Persiapan Tes Tahap I PCPM XXVIII Bank Indonesia 2007

Ini bukan bagian daripada yang mana daripada tidak membuat Primbon. Ini sekadar masukkan. Boleh untuk dikeluarkan kembali. Semata-mata merespon 2 email yang intinya menanyakan apa persiapan yang harus dilakukan menjelang tes pertama PCPM dan MLE Bank Indonesia. Semoga bermanfaat …

Setelah Pengumuman TAHAP I Bank Indonesia, email banyak yang masuk ke inbox Mas Kopdang. Bicara perihal “Apa yang harus dipersiapkan untuk mengikuti tes tahap lanjut Bank Indonesia MLE dan PCPM XXVIII- 2007″.  Pertanyaan itu, hampir sama dengan pertanyaan:

“Kira-kira untuk lulus SPMB materi yang dipersiapkan apa ya?” 

Nah, mungkin banyak yang belum pernah ikut tes di Bank Indonesia, tapi kemungkinan besar pernah ikut SPMB kan? Sama. Kedua-duanya sama. Namun bukan jenis dan karakter soalnya. Namun cara kita mempersiapkannya. 

  1. Perlu tekad yang kuat dan semangat.
  2. Persiapan yang matang.
  3. Berdoa

 Perlu tekad yang kuat dan semangat 

Awalnya pun saya angin-anginan. Bukan sesuatu yang perlu dipersiapkan dengan matang. Ah, biasa sajalah. Kalau memang jodohnya dapat posisi itu, ya nanti juga ada jalannya. Kalau tidak, ya ndak apa-apa.  Itu pikiran saya setiap mau tes pekerjaan di masa silam. Tidak terkecuali untuk mengikuti tes PCPM Bank Indonesia. 

Tes pertama sungguh santai. Saya masih ingat waktu itu pakai kemeja lengan pendek, motif hijau muda kotak-kotak yang di sana-sini terutama dekat bagian kancing banyak lobang kecil tanda abu rokok pernah nangkring di sana. Entahlah jumlahnya berapa. Untungnya, tidak ada yang tepat di sisi muka aerola (*). Bisa gawat. 

Namun setelah tes pertama, yang ternyata banyak yang tes berjubel kemana-mana: di STAN Bintaro, LPPI- Kemang, LAN-Pejompongan, LPPM- Cikini, saya jadi berpikir untuk meniatkan secara serius dan mempersiapkan diri.  Saya buat jadwal setiap jam 10 malam saya mempelajari dan berlatih  TOEFL, Teori Ilmu Hukum semasa di bangku kuliah dan membaca berita dari dalam maupun luar negeri, karena ada info dari teman yang katanya soal-soalnya banyak juga masalah aktual yang masih hangat. 

Juga saya kurangi kebiasaan merokok. Kecuali ada pencapaian kecil yang telah dijalankan. Contoh: Buku Pengantar Ilmu Hukum dan Undang-undang tentang Pencucian Uang sudah saya baca, satu batang rokok saya kepulkan. Lanjut masalah Gerund dan Past Tense habis dikupas, satu batang lagi plus kopi kental saya reguk. Ya begitulah. 

Namun ada hal penting yang sepertinya bisa dimanfaatkan namun jarang dilakukan.

Carilah Roll Model yang juga bekerja di tempat tersebut. Coba hubungi teman kuliah atau kakak kelas- kakak angkatan yang saat ini bekerja di Bank Indonesia. Cermati figurnya. Bagaimana pola pikirnya. Cara pandangnya. Suka-tidak suka, mau-tidak mau, kecenderungan monofikasi karakter dalam sebuah lembaga menjadi satu budaya adalah nyata.  

Lembaga, seperti Bank Indonesia menginginkan figur A dengan kualifikasi B, kejiwaan C, fisik D, pengalaman kerja XYZ untuk posisi ini. Lain lagi dengan posisi itu. Namun ada benang merah, di mana kesamaan induk muncul dari tiap pegawai, walau tidak tegas terlihat. 

Persiapan yang Matang 

Sematang apakah? Sawo matang? Persiapan yang terbaik adalah merencanakan semua hal hingga detil. Bila ada test minggu depan, maka ajukan pertanyaan dalam hati: Dimana? Naik apa kesana? Butuh berapa lama hingga kesana? Materi apa yang diteskan? Berapa lama? Lebih baik sarapan dahulu atau bawa rantang dari rumah? (emang mau piknik???) Jangan sampai masalah akomodasi menghantui dan menghambat acara “inti” yakni tes itu sendiri.  

Juga matang dalam persiapan membawa kartu tes jangan sampai ketinggalan. Pastikan tidak memakai sepatu-sandal, apalagi sandal. Baju berkerah sebaiknya yang dikenakan saat tes. Juga pinsil, bolpen dan pernak-pernik lainnya. 

Berdoa 

Itu penting. Membiasakan diri dalam hening, sabar, lamat-lamat dan tidak tergesa. Meminta dan bermohon yang terbaik kepada Tuhan. Mandi batin yang sungguh menggairahkan. Walau kita optimis, ada baiknya ikhlas untuk merendahkan diri dan hanya memohon berkah kepadaNya. 

Dan terutama menguatkan mental terhadap proses dan hasil. 

Ada tambahan ?

(*) nipple – puting 

[+] bonus: bagi yang lolos tahap selanjutnya silahkan baca ini:

“prediksi tes tahap II”

14 Comments

  1. Mas Kopdang, saya agak bingung nih tentang lokasi tes tahap I BI yang di STIA LAN Jl administrasi Jakarta Barat, setahu saya STIA LAN Jl administrasi II pejompongan jakarta pusat.. mungkin Mas Kopdang tahu alamat yang tepat?

  2. @ jefri..
    hehehe…
    1. Coba telpon panitia.
    2. Coba sehari sebelumnya tengok ke sana (pejompongan versi Mas Jefri), kalau memang betul, berarti ada perbedaan persepsi antara panitia dan dinas tata kota plus pemda DKI mengenai pembagian wilayah.
    3. Setahu saya, memang yang namanya Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi-Lembaga Administrasi Negara itu di Pejompongan, dekan rumah susun dan tegak lurus dengan benhil, yang lurus terusssss, sampe mentok..

  3. 1. sudah dicoba mas, dari 4 nomor call centre yang dicantumkan, 2 nomor mengarahkan saya ke 3149150 (yang juga tercantum) namun nomor itu tidak pernah ada yang angkat.. (berarti harus coba cara lain ya.. hehe)
    2. setuju mas, cara ini paling jitu. harusnya udah ada flyer atau penunjuk jalan yang sudah terpasang sehari sebelum tes. terima kasih mas, akan saya coba..

  4. @ jefri
    1. Biasalah, namanya juga panitia..belagu pake pasang nomor hot-line, pas ditilpun mana berani ada yang ngangkat..!?
    2. Saya juga untuk test ketiga-atau keempat ya? (saya lupa) di pejompongan juga… jangan lupa bawa jaket, ruangannya dingin! kecuali Mas Jefri lama tinggal dan terbiasa cuaca freezer maupun cooler…😉

  5. Mas Kopdang, di tes tahap I ini ada kemungkinan diseleksi administrasi dulu nggak ya sebelum mulai tes? misalnya, untuk cross check jurusannya sesuai atau tidak dengan yang diinput sewaktu registrasi on-line..😦 kalaupun bisa ikut tes, ada kemungkinan gugur nggak ya mas hanya gara-gara jurusan tidak sesuai. mohon masukan dari pengalaman mas Kopdang..

  6. Ya jelas lah..!
    khan yang penting kejujuran…
    kalau memang tidak sesuai ya kemungkinan besar gugur.
    Ini juga untuk mengecek “kerja” panitia, barangkali dalam sistem on-line ada kekeliruan..

  7. LEMBAGA PELATIHAN TPA BOANERGES
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/TOEFL S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995
    SISTEM CEPAT & CERMAT
    PASTI LULUS PSIKOTES/TPA &TOEFL!!!

    PELATIHAN BOANERGES, yang merupakan Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/Psikotes dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL.
    Adapun pelatihan TPA dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti
     Tes Kenaikan Jabatan / Pangkat untuk PNS dan BUMN
     Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
     MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).

    Note:
    – Waktu & Tempat Belajar di Tentukan peserta sendiri (Bisa In House)
    – Biaya Belajar di Bayar di Muka

    HUBUNGI KAMI di:
    Ms.LYSSA / 021.71136838/0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre,
    Jl. Jendral Sudirman kav.7-8, Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s