiap ujian pada saat psikotest ada yang saling berhubungan sehingga dapat diketahui konsistensinya dan ada juga yang independent.

      kalo ada yang nanya kenapa dlu saya tidak lolos tapi sekarang kok lolos psikotest padahal jawabanku sama.
      1. Saya ga yakin 100% jawabannya sama
      2. tiap jabatan/posisi yang dilamar memiliki kriteria psikotest yang berbeda, karena anda lebih cocok jadi reporter daripada jadi presenter.

  45. psikotest apa sich yg d nilai,,,q prrnh dftar 2 x…yg prtma gagal….yg k 2 q lulus pdhal gmbar n isi jwban sma ma test k 1….

    • kalo ada yang nanya kenapa dlu saya tidak lolos tapi sekarang kok lolos psikotest padahal jawabanku sama.
      1. Saya ga yakin 100% jawabannya sama
      2. tiap jabatan/posisi yang dilamar memiliki kriteria psikotest yang berbeda, karena anda lebih cocok jadi reporter daripada jadi presenter

  46. mas,mbak,oom.tante…
    kmaren ak ikut tes psikotes tp ak lpa dngan klen smua g ad sni..
    mmf ya…
    ak mnta do’a klen smua,do’a kn aq lulus ya…
    amin…

  47. yang penting gambar sesuai jenis kelaminmu, gambar aja diri km sedang melakukan aktifitas kerja n sesuai lowongan yang km masuki. perlu banget kelengkapan indra tubuh kayak mata, tangan, hiung, ampe kaki.. smuanya musti detail. tubuh jg proporsional, gak perlu bagus asal ideal aja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s