BlagBligBlugBlegBlog

Boleh ndak sih kalau kita ngeblog itu tujuannya buat pamer kepintaran kita merangkai kata? Biar masyarakat luas ngerti dan kenal bahwasanya bukan cuma Goenawan Mohamad, Bondan Winarno, Seno Gumira Adjidarma atau Mahbub Junaedi yang jago bikin essay , tapi juga “saya”. Atau setidaknya orang menyadari bahwa GM sudah punya calon penerus.

 

Eitss, bukan saja boleh dikatakan pandai merangkai kata, malah hendak disebut intelektuil sekaligus filsuf. Juga dapat bonus berniat menjadi orang yang tulisannya “berpengaruh” dan dapat “menggerakkan” pembaca. Pokoknya dasyat lah..! Boleh gak sih..?

 

Boleh-boleh saja khan? Toh siapa sih yang tahu apa motif kita repot-repot menulis, bayar sewa akses, menunggu komentar, hingga berharap syukur-syukur ditautkan dalam tulisan blogger lainnya.

 

Atau justru kita adalah pengidap altruisme akut. Pro bono. Non profit. Cuma berbagi. Titik. Bukan mau cari iklan, SEO, statistik sampai efek keartisan. Jiwanya separuh malaikat-setengah lagi nabi. 

 

Ah, saya ndak seperti itu. Saya tergolong orang seperti yang saya paparkan di awal itu kali ya? Suka bicara banyak, bahas ini-itu, pamer analisis A-B sampai Z, sok penyair hingga pengamat politik gadungan. Jangan-jangan itu hanyalah salah satu penyaluran dari sifat latah saya yang sudah terjangkiti penyakit “ingin terkenal-ingin dikenal”.

 

Sama halnya seperti artis film, seperti pejabat negara, atau seperti pelawak.

😛

 

Sampai pajang foto, tulis profil, hingga pengalaman potong kuku pun disampaikan, kejadian kepleset di kamar mandi diceritakan, lobang telinga gatel pun merasa penting diketahui banyak orang.

 

Atau malah menjadi hamba statistik, yang mendompleng isu paling hot dan banyak diperbincangkan orang. Ada kasus artis si A sedang bermasalah, maka dipostinglah urusan itu. Ada cerita mengenai perhelatan akbar yang bikin banyak korban jiwa dan sudah disampaikan harian berita nasional  sehingga bikin heboh masyarakat luas, pun ditulis untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

 

Blog menjadi arena pacuan kuda. Persis kaya pembagian rapor jaman dulu. Siapa yang peringkat pertama. Siapa yang menjadi murid tauladan. Siapa yang selalu mendapat juara.

 

Toh blog memang masih merupakan “barang relatif baru” yang ujudnya masih terus dibentuk, dan belum ketahuan, pada akhirnya akan “lebih kuat” untuk menjadi apa bagi siapa dan bagaimana bisa?

 

Mumpung blog masih jadi barang “serba bisa”, maka saya sangat senang memperlakukannya dengan semena-mena., tergantung pada  mood berdasarkan tanggal: Tua atau Muda…

 

😛

 

>>> Nah, kalau anda, para blogger, apa sih yang ingin anda capai dari blog anda?

images

10 Comments

  1. Saya percaya kalau semua orang yang berusaha mempublikasikan tulisannya ke hadapan publik punya motif narsis. Kadarnya bisa berbeda-beda, tapi pasti ada; Bahkan perasaan bahagia seorang blogger pro bono yang melihat blognya bisa bermanfaat bagi orang lain, menurut saya, adalah sebentuk kenarsisan juga sebenarnya.😀

    Saya sendiri? Saya, jujur saja, ingin beken dan terkenal juga.😳

  2. Hehe, nge-blog ada tujuannya donk, bro. Ngapain juga menggadaikan waktu, curi2 kesempatan sama anak2, kucing2an sama suami biar bisa ngenet sepuasnya (trik : dia tidur, aku bangun. dia bangun, aku tidur. Protes, protes deh). Tapi sumpah, ga ada niat narsis. Awal2 nge-blog sih iya. Insyaallah sekarang sih udah insap.

    Btw, kerja di BI masih ada tanggal tua dan tanggal muda ta? Kirain cuma PNS…

  3. kalo saya pribadi ga punya tujuan apa-apa, ada yg komentar ya ga papa, ga ada ya sudah tidak masalah.

    benar itu nulis berdasarkan mood, daripada kepikiran terus mending di muntahkan aja, bermutu atau tidak emang gw pikirin hehehe….😀

    btw, sekarang tanggal muda apa tanggal tua ya…?😉

  4. Blog is my voice of soul Jadi buat saya blog adalah my diary online yang bisa saya coretkan apa saja. Saat pedih atau saat senang bisa puisi cerpen atau sekedar bilang saya lagi sakit. Pengen ngetop atau narsis ? Mungkin ada tapi prosentase sangat kecil karena lebih pada ungkapan jiwa yg belum tentu senada dengan orang lain. Sekarang lagi seneng bikin cerpen di http://www.bloggaul.com/muslimah

  5. sama banget mas..
    saya memperlakukan blog secara semena-mena..
    tergantung mood.. kadang cuma pengen berbagi.. kadang bener-bener nyari duit..😀

    eh, poto mas kopdang di majalah kompak keren banget tuh..

  6. Alow mas Kop,
    wuah, luama ane ga sowan ke Blognya Kopdang… Tambah beken aja rupanya… Tulari dunk (narsisnya)

    Ikut nimbrung ah… klo ane, ngeBlog… buat “Jejak Sejarah” ke anak cucu. Sapa tau ane ga sempet cerita langsung ke cucu-cicit-canggah ttg pahit-manis-asem idup ane… ttg penjelajahan ane keliling nusantara buat ngaudit (jalan2 berkedok perjalanan dinas) kkk😀 …bcanda…

    Niatan wal siy pingin bikin diary on line… cuma ane suka terlalu pedes klo bikin ulasan n crita, drpd knp2, ane skrg pilih ‘tahan diri’…or ane pasword tulisan tertentu cuma untuk orang2 tedekat gtow…

    Yah, afterall… 7an utama : jelas… SHARING laaaah… Mingle jg…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s