Pernyataan Dewan Gubernur Bank Indonesia 12 Februari 2008

Pernyataan DG 12 Feb 2008 

Kemarin siang (Pukul 13.00 WIB), bertempat di Kantor Pusat Bank Indonesia, Dewan Gubernur Bank Indonesia menyampaikan pernyataan menyikapi berbagai pemberitaan akhir-akhir ini.

Pernyataan ini dibacakan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Bp. Burhanuddin Abdullah dihadapan segenap pegawai BI yang memadati Loby Menara Sjafruddin Prawiranegara. Berikut petikan lengkap dari penyataan tersebut.  

“Ass. Wr. Wb.

Mempertimbangkan makin beratnya tantangan yang harus dihadapi Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan stabilitas sistem keuangan serta menyikapi pemberitaan yang berkembang akhir-akhir ini, Dewan Gubernur Bank Indonesia ingin menyampaikan kepada seluruh pegawai Bank Indonesia dan masyarakat luas hal-hal sebagai berikut:

 1.       Kami ingin menegaskan kembali bahwa setiap kebijakan Bank Indonesia di dalam kondisi apapun senantiasa berlandaskan pada itikad baik dan ditujukan untuk kepentingan umum sesuai dengan mandat yang diberikan Undang-undang.

2.       Kami siap untuk mengurai benang kusut persoalan yang sedang dihadapi saat ini sebagai bagian dari peran aktif Bank Indonesia dalam pemberantasan korupsi. Bank Indonesia akan senantiasa membantu proses hukum yang sedang berjalan dan dalam proses tersebut kita semua berharap bahwa hukum dapat ditegakkan secara adil.

3.       Kami senantiasa bersikap pro-aktif untuk memperbaiki diri sebagaimana terbukti dari prestasi yang kita raih dalam beberapa tahun terakhir ini. Bank Indonesia juga selama ini telah berupaya untuk meningkatkan good governance dan di dalam hubungan ini kami tentu mengakui bahwa masih terdapat beberapa kelemahan namun kami memiliki komitmen yang kuat untuk melaksanakannya bersama-sama dengan seluruh jajaran Bank Indonesia dan seluruh elemen bangsa.

4.       Kami berharap di masa depan tidak ada lagi situasi yang membuat ketidakpastian di dalam berkarya dan yang berpotensi merusak kredibilitas Bank Indonesia sebagai  bank sentral dan meruntuhkan kepercayaan dunia internasional pada ekonomi negeri ini. Kami, Dewan Gubernur tidak rela bila Bank Indonesia dipermainkan untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Oleh karena itu kami berharap bahwa proses pemilihan Gubernur yang akan datang akan dilakukan secara lebih fair, bersih, objektif, dan bertanggung jawab.

5.       Melihat semua ini, saya sebagai pribadi ingin menegaskan bahwa setelah masa jabatan saya berakhir saya tidak berniat untuk menduduki jabatan ini kembali. Saya meyakini bahwa sebagai warga negara, saya akan tetap dapat mengabdikan diri pada bangsa dan negara yang kami cintai ini.            

Rekan-rekan para pegawai Bank Indonesia, saya sangat bangga dapat bekerja, berbakti, berkarya, bersama-sama Saudara seluruh jajaran Bank Indonesia untuk kepentingan bangsa di tengah gelombang perubahan yang sangat besar yang kita alami beberapa waktu yang lalu. Sampai akhir masa jabatan saya nanti, saya akan mempersiapkan sebaik-baiknya pengalihan kepemimpinan Bank Indonesia dan saya meminta kepada seluruh pegawai agar tetap menjaga integritas, mempertahankan semangat, profesionalisme, serta solid, dan mendukung siapapun yang memimpin Bank Indonesia nantinya.           

Akhirul kalam, tidak lupa kami Dewan Gubernur Bank Indonesia ingin menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga besar Bank Indonesia dan seluruh masyarakat sekiranya telah terjadi sedikit keresahan di masyarakat akibat isu yang telah menimpa Bank Indonesia akhir-akhir ini.     

Terima kasih atas perhatian rekan-rekan para karyawan Bank Indonesia. Selamat bekerja kembali. 

Wass Wr Wb.”

Jakarta, 12 Februari 2008

++++

(Sumber: Humas Bank Indonesia) 

tulisan terkait:

+ pledoi BA

+ 4 manusia Indonesia

+ Three Musketeers and Batak Conflict

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s