Mediasi Perbankan

JENGKEL dengan bank? Pernah ada masalah dengan bank? Misalnya: kartu ATM hilang dan jumlah uang dalam rekening anda jadi berkurang, transfer salah alamat, dan segudang problem lainnya yang terkait dengan bank?

 nasabah.jpg 

Saat kita membaca koran, di surat pembaca seringkali tertera surat yang menyuarakan aduan betapa lemot-nya bank, nggak becus mengurus rekening kita sehingga kita kehilangan uang, atau sekadar salah-paham yang menimbulkan kerugian materiil bagi kita. 

Eittss, jangan stres dulu, apalagi putus asa! Langkah paling mudah adalah kita mengadukan langsung ke bagian layanan bank tersebut. Setiap aduan secara lisan, baik via telpon atau datang langsung, itu memang aturannya dan bank wajib memberikan keterangan atau jawaban paling lambat 2 hari setelahnya. Itu aturannya. 

Setelah ditunggu dan akhirnya dijawab apakah Anda puas? Belum juga?!

Laporkanlah dengan lebih serius menggunakan cara membbuat laporan tertulis kepada Bank tersebut. Hal ini akan membuat bank menjadi lebih concern terhadap permasalahan Anda. Tidak perlu menulis di surat kabar karena yang melakukan hal ini mungkin jumlahnya ratusan. Biarkan proses ini berlangsung. Bank wajib menjawab surat tertulis Anda dalam jangka waktu 20 hari kerja.  Semoga jawaban bank kali ini memuaskan Anda. 

Oh, ternyata belum puas juga? Masih merugi dan makin tidak jelas juntrungannya? Saatnya bagi Anda untuk meminta baik-baik kepada bank (via telpon juga bisa) alamat- info- atau call center Bank Indonesia bagian “mediasi perbankan”.

Pasti bank akan menanggapi hal ini dengan baik dan wajib menginformasikan perihal mediasi perbankan ini. Teknik ini dilakukan seperti Anda bermusuhan dengan Kakak kandung. Apabila susah diingatkan, cukup melaporkannya kepada Ibu Anda.

Bank akan berpikir ribuan kali apabila ada nasabah yang akan melaporkan masalahnya kepada Bank Indonesia sebagai otoritas Pengawasan bank. Namun perlu diingat, bank maupun Bank Indonesia hanya melayani aduan yang sifatnya memiliki kerugian materil bagi pengadu/ pelapor. Hal ini tidak berlaku bagi Anda yang melapor karena diperlakukan judes oleh Teller atau dibentak-bentak oleh bagian kartu kredit.

Kalau untuk hal ini cukup satu jalan keluar. Lunasi hutang Anda dan rajin-rajinlah berhemat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s