Tahap Ujian Test Masuk Lowongan Bank Indonesia

Bank Indonesia memiliki berbagai program dalam memenuhi kebutuhan SDM. Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah PCPM –Pendidikan Calon Pegawai Muda-. Sama halnya seperti ODP-MDP di Bank Swasta, PCPM ini dijadikan salah satu tumpuan untuk menyiapkan kader pimpinan Bank Indonesia. 

Lowongan belum dibuka (namun akan segera dibuka), namun apa salahnya bila Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin. 

Apa saja sih yang perlu dipersiapkan

Ijazah tentunya, dengan Indeks Prestasi minimal 3 (tiga). Bahkan bila Anda berasal dari Talent Scouting, tak perlu ijazah, namun cukup lampirkan surat keterangan telah lulus. 

Jurusan apa yang biasanya dapat melamar

Ekonomi, baik ekonomi, akuntansi maupun manajemen. Hukum. Ilmu Komputer. Teknik Informatika. Teknik Industri. Teknologi Pertanian. Sosial Ekonomi Pertanian. Ilmu Statistik. Ilmu Psikologi. 

Siapa yang melaksanakan Ujian Masuk

Dapat dilakukan oleh pihak ketiga (kecuali wawancara). Dapat dimungkinkan oleh Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia. Mungkin juga dilakukan oleh PPM. 

Biasanya Berapa Tahapan Dalam Ujian Masuk

6 (kali),  dengan tahapan sebagai berikut:

  • Tahap Kelengkapan Administrasi.
  • Test Potensi Akademik
  • Test TOEFL dan Pengetahuan Per bidang Jurusan.
  • Test Psikologi
  • Test Psikiatri dan Test Kesehatan
  • Wawancara

Apakah perlu dipersyaratkan TOEFL

Bagi yang belum memiliki sertifikat TOEFL dengan passing grade 500 s.d 550 (tentative) 6 (enam) bulan ke belakang, akan diujikan oleh penyelenggara-panitia tanpa dipungut biaya denagn standar ITP TOEFL (international). Untuk sertifikat TOEFL dari beberapa lembaga dapat diterima, namun sebagian tidak berlaku. 

Apakah ada batasan Umur?

Biasanya terbatas bagi pelamar yang belum menginjak usia 29 Tahun saat batas akhir pengajuan lamaran. 

Masih ada pertanyaan? 

Disclaimer:

Informasi ini bukan informasi resmi Bank Indonesia maupun Pihak Panitia. Informasi didapat berdasarkan pihak ketiga dan persona yang telah mengikuti Test Ini.

Iklan