Keluh Kesah Pegawai Swasta

Ia menyebut dirinya “Rain” (21th), ingin berbagi sbb:

permisi…
sekedar berbagi sedikit mengenai apa yang terjadi pada saya saat ini..
saya seorang karyawan swasta yang baru sekitar 4 bulan bekerja di salah satu perusahaan swasta terkemuka di Indonesia yang bertaraf internasional..
umur saya baru 21 tahun dan sangat bersyukur ketika mendapat panggilan kerja dari perusahaan disaat saya baru satu bulan diwisuda..sungguh peluang yang baik untuk menjauh dari label “Sarjana Pengangguran”..

Pada awalnya saya bercita-cita ingin jadi PNS yang merupakan profesi favorit di lingkungan tempat tinggal saya, tetapi ternyata keinginan untuk bisa hidup mandiri telah mengalahkan harapan awal saya sehingga ketika ada kesempatan dari perusahaan swasta maka tanpa berpikir panjang saya langsung memanfaatkannya..

Bahkan ketika ada lowongan CPNS, saya sama sekali tidak mencuri-curi kesempatan untuk berebut kursi panas PNS..

Namun akhir-akhir ini saya merasa jenuh dengan pekerjaan saya sekarang ini, hal ini disebabkan berbagai alasan antara lain jam kerja yang “LUAR BIASA”, suasana kerja yang penuh tekanan dan sikap rekan-rekan kerja yang saling menjatuhkan dan masih banyak lagi yang lainnya, sungguh menyebalkan…
kadang-kadang saya merasa iri dengan teman-teman yang baru terangkat jadi PNS, walaupun gaji mereka lebih kecil dari gaji saya tapi waktu mereka untuk berkumpul dengan keluarga, pacar, dan waktu santai sering membuat saya ingin teriak sekencang-kencangnya..

Dilain sisi timbul perasaan dilema dibenak saya, bertahan di Swasta atau memilih PNS..

Masalahnya gaji yang saya peroleh sekarang sudah lebih dari cukup bahkan untuk seorang bujang seperti saya, kemudian untuk beralih ke PNS tentunya bukan hal yang mudah karena harus mengikuti prosedur yang berbelit-belit, blum lagi tradisi uang pelicin dalam setiap perekrutan CPNS ( teman saya sudah mengakui keberhasilannya diCPNS karena “DUIT” ).. sungguh dunia yang kejam, apalagi seperti yang saya alami sekarang..
ingin rasanya kembali ke masa-masa kuliah yang penuh keceriaan, kebersamaan, dan suka cita tanpa harus pusing dengan dunia kerja…

ini pengalaman singkat saya, yang mungkin bisa jadi bahan renungan dan referensi bagi teman-teman terutama bagi calon2 sarjana yang akan menghadapi dunia kerja untuk dapat memilih langkah selanjutnya..

terakhir saya mengharapkan masukan dari teman-teman mengenai tulisan saya ini..

Terima kasih,
Good Luck..

##
Mas kopdang:
Luar biasa. Sepertinya bukan hanya Rain yang punya problema mirip atau bahkan sama terkait situasi lingkungan di tempat kerja.

Ada komentar dari teman-teman?

Iklan