Tips Bagi Mahasiswa Kinyis-kinyis [Baru]

Wahai engkau para mahasiswa tampan dan mahasiswi nan jelita selamat datang di kampus barumu. Riang gembiralah. Karena kampus ini akan menjadi daerah kekuasaanmu dalam 4 hingga 5 tahun ke depan.  

Tengoklah apa saja yang bisa kamu perbuat di sana. Telusuri seluruh spot yang kamu anggap terbaik dan menjadi favorit. Carilah tempat nongkrong, bermain gitar, pacaran, membaca novel pilihan, mengerjakan tugas bersama. Lihat fasilitas apa yang diberikan oleh kampus kepadamu.

Perpustakaan, toilet, klinik, kantin, tempat parkir, bagian kemahasiswaan dan tentu saja ruang dosen dan ruang kelasmu.  Sambangi semuanya tanpa kecuali. Tegur sapa kepada semua yang ada di sana. Senior, tukang parkir, penjaga kampus, preman, rekan satu angkatan, hingga pohon dan semak belukar yang menutupi taman dan jalan setapak. 

Temukan kios foto kopi terdekat, penjual stationery yang lengkap, lapak rokok dan minuman yang dapat diutangi. Percayalah ini bukan hal yang sepele. Awalnya kamu akan rikuh dan jaim. Bullying siap mengintai. Senioritas taik kucing tetap saja akan ada. Santun dan terbuka adalah kuncinya. Pertemanan tidak akan cukup hanya dengan satu angkatan. 

Bila ada tindakan semena-mena. Lawan! Jangan pernah setia dengan penganiayaan. Ospek bukan jamannya lagi kamu lari terbirit-birit dan disoraki dengan drama kekerasan yang menjurus kepada pelecehan kemanusiaan. Bangsa ini sudah terlalu kenyang dengan hal begituan.

 Setelah melewati masa-masa orientasi, maka tiba lah saatnya kamu menimba ilmu. Yakinlah pada diri sendiri, bahwa gelar kesarjaaan hanyalah bonus dari sebuah pengalaman yang tak tertandingi. Proses pembentukan jati diri. Ilmu didapat, kenangan akan selalu diingat, dan kedewasaan akan terus melekat. 

Ikutilah kegiatan kampus secukupnya namun penuh makna tak terhingga. Jadi panitia malam kesenian, aktif dalam BEM dan Senat, atau kegiatan olah raga yang membuat kamu semakin banyak mengenal manusia lain yang juga berkepentingan di dalam satu kampusmu. 

Kuliah lah dengan semangat. Jangan sekadar rajin mencatat. Simak, hadapi dan tanyakan. Sikap kritis dimulai dari sebuah pendengaran, kegelisahan dan menjadi sebuah pertanyaan. Percayalah dosen yang baik takkan meremehkan apapun yang kamu katakan. Komunikasi dalam perkuliahan akan hidup dengan adanya interkasi. 

Jangan sampai, perbedaan antara sebelum masuk dan sesudah keluar ruang kuliah adalah pada catatan yang bertambah. Usahakan antara sebelum dan sesudah terdapat perbedaan di otak-pikiran-pemahaman tentang sesuatu hal yang ada di dalam kepalamu.  

Itu lah sejatinya sebuah perkuliahan. Hal ini dapat terjadi bilamana sebelumnya dirimu telah sedikit mengetahui apa yang akan dosen ajarkan kepadamu. Belajarlah bernegosiasi lewat berorganisasi. Belajarlah berkomunikasi dengan baik saat kamu di kantin, berkenalan dengan orang baru, dosen tampan, penjaja keliling hingga Ibu kos yang tak pernah lupa menagih uang bulanan.  

Percayalah komunikasi adalah salah satu modalmu menghadapi masa depan. Berkerja atau pun berwira usaha. Apalagi untuk urusan mengambil hati calon mertua.        

About these ads

One thought on “Tips Bagi Mahasiswa Kinyis-kinyis [Baru]

  1. huehehehe, lucu ada posting tips untuk mahasiswa kinyis2 juga :)

    Mas Kopdang: Lha, saya buatnya dengan sangat serius lho..!!! Anda jangan macam2 ya..! :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s