Lowongan Kerja PERTAMINA (untuk Fresh Graduate)

Perhatian:

ini update terbaru penerimaan 2008.

klik di sini: http://www.pertamina.com/index.php?option=com_content&task=view&id=3710&Itemid=858/

selebihnya di bawah (berikut) adalah lowongan tahun 2007 kemarin.

Bila teman Mas Kopdang yang bekerja di Pertamina saja sudah mengumumkan di milis kampus, maka sebaiknya perlu diperhatikan dengan seksama lowongan PERTAMINA bagi para mahasiswa kinyis-kinyis ini. 

Fresh, semoga memang segar. Graduate, semoga memang dengan kelulusan yang baik dan mumpuni. Bila adik-adik berminat, silahkan tengok di kampus masing-masing seperti di:

  • Unsyiah
  • USU
  • Universitas Sriwijaya
  • Universitas Jambi
  • UGM
  • UPN
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Brawijaya
  • ITS
  • Unsoed
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sam Ratulangi
  • ITB
  • Unpad
  • UI
  • Trisakti

Kemungkinan besar di sudut papan pengumuman tertempel tulisan sebagai berikut:

PERSYARATAN CALON PEKERJA PERTAMINA EP (FRESH GRADUATE)
I. PERSYARATAN UMUM :
1. Sarjana Teknik (S1) lulusan ITS dan Brawijaya. Terdiri dari jurusan :


a. Teknik Perminyakan
b. Teknik Geologi
c. Teknik Geofisika
d. Teknik Geodesi
e. Teknik Mesin (Konversi)
f. Teknik Elektro (Arus Kuat)
g. Teknik Kimia
h. Teknik S
ipil
i. Teknik Fisika/Instrumentas i
j. Teknik Pertambangan
k. Teknik Industri
2. IPK minimum 2,75 pada skala 4,00

3. Mampu berbahasa Inggris secara aktif, baik lisan maupun tulisan
4. Usia maksimal 27 tahun (maksimal kelahiran tahun 1980)
5. Berbadan sehat, tidak buta warna, dan bebas narkoba

II. PERSYARATAN ADMINISTRASI YANG HARUS DILENGKAPI :

• Membuat Surat Lamaran dengan tanda tangan asli
• Melampirkan Surat Pernyataan Pribadi bebas Narkoba bermaterai
• Melampirkan foto copy Ijazah yang telah dilegalisir
• Melampirkan foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisir
• Melampirkan foto copy tanda pengenal (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku
• Melampirkan 3 lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 cm (diberi nama pada bagian belakang pas photo)
• Melampirkan foto copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian RI (boleh
menyusul)
• Surat keterangan Berbadan sehat dan tidak buta warna dari dokter.

III. PROSES SELEKSI :
Surat lamaran ditujukan kepada GM HRD PT. Pertamina EP , melalui :
Student Advisory Center (SAC)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Surabaya

Lamaran diterima paling lambat tanggal : 2 Oktober 2007

Psikotes akan direncanakan minggu ke-4 bulan Oktober 2007
Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi yang akan dipanggil untuk
mengikuti tes/ seleksi tahap selanjutnya ( sort listed candidate )

Tahapan Tes / Seleksi :
Seleksi Administrasi
Tes Psikologi
Wawancara, Tes Kesehatan dan Tes Bahasa Inggris (dilakukan secara simultan)

Bagi pelamar yang lulus tes / seleksi akan dikutsertakan dalam program pendidikan
sebelum dipekerjakan.

Catatan :
1. Berkas Persyaratan Administrasi harus diurutkan sesuai nomor yang tertera.
2. Berkas Persyaratan Administrasi harus lengkap agar dapat diproses.

 

61 Comments

  1. Dengan Hormat , Kepada PT Pertamina EP
    Hal mengenai posisi yang ditawarkan, mengapa belum ada untuk posisi hukum? saya berminat sekali untuk posisi itu,terima kasih.

  2. 1. syarat-syarat PT PERTAMINA seperti SKCK (boleh menyusul)
    dapat toleransi… karena sulit mendapatkan surat ini apabila si pembuat tidak berada di daerah asalnya.. karena untuk membuat SKCK di Yogya syarat2 nya rumit tenan!! untuk waktu yg telah ditentukan dlm psyaratan tentunya….
    2. kenapa apply nya ga di buat via email (praktis,cepat,murah,dll)??

  3. Syaratnya rumit banget ya..
    Saya tidak tahu alasan mengapa perlu sampai ada SKKB dan surat pernyataan bermeterai segala.. rasanya tidak perlu sampai sebegitu detail untuk masuk.. Kenapa tidak sampai tahap akhir saja baru diminta berkas2 seperti itu..??
    Dan satu lagi Pertamina knp ngak kirim lwt email aja ya.. IndonesiaPower aja wong bisa.. Keluarin biaya dikit aja kok ngak mau ya..???

  4. PERTAMINA itu kan milik BUMN bukan Milik ITS dan BRAWIJAYA..ngk adil.Walaupun alumni nya kebanyakan dari bra and its..SBY aja dari AKABRI tapi indonesia bukan punya AKABRI Tooo…

  5. buat mas Kopdang , jujur saya berterima ksih buat anda serta all crew pd web site situs ini yang tlah memberikan info lowngn pkrjaan BUMN & CPNS. Tlong yach… di attach trus info barux krn bulan ini akan banyak lowongan pekerjaan BUMN & CPNS yg dibuka….Sipp, Hebat, bravo.. 4 u dech

  6. saya sarjana ekonomi(akuntansi),saya ingin sekali dapat bergabung sebagai pegawai di PT. PERTAMINA, tetapi mengapa untuk lowongan sekarang untuk anak sarjana teknik aja,saya berharap dapat di beri tahu ketika PT.PERTAMINA membutuhkan anak2 ekonomi fress graduate?

  7. saya seorang sarjana psikologi lulusan Juli 2007, sekarang masih tergabung dalam LSM ISEID di Surabaya. saya berniat berminat untuk mencari pekerjaan yang ada hubungannya dengan bidang saya.
    terimakasih atas perhatian dan bantuannya.

  8. ko cuma PT yang terkenal doank….
    ga adil…
    mang PTS ga da yg b’kompeten gitu…???
    ga stiap Perguruan Tinggi T’kenal punya lulusan yang bagus…
    coba cek lagi ya…

  9. knapa lulusan mesti harus dipilih!!!!semua universitas punya kesempatan yang sama??kan nanti mash melalui tahapan seleksi!!!dr dl saya pingin masuk ke PERTAMINA,sekarang aku jadi pesimis……karena universitasku tidak masuk!!!UMS

  10. mas tolong donk beri informasi lowongan pekerjaan buat saya,aku doakan mudah mudahan apa yang mas kerjakan mendapat pahala.terus terang aja aku salut pada mas…..kenapa..?karena hidup mas berguna untuk orang lain ngak berguna untuk diri sendiri…….Saya ngak nyanjung tapi kenyataan….

    Terima Kasih

  11. Bagaimana mungkin kalo persaingan saja tidak sehat, yang bapak atau om atau engkongnya kerja di pertamina baru bisa masuk. sudah menjadi rahasia umum sejak dahulu. bagaimana bangsa ini bisa maju bila sdm hasil kkn. sadarlah temen2ku kemungkinanmu kecil sekali jadi bangun dan berhenti bermimpi

  12. saya merasa kecewa dengan PT. Pertamina. saya dari alumni UNIMAL Lhokseumawe ingin melamar ke perusahaan tersebut tapi tidak ada informasi dan perguruan tingginnya terbatas hanya PT tertentu yang di perboleh sementara kami tidak ada kesempatan,tolong bisa kerja sama dengan UNIMAL. terima kasih wassalam

  13. Yah Pertamina (PERTA n MINA )bagai kan co n ce aja kalau pacaraan lupa segalanya……. yang lain minggir dehhh..semua berita…di umumkan sudah basi…..berita lowongan basi….tanya aja lansung ma hrd n ngaku jadi saudaranaya….hahahahhaha……anak apa ke… pasti kalian bisa masuk pertamina…..moto tetap sekasur sesumur serajank ah udah cape deh gitu aja terus……………………….piara terussss

  14. yup I agree with you all my friend who are from Private University (PTS). Not always all of people who graduated from PTN have a good ability and skill. We as graduated from private university brave to competence with the people from PTN. I am sure that we have better abilities than them. So I hope Pertamina Company can be fair and considers to look us from ability that we have not only from university where we graduated.
    Thanks….

  15. Kepada BPK / IBU Pimpinan pertamina yang terhormat, saya mo bertanya kenapa mesti jurusan tehnik terus yang diterima kerja di pertamina….??? padahal bidang study lainnya seperti Fisip kenapa ga bisa….??? mohon apabila ada penerimaan di instansi ini lagi, untuk jurusan sosial seperti FISIP, HUKUM dll di ikut sertakan karena kami merasa dianak tirikan….???? kami ini lahir di Indonesia kenapa kami harus dibeda-bedakankan dalam hal bekerja terutama masalah jurusan & nilai yang diminta dalam hal pengrekrutan (penerimaan) karyawan di INSTANSI PERTAMINA. saya mohon untuk diadakan jurusan sosial seperti kami-kami ini dan jangan mementingkan dia lulus diluar negeri atau didalam negeri termasuk dia diterima diperguruan tinggi swasta atau negeri yang penting diikutsertakan dulu untuk jurusan kami ini. sekian dan terimakasih

  16. Hmm… mungkin sekedar menjelaskan aja ya…,kok anak teknik, karena lagi butuh anak teknik (it’s simple kan), trus kenapa ITS ?? karena terbukti ITS emang yahud….ga juga sih kan emang itu lagi dibuka u/ daerah jatim ya kebetulan aja di ITS dari universitas lain bisa ikut kok asal spesifikasinya memenuhi syarat coba diliat aja klo ga salah ada terusannya..,trus dibilangin KKN ?? temans buka mata dong masak ketika suatu perusahaan butuh spesifikasi tertentu, eeee.. dibilang KKN (kapan indonesia bisa maju klo bisanya cuman ngritik doang tapi ga membangun) dont only judged but find out first why…!! so please find out information first then you can give an opinion…..

  17. kpda yth. bapak Pertamina
    saya ali murdani baru menghadapi sidang seminggu yang lalu, jurusan saya teknik industri.
    lulus dengan hasil sangat memusakan, walaupun tidak sampai ipk.3.00
    saat ini saya sedang menunggu wisuda bulan depan
    jujur saya ingin sekali dapat/bisa bekerja di perusahaan bapak….
    terma kasih dan maaf kalo ada kata2 yang salah

  18. Gw setudju sama bang napi…

    @Teddy
    Coba liat lagi pengumuman diatas. Pertamina EP kan. nah nih pertamina EP/Hulu bergeraknya di bidang eksplorasi dan drilling dsb. pokoknya lapangan. secara logika ya mereka pasti butuhnya bidang teknik. ya kan. Jarang bgt gw liat ank hukum di lapangan.(bukan maksud mengdiskreditkan jur. tertemtu ya – tp faktanya bgt).
    Beda sama pertamina hilir – yg mungkin bisa memperkerjakan jurusan2 laen.

    @ Ryan Inc
    Pertamina tuh udh punya track record dalam proses recruitment ke kampus2, mungkin aja pernah ada PTS ato PTN yg sblmnya termasuk dlm list recruting Pertamina, tetapi mungkin hanya satu atau dua orng aja yg lulus atau bahkan tidak ada yg lulus sama sekali. Nah berdasarkan hasil peserta yg lulus itulah Pertamina merencanakan recruitment pada tahun2 berikutnya. Contoh: Dalam Proses Recruitmen secara Fair ke 30 universitas (PTN n PTS), hasilnya ITS dan ITB menyumbang 90% lulusan dlm satu proses recruitment Pertamina. dan 10 % dr universitas2 laen (PTS dan PTN). Kira2 pada tahun berikutnya universitas mana yg akan didatangi Pertamina? pasti ITB dan ITS duluan kan. nggak perlu ke universitas laen duluan, buang2 budget. ya kan. logis aja fren.

  19. Punten
    Gw 2 minggu yang lalu ikut tes kesehatan dan wawancara pertamina. tapi gw belum dan gak tahu kapan pengumumannya.
    Teman2 yang juga ikutan ada yang udah di panggilkah?

  20. aq juga bingung menanti hsl tes kesehatan pertamina
    ada banyak panggilan tes, tp aq lbh fokus pertamina
    gimana niiihh?????
    ko pengumumanya ga nongol2?

  21. wah kalo lulusan Leiden Universiteit Holland jg ga bs jd peg Pertamini ya??padahal udah study overseas eh di negaranya sendiri ga dihargai..PAYAH!! padahal ak pngn jd orng PEMAP UPDN III..he

  22. Ass wr wb,
    sya Muhammad Asri dari geofisika UNPAD.
    mu tanya kapan mu d buka BPS untuk mahasiswa Fisika ato Geofisika UNPAD?
    soalnya teman saya dari Fisika(Geofisika) UI sudah masuk BPS d PERTAMINA.
    mohon infonya dan terima kasih..

    wass. wr wb..

    salam,

    Muhammad Asri

  23. Bpk / Ibu pimpinan, kenapa ya..yang harus kerja di Perusahaan Pertamina harus lulusan sarjana coba juga lulusan SMK/ SMU kan banyak tu…buakn gak mau kuliah tapi dana untuk kuliah gak…adajadi tolong pikirkan.

    bila ada kata yang salah saya mohon maaf
    terima kasih

  24. Ramdan Fitriyana, ST
    Jl. Holis blk. No. 234 Rt. 07 Rw. 01 Bandung 40212
    Telp. 022-70810455
    HP : +6285294735330
    Email : Ramdan_F_Yana@yahoo.com

    Saya lulus dari jurusan Teknik Mesin Universitas Pasundan dengan program Strata 1 (S1) pada tahun 2007. Saya yakin dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungan pekerjaan dan mampu menyelesaikan tugas-tugas secara cermat dan teliti. Saya memiliki kondisi fisik yang sehat, loyalitas, motivasi tinggi, jujur, ulet, mau bekerja keras dan penuh rasa tanggung jawab. Saya pernah bekerja sebagai drafter pada salah satu perusahaan yang bergerak dibidang desain dan pembuatan mesin.
    Saya dapat mengoperasikan program Auto-Cad, Mechanical Desktop, Solid Work, MSC Visual Nastran, Microsoft Office.

  25. Kepada pihak pertamina seharusnya cr pekerja yang mempunyai sertifikat dr Migas CEPU krn dr situlah dia dpt pelajaran tentang perminyakan.Tolong mohon di mengerti.dr Afandi Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe CEPU.Krn skrng aku krja di kontraktor pengeboran juga.jd stiap orng hrus tau seluk beluk perminyakan.ok

  26. Penerapan dan pengumuman berdasarkan universitas itu adalah lowongan tahun 2007 Mas..
    Tahun 2008 itu pun sudah tutup.
    Mungkin masukan Mas Cahyo bisa digunakan untuk lowongan selanjutnya.
    Terima kasih.

  27. Saya adalah Sarjana Teknik Mesin Univ. Bung Hatta Padang lulusan tahun 2008, dengan ini berniat untuk mengajukan lamaran pekerjaan. tolong apabila ada info hub di nomor 085238812500

  28. dear kopdang,

    saya mau info tentang perusahaan-perusahaan yang bisa mempekerjakan para penderita buta warna parsial dunk!
    apakah mereka bisa bekerja di oil&gas?

    thx a lot.

  29. sy llsn ugm tp blm wisuda kira2 krm lamaran pake ijasah dan transkip sementara bisa tidak diterima,mslhnya wisuda kr2 satu bualan lagi ijasah baru dapat…mohon infonya!!!

  30. sebelumnya saya minta maaf pada bapak pimpinan perusahaan pertamina, terus terang aja. persyaratan BUMN yg selama ini dibuat masih monoton seperti dulu, msh seperti jaman belanda, mengutamakan institut negeri yang ternama, dan embel2x yang lain. saya dari ITB tapi rasanya g adil hanya jika menutamakan institut, bukn individu. jika teman2x yg merasa pantas untuk berkata2x kampus saya yg pastas, maka anda org yg tak kan pernah maju dlm pemikiran dan dlm mengembangkan perusahaan yg anda tempati nanti, karna anda hanya memikirkan diri anda sendiri.

  31. saya sekarang mahasiswa perminyakan trisakti semester 6..apakah pertamina memperbolehkan pekerjanya mempunyai tato? saya mempunyai tattoo di bagian lengan atas..thanx atas jawabannya.

    1. Saya kurang tahu mengenai ketentuan ini di internal pertamina.

      Yang saya tahu, bukankah ada teknologi laser? bila masih ingin dipertahankan, selama cek kesehatan dan ketentuan internal pertamina tidak melarang kenapa tidak?

      Saya punya teman yg memiliki tatoo dan bekerja di instansi negara. Tapi saya tak tahu pasti apakah tatoo itu sudah ada sebelum penerimaan. Juga saya tak tahu apakah memang aturannya membolehkan.

      Salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s