Skripsi Hukum Internasional

Teman kita Diki menulis demikian dalam kolom komentar blog di sini, sebagai berikut:

 

assalamualaikum…mas…
saya mhsswa hukum internasional…maw curhat bout skripsi nih…
rencananya saya mo kasih masuk judul: Tinjauan Hukum Internasional Pengaruh deklarasi Uni Eropa dalam kasus Munir terhadap Diplomasi Indonesia.
kira2 bagaimana mas? perlu dirubah? mohon masukannya…
oya…kalau mamang relevan..apa rumusan masalahnya yah…
1. bagaimana dampak deklarasi Uni Eropa dalam kasus munir terhadap diplomasi Indonesia ?
2. bagaimana sikap diplomasi Indonesia dalam mengahdapi deklarasi Uni eropa?
skali lg mohon arahannya mas… thenx..
piss..

 

Tanggapan ane’:

  1. Terima kasih atas pertanyaannya. Dengan pengajuan pertanyaan Bung Diki, memaksa ane kembali membuka album lama . Ane lulusan hukum, tapi hukum cupu..!
  2. Ane akan mengomentari dua hal: sisi metodelogi dan substansi.
  3. Dari sisi substansi, yang perlu Bung Diki garis bawahi adalah hubungan yang dekat antara kajian ilmu Hukum Internasional dan ilmu Hubungan Internasional. Tentu saja, sebagai mahasiswa hukum titik beratnya adalah dari sudut pandang Hk. Internasional dengan tanpa menghilangkan upaya mempertimbangkan ilmu hubungan internasional-nya. Oleh karena itu kata-kata “PENGARUH” sejatinya adalah penunjuk kata relativitas dari sebuah hubungan. Ini bagi ane lebih mengacu pada kaidah sosiologis dan politis., bukan kaidah hukum. Mengapa tidak menjadi: Tinjauan Hukum Internasional Atas/MENGENAI Deklarasi UNI EROPA dalam KASUS Munir Terhadap PENANGANAN HUKUM DI DALAM NEGERI dan PENGARUHNYA TERHADAP UPAYA DIPLOMASI INDONESIA?

Mengapa saya tambahkan dan sedikit saya ubah (ini usul lho..!) Karena pada akhirnya analisis utama dari kasus adalah penanganan kasus munir itu, baik ada/maupun tidak adanya deklarasi Uni eropa, baru kemudian efek dari penanganan kasus tersebut terhadap keberadaan diplomasi Indonesia baik kepada uni eropa maupun dunia internasional.

Sedangkan judul yang Bung Diki sampaikan, bagi ane, kata-kata pengaruh adalah suatu bentuk opini dari Bung Diki. Karena bisa jadi Deklarasi tersebut memang tak berpengaruh apa-apa. Hal tersebut hanya bisa diketahui dari Bab selanjutnya mengenai apa itu pengertian Deklarasi? Apa itu Uni eropa, Apa konsekwensi hukum dari deklarasi, apa konsekwensi deklarasi yang dikeluargan oleh organisasi multinasional terhadap Negara anggota dan apa pengaruhnya terhadap Negara bukan anggota, lalu yang terpenting adalah konstelasi dan keberadaan deklarasi dalam system hukum Indonesia.

  1. Sehingga bagi ane’ rumusan masalahnya (diusulkan dapat menjadi) adalah: (1) Apa konsekwensi hukum internasional terhadap deklarasi parleman uni eropa kepada penanganan hukum dalam negeri dalam kasus munir? (2) Bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk dapat memberikan manfaat bagi posisi Indoneisa dalam hubungan antar neraga terutama Negara anggota uni eropa..?
  2. Secara metodologis, maka seperti yang saya sampaikan di atas, acuan utama Bung Diki adalah tetap pada koridor opini HUKUM, bukan opini sosiologis apalagi politis.
  3. Pada bab pengertian dan istilah (pendahuluan), Bung Diki harus dengan cermat menyampaikan pengertian “deklarasi”, “uni eropa”, “diplomasi” dan istilah-istilah yang menjadi kata kunci.
  4. Bab selanjutnya barulah diceritakan mengenai pokok persoalan, dengan menggaris bawahi penanganan hukum yang sudah dilakukan oleh Indonesia dalam kasus munir. Arah perkembangan proses dan tentu saja akibat-akibat yang terjadi dengan deklarasi tersebut, seperti contoh upaya diplomatis uni eropa yang bersifat sanksi seperti: Larangan Terbang maskapai Indonesia ke Uni eropa, dan hal lainnya terkait masalah tersebut.
  5. Pada bab terakhir berikan kesimpulan akhir atas hasil analisa yang dirumuskan dalam kesimpulan (sebagai jawaban atas dua rumusan di awal bab. Barulah kita sebagau mahasiswa hukum memberikan solusi, saran, problem solving atas kesimpulan tersebut.

 

Bagaimana?

Bagi teman-teman yang punya pendapat silahkan berkomentar.

 

Oh iya, sebagai bahan diskusi, bagi yang belum terlalu banyak mendapat info mengenai permasalahan deklarasi uni eropa dan pengaruhnya terhadap kasus munir, bisa dilihat di :

 

10 Comments

  1. susah ya jadi mahasiswa…anak hukum lagi…tapi menarik kok topiknya, siapa tau dapat nobel perdamaian mas…kalau saya jurusan manajemen nanggung, cuma tau semuanya (atau kasus munir) missmanagement, missintelegent, missmunir (hehe mas munir, cak munir deng), missmuchdi (mr muchdi), ahhhh kok jadi berpraduga bersalah…

  2. eh, saya kok nggak puas komennya, jadi peneliti harus objektif, jadi anak hukum harus punya kode etik…itu makanya hipotesis awal selalu merupakan praduga tak berhubungan atau praduga tak bersalah…hehe selamat meneliti…semoga berhasil

  3. sebenarnya saya bukan mahasiswa hukum, saya seorang mahasiswa hubungan internasional yg kini sedang menyusun skripsi mengenai hukum ruang udara terkait pelarangan terbang maskapai indonesia ke uni eropa. mudah2an masih nyambung, saya kesulitan menemukan literatur yg cocok untuk skripsi saya, dikaji dari ilmu hi dan hukum intl. saya mau bertanya, apakah uni eropa tdk melanggar kebebasan di udara (freedom of the air) dengan mengeluarkan kebijakan larangan terbang? sebenarnya, rezim penerbangan internasional itu seperti apa? apa mencangkup konvensi chicago atau smua peraturan yg dikeluarkan International Civil Aviation Organization??? terimakasih kalo sudah sudi menjawa (he2…) habis,

  4. asslm wrb kang…mau curhat niy..heheh
    sudah tiga taun saya terbengkalai dalam masalah ini…
    yaitu membagi waktu antara pekerjaan n skripsi yg tak kunjung selesai juga…

    jujur saja bukan nya sy tidak mampu untuk membuat skripsi…tp karena kesibukan saya dalam pekerjaan yg mana saya harus mnghidupi keluarga saya…
    maka sayah harus mncari uang siang dan malam..
    dengan demikian waktu sayah tidak lah sempat untuk dapat membereskan skripsi ini..
    selain itu otak sayah pun sudah terpecah konsentrasi nya antara pekerjaan n skripsi..sehingga otak ini serasa beku dan tidak dapat memikir apa-apa..

    apakah akang mempunyai solusi untuk masalah ini.. atau kah akang bisa membantu sayah dalam memecah kan masalah yg terjadi sekarang ini…
    nuhun n makasih

  5. salam bung………………. bisa g bantuin aku usulkan judul tentang hukum internasional… soalnya aku lagi bingung banget ne mau tulis tentang apa……………………???? makasih,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s