Revolusi Sosial Sesungguhnya

Orang Eksakta (bahasa jadul ortu kita) sudah punya karya besar (opus magnum) sehingga kemajuan ilmu pasti mengalami lompatan besar (quantum leap), seperti yang dilakukan oleh Galilei, Newton dan Einstein. Lantas bagaimana dengan Orang sosial?

Belum ada orang yang secara mengagumkan membuat karya besar untuk ilmu sosial dan implementasinya. Benarkah?

Sejatinya, menurut saya, ilmu sosial malah jauh berkembang dibandingkan ilmu eksakta saat ini. Tentunya, atas hasil lanjutan dari kemajuan tekonologi yang diciptakan kaum ilmu pasti itu.

Lihatlah revolusi sosial di Indonesia. Forum diskusi, blog, twitter, facebook, yang dikuasai dengan baik oleh kalangan menengah dan cukup berpendidikan di Indonesia menjadi kekuatan baru dan dapat menentukan atau minimal mempengaruhi arah kebijakan hukum terlebih politik.

Yap, tentu saja, media lawas, model koran dan tv yang disiarkan berulang-ulang masih paling berpengaruh menciptakan buzz, namun komponen sosial media adalah sebuah piranti ampuh untuk menciptakan tipping point (lihat bukunya Malcolm Gladwell dengan judul yang sama) sebagai arus utama opini publik. Ingat, karena sosial media dikendalikan secara adil merata oleh individu kelas menengah yang cukup berpendidikan.

Kekuatan baru ini perlu dirayakan, namun tentunya berkat adanya kebebasan informasi yang relatif wajar di prikehidupan bangsa saat ini. Sensor terhadap dunia maya semoga saja tak akan pernah terjadi. Karena ia lebih representatif menyuarakan pendapat masyarakat. Bukan pada media lawas, besar dengan tanpa dipungkiri telah dimiliki, dikendalikan, dan memiliki kepentingan tertentu.

Semoga saja perihal kehidupan lain pun dapat terbantukan dengan sistem jaringan model ini. Getuk tular urusan bencana alam, soal bantu-membantu untuk yang sangat darurat. Juga perihal pendidikan yang dapat diperoleh secara gratis dari jutaan informasi berbahasa Indonesia, lewat situs, blog, dan berbagai jaringan sosial lainnya.

Ini adalah revolusi sosial sesungguhnya.

8 Comments

  1. dugaan pesimis : tifatul akan ngebanned forum forum “miring” karena tuntutan ideologis untuk itu akan tiba saatnya untuk menguat

    dugaan optimis : Mbah Tipat disibukkan aja dulu dgn masalah peningkatan akses situs ilmu pengetahuan seperti science direct, proquest, emerald, jstor hehehe🙂

  2. IT driven disini hanya kan menjadi komunitas underground…

    Untuk komunitas yang resmi saya rasa, hanya bisa diwujudkan oleh orang Sosial 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s