Perihal Tes Diskusi Kelompok (FGD)

contoh diskusi
contoh diskusi

Perihal Tes Diskusi Kelompok (FGD)

FGD Test alias Focus Group Discussion atau lebih dikenal dengan (“Ujian Diskusi Kelompok(Selanjutnya disebut FGD”)adalah salah satu tahap ujian dalam proses seleksi penerimaan calon pegawai/karyawan pada sebuah perusahaan atau instansi yang sedang trend saat ini.

Apa sih FGD itu..?

FGD adalah sebuah pengkondisian situasi dimana para peserta FGD dikelompokkan dengan jumlah tertentu (antara 4-10 orang) dengan diberikan satu atau lebih pokok tema bahasan.

Bagaimana FGD berlangsung..?

Biasanya Panitia atau tim penguji akan memberikan informasi secukupnya baik lisan maupun tertulis yang berisi sebuah Cerita dengan suatu inti masalah dan pilihan-pilihan yang dapat dipilih oleh peserta.

Kemudian peserta diskusi diminta untuk memulai diskusi untuk memecahkan masalah tersebut bersama-sama dengan teman diskusi dalam satu kelompok. Perserta diharapkan dapat memberikan pendapat, pertanyaan, sanggahan dan solusi pemecahan masalah atas tema bahasan yang diberikan panitia.

Apa biasanya yang didiskusikan dalam sebuah FGD..?

Tema yang biasanya diberikan adalah:Berita terkini mengenai suatu isu, seperti isu politik, ekonomi atau pendidikan. Dimungkinkan juga mengenai situasi dengan perumpamaan para peserta merupakan korban suatu bencana dengan diberikan pilihan-pilihan solusi. Setiap peserta diharapkan dapat memberikan pendapat atas pilihannya dan dapat ditanggapi oleh peserta lain.

Apa yang dinilai dari FGD..?

FGD dimaksudkan untuk dapat menilai masing-masing peserta dalam menghadapi simulasi masalah. Bagaimana peserta dapat memebrikan pendapat, sangghana atau pertanyaan dan solusi yang diambil. Cara komunikasi yang efektif dan efisien sangat dibutuhkan dalam FGD ini.

Apakah dominasi dalam diskusi merupakan hal yang baik dan positif?

Sikap proaktif sangat dihargai namuntidak terkesan agresif. Penilain terbaik bilamana peserta dapat memimpin dan mengarahkan diskusi untuk mendapatkan solusi masalah dengan runut, sistematis dan efektif.

Apa yang harus dihindari dalam FGD..?

Sikap agresif, menjatuhkan pendapat peserta lain secara ekstrim, frontal dan tidak sopan. Sikap diam merupakan kartu mati dan sangat tidak diharapkan tim penilai/panitia.

Apa yang baik dan harus dilakukan…?

Sikap bicara yang sopan dan dengan arah pandang yang mantap pada setiap peserta lainnya. Gestur tubuh seperti gerak ikutan tangan atau mimic muka tidak berlebihan dan seperlunya.Hal terpenting tentu saja penguasaan materi yangmenjadi tema pokok bahasan.

Berapa lama FGD biasanya berlangsung?

Biasanya tidak lebih dari 20 menit.

Apakah FGD dilaksanakan dengan Bahasa Indonesia?

Kemungkinan besar dilakukan dengan bahasa Indonesia, namun bagi perusahaan multinasional dan Instansi Kedinasan Bahasa Inggris akan menjadi bahasa diskusi.

Apa Yang perlu dipersiapkan dalam FGD..?

Rasa percaya diri. Penguasaan materi. Berpakaian rapid an sesuai anjuran panitia. Bersikap sopan dan tentu saja harus gosok gigi.

Apakah FGD membutuhkan persiapan lainnya..?

Tentu saja. Pastikan Anda tidak terlambat mengikuti ujian ini. Dan yang pasti, ndak boleh grogi apalagi berencana di tengah-tengah FGD untuk melakukan aksi bunuh diri.

Hiiii…NGERIII….!!!

:P

Selamat menikmati.

>>> Mungkin dari Anda ada yang bisa mengkoreksi atau menambahkan..?

gambar diambil dari: http://hotmudflow.wordpress.com/

About these ads

31 thoughts on “Perihal Tes Diskusi Kelompok (FGD)

  1. bos,,terima kasih masukan ttg FGD nya ,,pasti qt jadikan acuan untuk mengikuti test tahap 4 nanti,,,,oh ya kalo bahasan tentang test psikolog yg sampek 3x tuh fungsinya buat apa dan materinya apa aja seh ?(terutama yg test psikolog yg ke -2 &3)makasih

  2. wah mas kopdang, akhirnya ada juga yang bahas masalah ini,menurut aku tahapan ke-2 paling sulit setelah seleksi admin (kontrol bukan di tangan kita pribadi)
    Setelah beberapa kali ikut tes beginian ( dan lulus…) aku memperhatikan bahwa :
    1. Orang cenderung sungkan dan lebih menghargai orang yang dikenal, so saranku berkenalanlah sama rekans yang ikut tes itu.
    2. selalu ada orang yg kontroversial en cenderung jadi public enemy (kalo dari bicaranya ky orang partai yg kalo ngasi pendapat selalu pakai pendahuluan beberapa menit,menerangkan masalah beberapa menit, tapi ga ngasi solusi) waisting time banget!! jadi get him/her down, cut aja kalo uda melenceng jauh/ga ngasi solusi tp tetep maen halus ya. Aku pernah punya pengalaman harus nyubit2 en nginjek kaki si public enemy yg lg duduk di sebelah supaya dia ngomong max 2 menit.
    goodluck everyone.

    • Sip brother…. Q jg males tu ma yg kelamaan gt..
      hla py.. kan waktunya terbatas, ntar kasian peserta yg lain no… ya tho…

      Q mo nanya bro… biasanya masalah apa tho yg dibahas…?
      trus bagaimana tips agar cepat bs menguasai materi…?
      thanks brother….
      I’m wait u’r reply…

  3. tararengkyu atas tips2 nya..
    aq besok ad tes diskusi klmpk, jujur aja awalnya aq kira spt wawancara gtu, ternyata beda bgt.
    doakan aq ya..

  4. kl yg saya tw, FGD dulunya banyak dipake u ilmu sosial, baik untuk menggali informasi, melihat karakter dalam kelompok, melihat persepsi, keyakinan, dsb dalam suatu komunitas sehingga dapat diambil tindakan yg terbaik. dalam proses rekrutmen metode ini mulai banyak dipakai, sebenarnya bukan hanya untuk menyamakan persepsi terhadap tujuan perusahaan, tetapi juga kadang dipakai untuk memilih the right men in the right position. karena mungkin posisi tertentu membutuhkan karakter tertentu juga. ilmu tentang FGD ini yg gw tw bener2 luas. bukan hanya mengenai tujuan untuk apa metode itu digunakan, langkah2, waktu, tetapi juga mengenai pengkondisian komunitas yg akan dilakukan FGD (terutama dalam ilmu sosial) sehingga tidak ada manipulatif informasi dimana informan hanya mengikuti arus diskusi. itu yg gw sedikit pahami..

  5. Wah tq mas buat info2ny,,,stiap ikut program development or MT Prusahaan Tbk,,sy pasti slalu gagal di FGD. Prasaan c dah bener teoriny,,,tapi ntah knapa sllu dikalahin ma lawan bicara yg buaaanyak ngomong n trlalu menggebu2 so jatuhin mental psrta yg lain deh. hiks2…
    Btw, mo tanya donk maz, ada ga c latihan FGD kyk GPS yg di Carrefour Lebak Bulus itu?? Buat prsiapan aja n nglatih diri ngomong di depan umum…

  6. jangan-jangan dari panitia ada yang menyamar jadi peserta…berperan sebagai badboy gtu….kaya tes-tes hunter x hunter….hehehe

  7. Infonya sangat bermanfaat skali ya…
    tetapi test FGD yag saya pernah ikuti, kasusnya mengenai internal perusahaan…

    saya juga pernah ikut dan gagal juga..
    hikx..hikx…

    Tetapi tetap semangat…

  8. boleh jg infonya….cm pngen nambahin dikit !!!!
    liat dulu posisi apa yg lo lamar klo lo melamar posisi yg memerlukan bnyk bicara ky marketing lo banyakin dech ngomong ampe berbusa tp klo cm staf”‘ biasa sich seperlunya aj yg penting ga menyela, ga mementingkan ego atau pendapat ndiri…..

  9. hmmm..bagus niiy infonya ;p thanks ya mas Kopdang
    btw mau share info niiy..gw lupa ini pas FGD atau Games ya?
    pokonya di Samudera indonesia..
    naaah ada gamesnya gitu tentang business dimana semua peserta itu bersaing
    untuk mendapatkan untung,,kami semua di kasih waktu untuk diskusi dan mengambil keputusan.
    intinya siiiy..jangan terlalu berambisi untuk menang dalam games itu
    coz waktu itu gw pake cara *tricky and menang dengan sukses..
    eeeeeeh…malah gak di terima
    malah temen2 gw yang kalah yang di terima
    hihihihihi,,nyengir sendiri jadinya;p
    ok..sukses yaaa buat semua

  10. gagal melulu soal yang beginian. suka desperado … hihihihi …. tiap kali mau fgd selalu deg-deg an karena sy tipe yg ga suka debat panjang lebar. yang ada ngemeng aja sekali trus selebihnya ngikut hihihihi. cemen abis dah pokoknya ….

  11. udah bagus,, tapi penutupannya rada gak enak bacanya,,,sorry agak gak suka aja….bikin orang belum tentu percaya sama tulisan ini…..
    makasih atas infonya :D

  12. Great goods from you, man. I’ve understand your stuff previous
    to and you’re just extremely magnificent.
    I really like what you’ve acquired here, certainly like what you are
    stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it smart.
    I cant wait to read much more from you. This is really a tremendous site.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s