Iklan
 

Rekrutmen Bank Indonesia

Saat ini sedang diadakan ujian via online untuk posisi Pegawai Tata Usaha Bank Indonesia. Namun apa boleh buat, antara jumlah peserta dan kapasitas server sepertinya tak berbanding lurus, sehingga banyak keluhan susahnya melakukan login.

Perlu kiranya panitia rekrutmen memikirkan kembali proses ujian dengan cara online. Walaupun ringkas dan murah, namun pelaksanaan yang penuh gangguan, tidak membuat nyaman peserta.

Saya memang tidak ikut ambil bagian, hanya saja karena internal BI banyak juga yang turut serta, maka keluhan ini sampai juga ke telinga saya, hingga kalimat ini ditulis.

Sekian dan terima kasih.
🙂

Iklan

287 Responses to Rekrutmen Bank Indonesia

  1. DRo berkata:

    saya sebagai peserta memang benar2 kecea bukan maslah nyman lagi..
    saya ga bisa log in dengan notif pebgisin pasword tidak benar padahl sudah bnar dan akhirnya connection interupted..
    saya mencoba menghubungi pihak ASI tdak menjawab dan hanya melemparkan ke call cnter BI..
    saya menghubungi call center BI tidak bisa masuk dan akhirnya coba live Chat ga dibalas2 juga sampe berjam2.. saya tanyakn kmbli let email tp kok ga dibals lagi..

    kita sebagai pserta tolong donk “KEPROFESIoNALAN” pihak yang menyelengarakan.
    Thanx

  2. Hakim berkata:

    Mari kita bersama berkomentar ria di blog nya mas kopdang,
    saya juga sebagai peserta mas, memang sempat kecewa dengan traffic yang terjadi pada situs loginnya. Yang saya khawatirkan sih efek psikologis dari gangguan tersebut, orang yg uda dari jauh2 hari mempersiapkan diri dibikin stres dulu gara2 ganguan tersebut. Apalagi untuk pengawas bank pertama dimana para pesertanya rata2 para pegawai bank yang masih punya kewajiban di kantornya. Pasti mereka akan mengalami ganguan juga dalam pola berfikir. Harapan saya, apabila BI belum bisa yakin bahwa servernya mampu untuk menyelenggarakan tes, maka sebaiknya pengunduran waktu dilakukan di hari libur agar para peserta tidak bisa lebih fokus kepada tes tersebut.
    Dalam hal tes online yang diselenggarakan BI, komentar saya hanya pada kualitas jawaban para peserta tes. Apakah BI memiliki keyakinan terhadap jawaban2 para peserta yang tidak diawasi pada waktu tes? Mereka bisa saja membawa kalkulator, searching jawaban di google dan lain sebagainya. Seperti kata mas kopdang, biaya yang dikeluarkan memang murah tapi tidak sesuai dengan kualitas yang diharapkan. Hanya orang2 yang memiliki pikiran cukup cerdik yang bisa dengan mudah menyelesaikan tes2 tersebut. Mudah-mudahan tes online ini hanya dilakukan untuk tes potensi kecerdasan saja sedangkah untuk tes2 selanjutnya dilakukan secara tertulis serta diadakannya pengawasan.
    Mohon disampaikan kepada teman2 mas kopdang di pusat, terima kasih.

  3. mas kopdang berkata:

    duh. gimana nih. jadi ga enak sendiri. 🙂
    tapi mas soal online walaupun bisa dikerjain orang lain, tapi waktunya mepet kok, dan bakalan ada post tes kayaknya. jadi ketauan juga ah, kalau dulu dikerjain orang, karena range nilai bisa gak stabil malah turun.

    demikian.
    🙂
    sabar ya.

  4. Hakim berkata:

    “Tempat menentukan prestasi”, itulah kesimpulan yang saya dapatkan setelah saya mengikuti tes online tersebut. Hal ini saya sampaikan karena penempatan kerja saya di Pontianak, dimana banyak kendala jaringan dan belum ada warnet yang memiliki koneksi cukup cepat yang bisa mengimbangi penuhnya akses server BI. Masalah lain juga terdapat pada sistem tes online ini, dimana waktu tes tetap berjalan walaupun downloading data soal belum selesai. Sehingga apabila kita memiliki waktu 8 detik untuk menjawab 1 soal, maka waktu kita tinggal setengahnya atau bisa tidak ada sama sekali karena kendala tersebut. Apalagi untuk tes abstrak yang merupakan tes mengenai gambar yang memerlukan waktu lebih lama untuk mendownload gambar2 tersebut.
    Harapan saya, semoga tes online ini tidak lansung dijadikan tolok ukur dalam memangkas jumlah peserta tes, tetapi hanya sebagai tambahan informasi dalam melakukan analisis rekrutmen.
    Selamat melanjutkan pekerjaan mas kopdang dan terima kasih.

  5. Riko JK berkata:

    Ikut komentar mas kopdang :
    saya tidak bisa login sama sekali, ketika login langsung muncul CONNECTION TIME OUT.
    Saya sudah menyelesaikan soal ini sebelumnya pada hari sabtu 06 november 2010, dan hari ini saya diminta mengulang tes kembali.. tetapi yang terjadi saya tidak bisa login.
    Ketika saya menghubungi Helpdesk BI, ternyata User ID saya sudah terblock di karenakan login berulang (lebih dari 2 X). padahal ketika login muncul message “connection time out”
    Padahal hari ini saya mengambil cuti di tempat kerja untuk mengikuti tes online ini.
    Tetapi gagal total, jadi tidak bisa masuk BI.. 😦 sedih….
    Apa mungkin mas kopdang ada toleransi bagi kasus kasus seperti saya ini?

    Selamat bertugas mas.
    Salam Sejahtera

  6. ms.vega berkata:

    iya yah,,knp jd seperti ini..
    tampak seperti test bohongan semata.
    kita udah semangat 45 buat ikut test,,semua jadi amburadul gr2 connection yg jelek..
    hikss,,hikss

  7. nova berkata:

    saya hr ini izin untk mengikuti test bi, tetapi saya tidak bisa login…
    saya sudah memasukkan username & password…
    tetapi tetap tidak bisa mengikutin test bi yg skrang sedang berlangsung..
    saya jd sia2 untuk izin g masuk…
    sedih sekali…

  8. antee berkata:

    tes pertama dan kedua dah lancar2 aj dkerjain,,trus pas tes ketiga jawab satu soal pun gak bisa soalnya waktu tes 5 menit tu buat ngeloading 1 soal pun g da yg keluar gambarnya. mudah2an kedepannya panitia bisa lebih mempertimbangkan pemberian waktu untuk pengerjaan tes yang menggunakan banyak gambar karena loadingnya lebih lama drpd tes pertama kedua…

  9. Fickry berkata:

    Panitia test rekrutmen bi tidak profesional, kiranya untuk mengadakan test online sangat dibutuhkan bandwith server yang cukup besar untuk meng handle data peserta… Saya sebagai peserta sangat2 kecewa, karena loading test nya lama sekali, ketika kita sudah menjawab satu soal dan akan ke soal berikutnya itu lama sekali dan yang paling parah di test abstrak itu soal pertama masih muncul gambarnya, tapi setelah soal kedua dan seterusnya itu gambar nya tidak muncul sama sekali, tapi waktu terus berjalan, jadi apa yang mau kita jawab kalo begitu…. Saya bukan baru sekali ini mengikuti test online, saya sudah 2 kali mengikuti test online di perusahaan asing tempat saya bekerja sekarang… Rasanya jauh berbeda sekali dengan yang diadakan oleh PT. ASI… Kalo belum bisa provide untuk test online jangan coba2 deh, kasian dong peserta yang berharap besar.. seandainya tidak lulus karena tidak bisa menjawab saya rasa semua akan berlapang dada, tapi kalo tidak lulus karena panitia nya yang tidak memadai… APA KATA DUNIA..????

  10. dewi berkata:

    bener2 mengecewakan,sudah susah2 bikin persiapan ternyata tesnya kacau n ribet,sepertinya ini tes bohongan aja.mengecewakan!!!

  11. Miranti berkata:

    ia niyh udah log in 2 jam tapi tetep aja g bisa masuk mulu,,kecewa bangetlah!!!

  12. mas kopdang berkata:

    terima kasih atas komentar kawan-kawan. secara informasl akan saya komunikasikan dengan rekan di DSDM terkait pelaksanaan rekrutmen ini.
    tentu saja dengan solusinya yang semoga saja terbaik.

    salam,

  13. hendro berkata:

    tesnya bener2 susah mas…susah koneksinya….kemarin sempat kirim email k pihak ASI juga tp kyke mesin yg jawab trus k pihak humasbi kyke mesin juga yg jawab.knapa sih mas harus online klo kapasitas bandwithnya aja tidak mencukupi…saya dulu pernah ikut tes ASI juga tapi PERTAMINA dulu online juga tp dibikin jaringan intranet dan itu g masalah.mungkin bisa diusulkan dibikin dateng k lokasi daerah masing2 dengan mensetting intranet saja dan bukan internet mungkin bisa mengambil lokasi tes d kantor bank indonesia setempat dengan pihak ASI mensetting intranet saja.mohon diperjuangkan aspirasi kami mas..masa gagal bukan karena kemampuan tp gr2 koneksi dari pihak ASI yang belum siap. terima kasih

  14. hendro berkata:

    ada email mas..mungkin saya bs CC kan email yg saya kirim k pihak ASI sebagai bahan pertimbangan error yg terjadi…

  15. Hakim berkata:

    Mendengar kabar dari teman2 sekalian ada rasa sedih bercampur gembira. Perasaan sedihnya dikarenakan tes online yang dilaksanakan BI belum sesuai dengan yang diharapkan dan perasaan gembira dikarenakan nasib kebanyakan teman2 kita yang ikut tes online rata2 sama, yaitu mengalami traffic pada saat melakukan tes online. Mudah2an kita masih mempunyai kesempatan yang sama untuk mengikuti tahapan tes selanjutnya dan hasil tes ini tidak digunakan sebagai pertimbangan utama. Semangat aja, mudah2an rezekinya lengket kayak prangko.. :p

  16. DONDON berkata:

    mas kopdang, numpang tanya. kapan pcpm bi XXX buka neh? biasanya akhir tahhun kan?
    makasih sebelumnya
    ^_^

  17. Keresna berkata:

    Aduh saya pikir cuma saya yang mengalaminya, test pertama n kedua lanacar, tapi pas tes penalaran abstrak tak satu pun gambar bisa terdonload, dan waktu tetap berjalan…… Kayaknya bi belum siap deh untuk bikin test online….

  18. lucky berkata:

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5837261

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5809380

    coba deh kunjungi kaskus di atas…banyak banget yang bernasib sial gara2 PT ASI

  19. sriyanto berkata:

    saya peserta test online dari medan. benar sekali apa yang anda semua rasakan, itu jg trjadi di medan. semua mengeluhkan proses ujian yg notabene dipengaruhi geografis wilayah indonesia dan konektivitas jaringan internet yg sangat2 mengecewakan. mhon kpd pihak rekrutmen bank indonesia untuk dapat mmpertimbngkan kelemahan sistem test online…

  20. Kuta Rock City berkata:

    blog ini bagus krn isinya orisinal n (terutama tentang bi) mengangkat topik yg dibutuhkan orang banyak. dua jempol buat mas kopdang… dikit saran ya mas, kolom tag di kanan (tampilan lama tagnya ada) jgn dihilangin dong spy lebih gampang surfingnya…
    btw saya salah satu peserta tes ptu bi 2010 asal bali tapi ikut tes dari makassar. saya cm mau sharing ma yang lain. baca2 di kaskus n di sini jd pengen komen.
    pas tes tpa kmrn saya lancar2 banget. masalah saya cm g sempet jawab semua. abis susah yg terakhir pattern gambarnya.
    Beruntung??? maybe, tp saya salah satu yg g percaya keberuntungan. jika anda mengira saya memakai koneksi dewa, anda salah. bahkan saya g pake laptop saya malah pake kompie pc jadul kantor yg kalau nyalain harus dilem(PAR) hahaha…. rahasianya blm mau saya share di sini karena saya peserta juga (n saya g sebaik itu hahaha…). rahasianya simple kok. Bukan KKN ! krn saya g kenal orang BI ato ASI sama sekali. n g punya kemampuan IT.
    Sandungan berupa server lemot PT. asi jgn jd penghalang. always think positif. Bukankah dalam tes seketat ini tidak cuma dituntut pintar (teori) tp cerdas menyelesaikan masalah? so use ur brain n ur guts. keep your mouth shut n head cool. May the best man win…
    Salam kenal buat semua, keep fighting!!!
    O ya mas kopdang saya mau tanya kalau ptu teknik itu kl diterima bakal masuk di divisi mana? sama kl bisa tugas n tanggung jawabnya ? penempatan d proyek pembangunan bi atau kantor pusat? saya mau tanya kewajiban saja, kalau masalah hak ud ada rejeki masing2…

  21. lucky berkata:

    buat mas kuta rock city

    saya juga tau mas…banyak temen2 yg berhasil tes online tanpa kendala dan ada juga yg gagal karena koneksi….pada tes awal kan cm dua hari itu,kita bahkan g bs masuk karena server g kuat menampung peserta yg banyak banget kemudian diundur yg dari 2 hari menjadi 4 hari logikanya ada beberapa peserta yang bisa masuk dan ada juga yg ngga…..jadi kmungkinan teknologi semacam ini g bisa untuk peserta yg jumlahnya banyak..begitu

    just info PTU teknik kemungkinan dtempatkan di tiap kantor bank indonesia yang ada

  22. Kuta Rock City berkata:

    @lucky: thanks, infonya valid g? kl valid asyik, kl g valid ditunggu yg valid…
    teknologi ini juga dipakai buat tes online perusahaan asing (tambang n petroleum) tanpa masalah kok kecuali peserta yg g tau idupin komputer hehehe…. asi aja yg paKET-heMAT.. siap g siap teknologi ini akan kepake trs k depan… tergantung kita menyikapinya aja… mau pasrah nunggu “pengasihan” bi ato asi yg kecil banget kemungkinannya ato muter otak mikirin caranya supaya lancar seperti temen2 peserta lain yang lancar…
    still waiting yang empunya blog nongol… hbs maghrib baru keliatan penampakannya kali. hahaha becanda mas…

  23. linda berkata:

    @mas kuta rock city

    saya juga pernah ikut ASI buat tes PERTAMINA emang lancar tp klo buat BI ini ASI emng g siap mas…mas baca ngga postingan dari blog mas kopidangdut yang awal tmn2 mas kopidangdut yg internal aja susah…jadi comntnya juga agak sedikit djaga mas….saya aja lulusan TI dan ikut PTU teknik..jadi dengan kejadian kaya gini jelas saja saya ngerti klo emang dari ASI yg g siap…katane mas g da kemampuan TI juga kok bisa2 ngasih coment ky gt….mas aja yg beruntung pas dapet login cpt, d TI itu ada prinsip klo yg dpt login duluan maka dia bakal lancar koneksi….

    @mas2,mbak2 yang lain..semoga BI dan ASI bs ngasih solusi yang jelas….

  24. Kuta Rock City & friends berkata:

    teori login dluan n teori “keberuntungan”. G tertarik…
    IT g ngerti blas tp bukankah manusia bs bergaul n bs membaca buku. d perusahaan gue bnyk IT. beberapa rekan dan junior gue malah lulusan IT luar jd bnyk tempat nanya.
    g ada yg perlu dijaga kl fakta selama ini negara bebas merdeka.
    bukan cm gue yg lancar, banyak banget temen2 yg juga ikutan lancar2 aja. Bahkan sahabat gue d proyek tambang papua jg lancar. mereka males komen aja karena pada sibuk. mereka cm numpang komen soalnya pada takut diulang lagi tesnya soalnya susah banget ambil libur n takut ketahuan id ama perusahaan. banyak yg tukeran shift sampe dua kali cm buat ikutan tes. g sebebas perusahaan domestik. kl emang diundur lg tesnya bnyk dr kita susah dpt libur setelah pengunduran tes n otomatis mundur. G adil juga kan. Jadinya kita pada keberatan kl tes ulang krn kita ud kerahin usaha maksimal buat tes pada waktunya. itu aja poinnya…
    kl ada yg tersinggung, gue minta maaf. salam buat semua. ud mulai briefing pagi habis ngopi. mana masi gelap banget ini site. wish u all the best. this is my last post for a week. bye guys

  25. Kuta Rock City & friends berkata:

    teori login dluan n teori “keberuntungan”. G tertarik…
    IT g ngerti blas tp bukankah manusia bs bergaul n bs membaca buku. d perusahaan gue bnyk IT. beberapa rekan dan junior gue malah lulusan IT luar jd bnyk tempat nanya.
    g ada yg perlu dijaga kl fakta selama ini negara bebas merdeka.
    bukan cm gue yg lancar, banyak banget temen2 yg juga ikutan lancar2 aja. Bahkan sahabat gue d proyek tambang papua jg lancar. mereka males komen aja karena pada sibuk. mereka cm numpang komen soalnya pada takut diulang lagi tesnya soalnya susah banget ambil libur n takut ketahuan id ama perusahaan. banyak yg tukeran shift sampe dua kali cm buat ikutan tes. g sebebas perusahaan domestik. kl emang diundur lg tesnya bnyk dr kita susah dpt libur setelah pengunduran tes n otomatis mundur. G adil juga kan. Jadinya kita pada keberatan kl tes ulang krn kita ud kerahin usaha maksimal buat tes pada waktunya. itu aja poinnya…
    kl ada yg tersinggung, gue minta maaf. salam buat semua. ud mulai briefing pagi habis ngopi. mana masi gelap banget ini site. wish u all the best. this is my last comment for a week. bye guys c u next week

  26. anis berkata:

    iya saya juga sangat – sangat kecewa berat ujian yang dilakukan oleh teman saya. dan saya yakin bahwa semua peserta pada waktu itu pasti mengalami sama apa yang di alami oleh teman saya itu. masalah server, login, jaringan, dan lain-lain ….
    sehingga saya sarankan BI harap memberikan kesempatan kedua (Ujian Ulangan) kepada peserta ujian yang lalu. terima lasih

  27. e-7 berkata:

    gue juga termasuk yang ujiannya lancar..ngomong2 pengumumannya kapan ya??
    udah lebih dari seminggu..
    kalau pun memang ada solusi karena ujian kemarin gak fair, semoga cepat diberitahu ya dari ASI ataupun dari pihak BI nya

    gudluck guys

  28. Parmin berkata:

    Sudah seminggu Lebih belum ada pengumuman, tesnya berlanjut nggak ya Bos?

  29. Parmin berkata:

    Mas Kopdang tes BI ini cuman lelucon aja ya? Kok nggak ada kabarnya lagi. Katanya suruh nunggu seminggu setlah tgl 16 November. Udah 2 minggu juga belum ada pengumumannya.

  30. red devil berkata:

    yahhh..mudah2an rekrutmen ini bnr2 adil n jujur jgn ampe cuma formalitas ntr ujung2nya yg masuk masih sodara pegawai BI sendiiri…..tp klo kaya gt y gpp lah…tesnya juga g mencerminkan kejujuran kok….tes online?bs dikerjain + dibantu orang….gmn mo dapet peg yg qualified..awalnya aja udah g sehat kaya gini…..emg y namane indonesia…lom siap tp dpaksain siap….kaya OJK kan mas kopdang?

  31. Parmin berkata:

    Rekrutmen BI saya yakin adil, karena yang pinter ama yang nggak pinter sama-sama nggak ada yang lulus, jadi adil kan. ASI gimana nih test online-nya nggak ada hasilnya.

  32. red devil berkata:

    mudah2an sih gitu gan…….moga2 hasilnya lama ini karena ada solusi dari BI….aku harap sih BI ga lgsg nyerahin 100% k ASI…..tetep memantau….

  33. Parmin berkata:

    Hasil Tes Potensi Kecerdasan secara Online sedang dalam proses ( untuk dilupakan).

  34. red devil berkata:

    setujuuuuuu……tes manual aja lah….susah2 amat harus online

  35. Parmin berkata:

    Tes Potensi Kecerdasan secara Online BI katrok banget .. jadi malu sendiri ikut test ginian.

  36. simbok berkata:

    wahhaahhah iya…masa sekelas BI nyewa lembaga yg g valid 😦

  37. e-7 berkata:

    udah pengumuman tuh..

  38. cahyo berkata:

    alhamdulillah GW GAAAA LOLOSSSS…THX BUAT ASI yang udah membuat gw gagal n rekrutmenya gara2 masalah teknis…….mudah2an amal ibadah ASI dterima di sisiNya….dan buat tes ke 2….ANEEHHHHH tes nya masih online apakah bakal bersih dari KKN itu…huahahhahahhahha…….bravo ASI…………

  39. saiful hendra berkata:

    tes online bi lagi menunggu jadwal selanjutnya.

    semoga kejadian yang pertama gak terulang, saya sampe ganti warnet 10x seharian, mana lagi kerja pula,
    di warnet yg pling cepat koneksinya di bandar lampung saya hanya bisa login dan ngerjain 1 soal tapiiiiiiiiii…… buat lanjut kesoal kedua nya loadingnya sampe 2 menit, untung saya gak menyerah, saya pindah2 warnet sampe akhirnya berhasil login di detik2 teakhir dan lancar, alhmdllah lolos dapet kesempatan tes lagi..

    semoga dapat jadi masukan buat bi.

    terima kasih

  40. Widodo berkata:

    Ya mudah-mudahan yang terbaik yang lolos…

  41. lady berkata:

    mkn sy termasuk slh satu yang beruntung karena tdk mengalami gangguan koneksi waktu test pertama….
    untuk test berikutnya mdh2an tdk terjadi masalah serupa yang dialami oleh rekan2 yang lain..
    oia, mas kopdang kira2 nanti THP nya berapa ya? trus masalah penempatan apakah sesuai domisili atau menyebar ke selindo?

    salam hangat n be + thinkikng guys…

  42. Fickry berkata:

    Rekrutmen BI nggak jelas…. Nggak ada solusi sama sekali untuk yang mengalami gangguan jaringan, yang mana gangguan jaringan itu sendiri dari pihak panita KATRO..
    Jaringan Overload… Solusi nya mana oooiiiiyyyyy…… solusi, solusi…. percuma dong gw sampaikan keluhan melalui email dan telp ke PT. ASU eh PT. ASI…. Solusi…. solusi……. jangan kolusi aja…

  43. parmin berkata:

    @Fickry : sama gan…aku nasib nya juga kaya gitu….gagal karena masalah koneksi…..rasanya sebel banget….tapi g tau ini..PT ASI parahhh abissss…tp pengum dah keluar juga…udah g bs apa2 lagi…mas kopdang ini peg BI kan..apa g bs menyalurkan masalah2 kita ini

  44. Mulyadi berkata:

    Setelah 7 kali login akhirnya gua lulus… Bener-bener Psikotest yang berat selain menguji kecerdasan juga menguji kesabaran dan keuletan

  45. tp_andreas berkata:

    tetap semangat teman-teman….

  46. adhi berkata:

    Teman,
    gak apa2 saya juga gak lolos, yang penting dapat pelajaran bahwa sistem penerimaan karyawan pegaawai BI kita bisa tahu klo itu sebenarnya ga fair. jadi BI itu cuma mau ngetest aja yang daftar itu siapa aja..hehehe..
    salam
    Adhi

  47. parmin berkata:

    @adhi : setujuuuuuuuu………..banyak teman2 gw secara pengalaman udah di bank tp gagal karena masalah dari ASI……namanya juga indonesia…budaya g adil masih ada dimana2…..

  48. pito berkata:

    loh… ada yang gk lulus juga to…
    padahal yang lolos masih berjibun to..

  49. Ricky Novoselic berkata:

    wah… kirain pada lulus semua… coz saya juga sering putus koneksi pas jawab pertanyaan alhasil cuma sebagian pertanyaan yang terjawab….

    mudah²an tes berikutnya tidak terjadi hal seperti kemarin… T_T

    btw mas kopdang nanya dunks… yang dimaksud tes pengetahuan khusus itu ap y..?? tks…

  50. gilang ginanjar berkata:

    saya lagi mengerjakan soal kuesioner pribadi, bukan main lamanya…
    jam 1 mulai tes sesi ini sampai sekarang belum kelar bahkan sampai tiga kali ganti warnet hasilnya sama saja. satu soal bisa sampe 10-15 menit bayangkan ada 136 soal hahahaha *ketawa meringis.. kayanya sih bukan mengisi kuesioner kepribadian tapi menguji kesabaran sejauh mana peserta tes sabar dalam tes online ini buahahahaha.. moga – moga yang lg cuti kerja untuk mengikuti tes ini dapat balasan yang layak. amiiiiinn…..

  51. farah berkata:

    mas kopdang…aku tuh outsorce di BI …katakanlah tugasku bantu staf..udah hampir mirip PTU..mirip bgt….cuma lom ada 5thn…kmrn kan yg internal hrs 5thn..yah walo lom ada 5thn katakanlah aq udah bs handle semua kerjaan dsini…trus abis da pengum 5thn itu akhire yg bs maju dr driver…masa cm gr2 hrs 5thn aq g bs ikut seleksi klo dliat dari sisi penglmn kerja…katakanlah aq lebih baik….tmn2 BI dsini jg g bs bantu…knapa aturan kaya gt bs berlaku..aneh+bingung..

  52. Ricky Novoselic berkata:

    Alhamdulillah… selesai juga…

    tes kepribadiannya kenapa lama bgt y loading nya… T_T

  53. vedmudz berkata:

    ijin ngasih info yah gan…

  54. vedmudz berkata:

    _http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6219600

  55. Dy berkata:

    semangat sajalah…

  56. e-7 berkata:

    diluar bayangan soal PTU Tekniknya pada bagian TPK

    moso yang ditanya tentang AC dan Pondasi2 gitu plus sistem pompa air,.
    Jauh dari jurusan komputer..mungkin yang dicari betul2 yang memahami instalasi air, ac dan listrik kali ya..tapi kenapa jurusan komputer diperbolehkan, bukan jurusan teknik sipil ato elektro ato teknik mesin dll
    soal tentang komputer palingan 3 buah seingat saya..

    betul2 kaget melihat soalnya

    hopeless but optimis ajalah

    • farah berkata:

      betul optimis aja….FYI kerja di BI tuh apalagi d kantor cabang g bisa dipastiin bakalan sama sesuai dengan background pendidikan kita apalagi PTU…jadi siap dengan semua kerjaan apa aja……bisa aja kita masuk bagian yang menerima tamu jadi ngurus n ngatur jadwal tamu yg dateng k BI….beda ama PCPM…jadi be ready guys..oh y..ada info lagi klo yang punya ijasah S1 n g da d3 ati2 aja y…..dapet info klo sampai dterima n dah jadi peg BI bakalan kena sanksi pemecatan n ganti rugi 3x lipat…..g nakut2in cm share info aja jadi klo ampe tahap wawancara be raedy aja semuanya

      • e-7 berkata:

        makasih mbak farah atas infonya..sangat berguna sekali..
        ngomong2 mbak tau gak berapa orang yang bakal diambil dari seleksi PTU Umum kali ini..

        • farah berkata:

          tergantung BI cabangnya.cos ini untuk pemenuhan BI cabang…klo mo liat saingan yg dr outsorce BI buka http://www.ppm-rekrutmen.com…klo PTU umum paling 2-3…teknik 1 logistik 1 pengawas 2-3..kemungkinan d tiap BI

          • e-7 berkata:

            oh berarti PTU ini u/ ditempatkan di semua KBI ya mbak, berarti lumayan banyak juga ya yang di cari..iya, saya liat juga yang di ppm asesmen..saingan kita berarti selain yang sama2 dari umum, ternyata dari internal juga ya yang pastinya lebih berpengalaman dibidangnya masing-masing. Mbak farah sendiri ikutan jalur umum ya karena belum 5 tahun mengabdi?
            gudluck mbak

  57. qory berkata:

    saya lolos tes online tahap pertama tp saya telat tau nya, saya dijadwalkan rabu tgl 08 dec kmrn,,apa ga ada tes susulan???

    • e-7 berkata:

      kenapa bisa gk tau mbak..apa gak dapat sms dan email notifikasi dari rekrutmenbi.com ? kayaknya gak ada ujian susulan tuh, tapi coba aja konfirmasi ke PT Asi nya..mungkin hari senin baru bisa dihubungi..ni ari kan mereka libur ampe besok..

  58. Mulyadi berkata:

    Persiapan udah maksimal.. bandwith 2 MBps , IP Publick , test di Server sendirian.. cuman ngabisin waktu 1 jam.. Mas Kopdang Test berikutnya apalagi ya??

  59. viee berkata:

    kenapa tesnya masih seperti kemarin lola qt bener nyiapin untuk tes itu,tapi kenapa masih kyk kemarin ….. tes kepribadiannya kebanyakan mendingan tesnya tertulis aj jadi qt g kelamaan ngerjainnya ……..

  60. anjar berkata:

    saya hari ini test tahap 2,koneksi internet lmyan ga ada gangguan ngga kayak yang pertama tapi skrang masalahnya saya ngga bisa jawab yang test pengetahuan khusus..hiks3x….Internet lancar tapi otak ngga lancar…:((…..saya pasrah aja kayak yang tahap pertama…:((

  61. lady berkata:

    apesnya kebagian skarang niiih… 😦
    udh nyolong2 waktu kerja..
    test PTU ga maksimal gr2 masalah koneksi inet..
    giliran PTK, soalnya susah..ngomongin BPR…
    giliran Quisioner baruuu deh inetnya gaspoll…..
    hhhuuuahhh…….

    be+ thingking aj daahhh…..
    yang terbaik buat yang melakukan terbaikk….

  62. ayu berkata:

    ia bener apes banget isinya BPR semua, ya pasrah kalo rejeki juga gak kemana 😉

  63. Shany berkata:

    Bwt tmn2 yg da pd ngikut tes PTK kemarin slamat y…
    mg xan bs lo2s lg, termasuk q y? ^_^
    Q jd mrinding sndr kl yg ikut tes kebanyakan dr bank2..
    mas kopdang bs g y org yg lom prnah krj dbank bonafit bs lolos ktes slnjutny???
    hufft..

  64. Mulyadi berkata:

    Pengumuman hasil Tes Pengetahuan Umum, Tes Pengetahuan Khusus dan Kuisioner Kepribadian secara Online akan diumumkan kurang lebih 1-2 minggu setelah 13 Desember 2010. Udah tanggal 27 desember nihh

  65. Angga berkata:

    Selamat Tinggal BI, aku keterima CPNS nih.. “Siapa Cepat Dia Dapat”

  66. Angga berkata:

    MENSETNEG…..

  67. Hollow berkata:

    udah pengumuman tuh!!

  68. Hollow berkata:

    fiuuuuhhhhhhhhhhhhh finally lolos k tes berikutnya 🙂

  69. Angga berkata:

    Lulus tapi Bye……

  70. Hollow berkata:

    ya klo mmg punya ijasah S1 mending cari yg selevel..jd sayang tuch ijasah klo buat tes utk requirement D3, umpama tinju gitu kelasnya da lain bos!!

    • farah berkata:

      bener..lagian klo ketahuan g punya ijasah s1 bakal langsung gugur n ampe klo lolos pun bakal langsung dkeluarkan n dsuruh ganti rugi 3x lipat..klo ampe masih lolos….bakal susah naik tingkatnya ntar

  71. Kuta Rock City berkata:

    ternyata gue lulus… tp ud keterima di oil n gas asing. gue n temen2 mutusin lepasin ptu bi.
    no offense but THPnya kecil banget n proses rekrutnya terlalu lama.
    sukses buat yang masi lolos ya. tetep berjuang n jangan korupsi kl ud di dalem. good luck 2 u all guys!

  72. Joko berkata:

    Emang ijazah S1 bermasalah kenapa sih???

  73. arint berkata:

    mas kopdang, numpang tanya lagi, tes tahap berikutnya, wawancara dan tes tertulis ya?. materinya apa saja ya dan persiapannya apa ya?????

    • Mas Kopdang berkata:

      Bukannya aku uda pernah bahas juga ya di blog. Coba deh cari. Apa iya tes tertulis lagi terus wawancara?

      Biasanya sih ada tes psikiatri kan?
      Terus tes kesehatan..

      Wawancara itu terakhir karena langsung ditangani SDM BI.

      Tapi kalo skr ada perubahan, mungkin bisa juga diubah urut2annya.

      😉

      Sent from my BlackBerry®
      powered by http://kopdang.com/

      • e-7 berkata:

        iya mas test berikutnya Retest dan Wawancara.. bingung juga neh, apa ini tahap akhir?? tapi kalau diliat2 jumlah yang lo2s setidaknya masih ada 3x tes lagi..bingung juga neh mas, wawancaranya apakah langsung dari SDM BI Pusat ya

  74. if dake berkata:

    mas kopdang dan mbak farah mohon pencerahannya!apa iya test tertulis selanjutnya kemungkinan berkaitan dengan perbankan!sedang bidang study saya jauh dari perbankan!
    sebelumnya saya ucapkan selamat buat kawan2 yang lolos sampai tahap ini!tetap berjuang!!
    dan terima kasih sebelumnya buat mas kopdang dan mbak Farah atas informasinya!!
    ganbaree!!

    • Mas Kopdang berkata:

      Wadoh!
      Gak ngerti juga ya apa yg dimaksud tertulis itu terkait perbankan atau gak.

      kata panitianya gimana?
      Seingatku sih, aku dulu ada tes tertulis pengetahuan khusus, tapi lebih ke jurusan ku tuh. Malah lebih banyak pengetahuan umum populer yg masih “anget”.

      Biar keliatan kali ya kalau calon ini emang mau mencari informasi terus menerus.

      Baiknya sih pastikan aja ke panitia, materinya apa.

      🙂

      Sent from my BlackBerry®
      powered by http://kopdang.com/

      • arint berkata:

        mas kopdang, numpang tanya lagi…. kalau aku, misalnya diterima di Test PTU ini , dan masih nglanjutin kuliah S1… boleh gak ya???

        • Mas Kopdang berkata:

          Ya bolehlah. Masa lanjut sekolah gak boleh?

          Esensi dari D3 harus pakai ijazah D3 adalah bahwa (menurutku aja sih), biar ekspektasi saat diterima kerja pun tidak dengan ekspektasi lulusan S1. Maksudnya adalah walau sudah lulus s1 harus mau konsekuen menerima hak dan kewajiban sebagai PTU dengan grade D3.

          soalnya jatah s1 biasanya di BI untuk melamar ke PCPM atau MLE staff.

          Sedangkan D3 bila diterima nantinya dalam golongan grade 2 di bawah staf, atau biasa disebut jabatannya sebagai “PELAKSANA”. Bahasa indianya “clerk”.

          Jadi menurutku kalau dia punya ijazah ahli madya dari D3. Terus lanjut ekstensi s1 ya gapapa. Asal nanti dalam arsip kepegawaian, yang diakui d3-nya.

          Begitu.

          Sent from my BlackBerry®
          powered by http://kopdang.com/

  75. vry berkata:

    Mas Kopdang,,mau nanya nih,,,kalo masalah jurusan Jurusan/Disiplin Ilmu gimana??

    Jurusan saya KOMPUTERISASI AKUNTANSI..tapi waktu isi form aplikasi lamaran online PTU-UMUM saya isi dengan AKUNTANSI,,,,karena di form nya nggk ada pilihan untuk Komputerisasi. Akuntansi..

    Nanti ada masalah nggk ya waktu disuruh menunjukkan ijasah aslinya???

    Terima kasih sebelumnya………………..

  76. Anto berkata:

    Mas Kopdang, kenapa ya untuk Tahap IV ini udah diminta Ijazah n Transkrip Nilai Asli?
    bagaimana dengan peserta yang masih ikatan dinas?
    ijazah n transkrip nilai askli masih dipegang oleh unit eselon I. untuk mendapatkannya ada dua cara:
    1. menunggu masa iktan dinas berkahir, yaitu 10 tahun lagi
    2. keluar dari CPNS/ PNS dengan membayar ganti rugi Rp. 30juta

    Bukankah untuk tahap IV ini belum tentu diterima kan?belum ada jaminan juga dari BI kalo kami keluar dari CPNS/PNS kami akan diterima sebagai Pegawai BI.

    Setahu saya dari baca2 di internet (mengamati rekrutmen BI dari tahun 2007an), peserta diminta menunjukan Ijazah n Transkrip Nilai asli kalo sudah benar2 diterima sebagai Pegawai BI (waktu daftar ulang). Kalo Mas Kopdang dulu waktu PCPM gimana?

  77. gilang berkata:

    Alhamdulillah ternyata lolos juga nih 🙂
    Mau tanya dong Mas Kopdang, klo misalnya pake surat keterangan lulus sementara sama transkrip nilai sementara bisa ga sih? Soalnya ijazah sama transkrip nilai asli belum bisa diambil.. Minta pencerahan ya 😀

  78. enntack berkata:

    @Gilang: dlu kuliah di Jurtim ya?

  79. semesta berkata:

    mohon pencerahan dr mas kopdang n mba farah,,,
    kira2 worth it ga kalo ak resign dr pns dg strata s1 n ambil BI dg strata D3?
    ada kmungkinan pemutihan ga? kalo ada kt mas kopdang kan grade kt ga naik tuh, trus kalo gaji ato smacamnya nambah ga???

    • Mas Kopdang berkata:

      Ya iyalah nambah. Mosok grade naik tapi gaji tetep?
      Kutakmau kutakmau kutakrela kutakrela..

      Oh iya masalah apakah lebih baik ambil mana timbang mana itu sepertinya harus dijawab sendiri.

      Yang penting kan barokah.
      Hihi. Standar banget sih jawabannya.

      😉

      Sent from my BlackBerry®
      powered by http://kopdang.com/

    • farah berkata:

      kan ini buat d3 ya jelas yg dpake d3…mo s1 ato s2 tetep aja standare d3..g bakalan langsung naik..klo mo promosi harus nunggu bertahun2..yang jelas lama 😀

  80. Surya berkata:

    mas utk THP non staff atau setingkat Tata Usaha itu brapa ya? sy lo2s ke tes tulis. mohon di email aja y ke saya.. sbg info gaji sy skrg 2.7jt utk daerah jogja. terima kasih

  81. fajar berkata:

    Mohon info-nya jg dong mas kopdang,THP non staff atau setingkat Tata Usaha itu brapa ya? e-mail ke saya jg boleh mas..
    Thanks.

  82. Angga berkata:

    Mas Kopdang kalo lokasi test di Jakarta bisa minta ditempatin di daerah nggak ya? (Kalo ketrima gitu maksudnya..)

  83. if dake berkata:

    Pngen ngucapin met taon baru ajah buat semua penghuni blok ne!moga taon baru mmberi harapan baru yang lbh baek lagi!moga d beri kelancaran tuk tahap pre test interview pe berhasil mencetak goal!amien

  84. Aris berkata:

    mas kebetulan saya ngelamar sebagai posisi PTU umum n lolos jg di tes ini, yg jadi masalah skrg sy PNS di Pemkot di jawabarat dengan THP sebulan 2.5juta. yang jadi masalah tes selanjutnya disuruh bawa materai 6000 gtu, itu buat apa ya mas…? trus mas klo keterima disini gajinya berapa ya mas dengan posisi yang saya lamar, klo bisa di email ja mas.oia mas klo keterima disini kira2 bukan pegawai outsoucing kan atw kontrak gtu….soalnya saya lg dilema sekali dalam hal ini…?

  85. Tiara berkata:

    Sebelumny met tahun baru y mas kopdang, semoga jadi pribadi yg lebih baik lagi, amin.

    Gini Mas Kopdang, kemaren saya ikut tes ptu-umum, alhamdullih udah sampe tahap 4 katany tes tertulis dan wawancara,,,
    boleh tau nggak y mas, tes tertulis disini maksudny tes ap y,, ap berupa tes pengethuan, psikotes atau tes yang nyangkut ke jurusan kuliah dlu,,, bingung ap yg mau dipersiapkan ???

  86. framdhan berkata:

    Dari awal ikutan tes PTU saya mantau terus blog mas kopdang yg keren ini.. 🙂
    Alhamdulillah saya diterima ikut tes tahap IV..
    Kira-kira untuk tes tertulisnya tentang soal-soal psikotes gitu atau gimana yah mas kopdang?..
    Terimakasih sebelumnya..

    ””’Selamat Tahun Baru 2011””’

  87. farah berkata:

    buat teman2 semua di forum ini dibahas semua mengenai rekrutmen BI…KOMPLIT

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5809380

  88. aryo berkata:

    mba’ farah, mau tanya.. klo jenjang karir PTU itu gmn ya? apa harus tunggu ada yg pensiun atau meninggal dulu baru bisa naik? & yg peling penting sih kesempatan di dalemnya nanti, apa mereka liat berdasarkan kinerja atau cuma lama mengabdi & koneksi aja? thx before

  89. if dake berkata:

    @senior2 mohon pencerahan! denger2 test berikutnya bakal memakan waktu sampai 5 hari neh!jam 8pg-6sore!kira2 test apaan yak!sebelumnya blon pernah ngalamin kyak gnian!its 1st time ikut test BI!
    semoga dapat pencerahan dari senior2!
    terima kasih banyak atas semua info2 sebelumnya!
    ganbarimashou!!!!

  90. lady berkata:

    (* berdoa :
    Mudah2an saya dapat jadwal test hari sabtu (tgl 8)…
    klo ga alasan apa sama majikan di kantor…????

    Mas Kopdang, tanya soal penempatan niyh…biasanya klo pengawas bank di tempatkannya d mana sih?
    saya kan seorang wanita, mungkin ga ya saya ditempatkan di wasior sana….??
    (*berdoa dapet d jkt…..

  91. Marsa berkata:

    Mas kopdang, Alhamdulillah Saya Lu2s tes k 3 dr MEDAN utk posisi pgawas bank pratama, dn berhk ikut tes yg k 4 nnt mas, mw tnya dkit mas, tes k 4 nnt kn tes tertulis dn wwncara,,,, mxd ny test bgaimana ya? apa tes pengtahuan,psikotes,atau yg bhubung dgn pbankan??/, Brapa Org Mas yg akan d trima???

    Yg bgung lg ni mas,wktu awal pndaftran JUrusan sya tdk ada tp Sy pilih KLIK LAIN-LAINYA, sya tkut kl CUMA hanya gra2 tdk ada JUr, sy G jd ikut Tes, Solusi nya Mas??? PLIS….

  92. zulfikar berkata:

    Jadwal test IV jakarta bandung saudah ada di http://www.rekrutmenbi.com

    @ mas kopdang,
    misalkan ada beberapa teman kita yang lulus di BI,
    selanjutnya tahapan apa saja yang harus dilewati untuk menjadi karyawan tetap
    (ada kontraknya gak sih BI ini ??)

    terima kasih banyak atas jawabannya
    salam

    • Mas Kopdang berkata:

      BI tentu saja ada pegawai kontrak, tapi sepengetahuanku kalau rekrut sistem ini (PTU, MLE, PCPM) adanya masa pendidikan (dikontrak selama 6 bulan sampai 1tahun). Biasanya calon pegawai magang di beberapa bagian/satuan kerja termasuk pendidikan di kelas, masa orientasi.

      Ini sih 99% diangkat, kecuali kalau ada masalah serius misalnya bolos melulu, mukul calon atasan, ketahuan dia ternyata agen mosad, dan kegiatan ilegal lainnya.

      Demikian.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by http://kopdang.com/

  93. zulfikar berkata:

    @mas kopdang

    Oh.. oke terima kasih banyak atas penjelasannya

    salam

  94. lady berkata:

    mas Kopdang…soal penempatan pengawas bank gimana nihh…?
    soalna ada rencana ingin menikah..klo tau tau dapet d Mentawai sana yo piye…??

    • Mas Kopdang berkata:

      Kalau penempatan, sebelum direkrut kalau ga salah perlu tanda tangan pernyataan siap ditempatkan di mana saja. Jadi gimana ya?

      Aku pribadi sih malah jauh seneng, kalau perlu sejauh-jauhnya, misalnya kantor perwakilan BI di London atau New York gitu.

      🙂

      Demikian.
      Sent from my BlackBerry®
      powered by http://kopdang.com/

      • lady berkata:

        itu mah saya juga mau atuh…
        kan klo mau jalan2 k edensor jadinya deket… ^___^

        hmmhh…
        tadinya tak kirain biasanya asal domisili jadi bahan pertimbangan untuk penempatan..
        *(ngarep.com
        Baiklah Mas kopdang ,moga2 dapat yang terbaik lah…

  95. ethaathaa.. berkata:

    assalamualaikum,,

    emmm,,, seru juga merhatiin perbincangan di blog ini,,
    mas kopdang, aku freshgraduated,, alhamdulillah aku lolos ke tes tahap IV
    aku lulusan dari akademi sekretaris,, itu kira2 nanti pas registrasi ulang di UI, bermasalah gak yah? soalnya di form pendaftaran qualif nya yg dibutuhkan itu administrasi perkantoran dan kesekretariatan,, itu gimana mass? nanti aku udah jauh2 ke depok eh malah di reject ijazahku,,, ( jangan sampai dehhhh ya Allah )

  96. saya berkata:

    buat temen2 yang lolos tahap selanjutnya.. selamat dan berikan yang terbaik ya utk menjalankan tahap2an tes..

  97. asep berkata:

    Wah seru juga nih obrolannya, boleh nanya juga mas,kebetulan saya juga lolos dan test tahap 4, mengenai THP yang di dapat untuk PTU ini kira2 berapa ya, terus penempatannya apakah di sesuaikan dengan lokasi domisili ga ya? soalnya saya juga sudah lulus cpns dan sudah pemberkasan di salah satu lembaga tinggi.. balesnya via email aja ya mas (terima kasih)

  98. Pram berkata:

    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته.
    Seneng juga ni dapet pencerahan tentang bi dr blog ini, mas kopdang ada beberapa pertanyaan yang sy pengen tau nich:
    1. Sm kyk tmn 2 lain kpengen tau THP buat PTU umum? ( ke email aja klo bisa)
    2. Apa bener peg BI ga boleh nikah sm peg Perbankan?
    3. Kira udh tes ke IV berapa kali test lagi mas..

    • Mas Kopdang berkata:

      Thp? Apaan tuh?
      Nikah boleh lah. Sama siapa aja saling cinta. Tapi kalo jodohnya sama peg BI juga salah satu kudu cari napkah di tempat lain. Kalau sama lingkungan perbankan ya boleh dong..

      Tes biasanya 5- 6 tahap. Ga tentu juga sih ya.

      Demikian.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by http://kopdang.com/

      • aulia berkata:

        Help me
        Mas Kopdang dan mbak farah, kemaren saya ikut tes ptu-umum, alhamdullih udah sampe tahap 4 katany tes tertulis dan wawancara,,,
        boleh tau nggak y mas, tes tertulis disini maksudny tes apa ya,, ap berupa tes pengethuan, psikotes atau tes yang nyangkut ke jurusan kuliah dlu,,, bingung ap yg mau dipersiapkan ???
        mengenai THP yang di dapat untuk PTU ini kira2 berapa ya, terus penempatannya apakah di sesuaikan dengan lokasi domisili ga ya? balesnya via email aja ya mas (terima kasih)

  99. Yullya berkata:

    Pada saat test 1 memang sempat tidak bisa tetapi akhirnya ada penjadwalan ulang, tahap ke 2 saya sempat bermasalah karena selalu minta password admin, dan saya tanyakan kepada pihak IT, bahwa tidak ada block untuk internet dikantor sampai jam 4 saya belum bisa mengikuti test tersebut, tetapi saya pindah ke komputer teman saya akhirnya bisa dan saya selesai mengerjakan test tersebut dimenit-menit terakhir yaitu sudah jam 5 sore. Benar ada beberapa komentar sebenarnya bagaimana kepintaran kita dalam mencari solusi terhadap masalah tersebut. Bukan membela BI akan tetapi karena mungkin ingin mencoba menggunakan test online sehingga kendala yang tejadi akan terlihat pada saat test tersebut dilangsungkan, sehingga bisa jadi pembelajaran untuk lebih baik kedepannya dan bisa memberikan kesempatan kembali kepada yang lain. Syukurnya saya lulus untuk tahap selanjutnya test tertulis dan wawancara, akan tetapi yang sedikit disayangkan persayaratan tersebut untuk latar belakang pendidikan D3 sedangkan saya lulusan S1.
    Dan saya sudah mengirimkan email ke rekrutment BI untuk menyakan dan meyakinkan bisa atau tidaknya untuk latar pendidikan S1. kalau memang tidak bisa jadi saya tidak perlu menghadiri tahap selanjutnya dan mungkin lebih bersabar kembali.
    Terima Kasih

    • vikarkyo berkata:

      @Yullya

      Mungkin ada baiknya jika mbak langsung menanyakan melalui fasilitas chat di http://www.rekrutmenbi.com
      karena pengalaman saya kirim email tidak pernah dibalas,

      salam

      • Yullya berkata:

        oh, iya sudah saya email, memang belum ada balasan. Sebagian yg datang ke Balairung UI untuk S1 dan sempat berbicara dengan beberapa orang banyak yang mengungkapkan kekecewaan karena hanya untuk D3, bahkan ada yang rela tidak masuk kerja dan bangun pagi2. Saran saja untuk ASI dan BI waktu Implementasi awalnya dibuat penetapan security key seperti tersedianya kategori pilihan jurusan D3 dan S1 sehingga langsung menolak apabila tidak sesuai dengan standar persyaratan. Karena menggunakan jasa konsultan dan pihak BI jadi seharusnya membuat seperti guidelines, seperti lowongan CPNS untuk IPK yang tidak memenuhi standar pada saat mendaftar online langsung menolak tidak dapat lanjut ketahap selanjutnya. Dan PT ASI memberikan alasan “tidak tahu diluar wewenang penyelenggaran dan juga bahwa itu kewenangan dari Pihak BI”. Karena tidak bisa ya sudah makan bakso rudal dan kuliner makanan diseputar kampus UI “takor” dll dan Depok uenakkk tenan

  100. anjar and the backbone berkata:

    om kopdang minta tolong wejangannya nich,saya sudah diterima di DKI tapi ternyata BI lolos ke tahap IV untuk posisi pengawas bank pertama(itu jobdesknya apa aja selain ngawasin bank) saya jadi bimbang untuk melanjutkan test BI,apakah saya lanjutkan atau tidak coz banyak pertimbangan seperti gaji,karir dan lokasi penempatan,kalo di DKI udah pasti di jakarta paling jauh di pulau seribu,kalo gaji di DKI lumayan untuk ukuran JOMBLO (ada cewek yang minat daftar,hehehhe) tetapi karir kayaknya susah untuk berkembang sedangkan di BI saya tidak tahu Take Home Pay nya berapa dan jenjang karirnya dan kesempatan beasiswa belajar bagaimana?trus kalo gaji kabarnya tahun2 awal kecil tapi tahun2 berikutnya lumayan,sedangkan yang saya takutkan adalah penempatannya,saya sendiri agak berat kalo ditempatkan di luar pulau jawa(kalo bandung,yogya mau sich) misalnya kalo saya lolos BI…..jadi saya mohon nich ama om kopdang untuk meluangkan waktunya sebentar untuk memberikan pendapatnya tentang gaji BI dan karirnya gimana (kabarnya lama ya naiknya??) sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan saya…mudah2an bisa dijawab malam ini dsini atau ke email saya (kalo om kopdang begadang) or besok pagi(maksa bgt ya saya…hehehhe) coz besok dah mau test..heheheh…thaks before nich om

  101. pram berkata:

    @ mas kopdang
    maksudnya take home pay mas..
    Kirim ke email ku aja klo bisa mas..
    Makasi

  102. Luffy berkata:

    Menurut info temen gw yg kerja di BI,, THP PTU yg baru diangkat pegawai tetap -+ 4 jt an
    masuk BI paling mantap lewat jalur PCPM, langsung staf,, dan memiliki golongan yang lebih tinggi dari PTU..

  103. lubis berkata:

    mas saya ingin menanyakan kira2 ujian tahap IV kyk mana y?? apa saja yang mesti saya persiapkan?? gmn mnrut mas apakah tes ini bisa dimanipulasi atau tidak?? oh ya kok sampe saat ini saya belum bisa nengok lokasi n jadwal ujiannya ya?

  104. wahyu berkata:

    Pak kalo PTU teknik di BI take home pay berapa?n job description di BI ngapain?makasih

    • farah berkata:

      tugas PTU teknik tuh nanganin klo ada jaringan rusak..komputer rusak..biasane ngatasin yg berhubungan dengan teknik d dt4tin d sumber daya

      • eka berkata:

        Alhamdulillah lulus tahap IV.
        mbak farah mo nanya dong,,tes wawancaranya itu gmn ya??ma konsultannya apa lngsung sama user??
        tinggal brp tes lagi sih untuk PTU ini??
        jadi deg2an juga..(bles via email aja ya..makasih)

        • ivana berkata:

          @ mbak Eka : mbak mau nanya , lokasi mbak ujian dimana ya ? lansung di umumin ya tes tertulisnya mbak ? btw, tes tertulisnya materinya ttg apa ya mbak klo bole tau ?? 🙂 trimaksih sebelumnya…

  105. heri berkata:

    MAs Kopdang?

    kira kira gajinta berapa sih??

  106. heri berkata:

    mas e Kopdang

    Kira2 gaji Setingkat PTU Teknik berapa sih?
    dshare aja kang mas biar semua tahu dan nga tanya-tanya lagi?
    kok diperlukan pengalaman 2 tahun?berarti gaji bisa saman dengan S1 dong
    mohon tanggapannya kang mas

  107. Agung S berkata:

    Mas Kopdang?

    Tanya dong gaji masa training atau OJT sebelum diangkat berapa ya mas? kirim ke email ku aja ya mas..

    Terus klo penempatan itu disesuaikan sama background nya atau tidak misalkan IT ya ke IT

    denger klo IT kebanyakan ditempakan di pusat ya mas ( Jakarta )

    Tks

    • Mas Kopdang berkata:

      masalah gaji aku gak mau jawab ah.
      itu kan uda ada standarnya.
      gak ada nego gaji soalnya.
      pengalamanku jaman di kerja di lembaga swasta, baru masuk uda eyel-eyelan sama user masalah gaji.

      lha kalo masuk BI sudah diatur je. Termasuk tunjangan kesehatan, indeks konjunctur tiap kota penempatan yg berbeda, pokoknya mah intinya satu.

      cukup.

      gak lebih juga gak kurang.
      🙂

  108. bampox berkata:

    mas, aku ngirim emali ke mas kopdang, mohon dilihat ya?
    terima kasih…

  109. wahyu berkata:

    mas kopdang yang baik,kalo gaji pegawai BI sumbernya dari APBN bukan??

    • bampox berkata:

      wahyu:
      ane bukan mas kopdang, tapi ane boleh jawab gak?
      gaji pegawai BI bukan dari APBN, tapi diusahakan oleh BI.

      gaji yang dari APBN tuh PNS.

      besarnya gaji pun diatur oleh Dewan Gubernur, tapi tetep dengan persetujuan dengan DPR. hal ini diatur dalam UU no 23 tentang BI seperti diubah terkahir dalam UU no 4 Tahun 2004, baca aja.

      dari laba BUMN juga bukan koz BI bukan bank komersial.

      sepertinya dana ini diperoleh dari anggaran operasional BI yang merupakan bagian dari Anggaran Tahunan Bank Indonesia (ATBI).

      terus BI juga punya wewenang terhadap pengelolaan cadangan devisa, nah mungkin dari sini anggaran operasional BI berasal.
      mohon maaf mas kopdang kalo salah. akan senag jika dikoreksi 😉

  110. ANTO berkata:

    Dear All,

    Menarik juga membaca ini…
    btw, mslh gaji ya….

    1. Mungkin memang sudah ada standar nya, tetapi kita (saya) masuk dengan pengalaman kerja yang cukup lumayan lama… mudah2an ada pertimbangan

    2. Pada saat apply application kan tertera gaji saat ini dan gaji yang diinginkan… dari situ mudah2an ada pertimbangan (kra kebanyakan awal ekspetasi nya dari situ… hehe )

    Mas kopdang Yth.,
    trimks atas penjelasan2 slama ini kpd teman2…. sukses selalu….

    note :
    @profile : sy jg menunggu hasil tes terakhir dan di operator telco sudah 7 tahun sbg pegawai tetap
    sy sendiri sekarang jadi bingung jika mslh gaji seperti apa yang disebut2kan sebelumnya… tapi walaupun bagaimana pun sih, yang penting sudah mencoba dan menjadi pengalaman baru.

    salam… sukses semuanya… great !!

  111. sidoarjosser berkata:

    mas kopdang,,,mo nanya nih.kira2 klo di bi masalah mutasi tuh terencana g?
    maksudnya apabila penempatan disuatu daerah bisa ditentukan kita akan kerja didaerah tersebut sekian tahun,,,jd kita dah bs nentukan planning kedepannya.
    tolong dijawab ya mas, umpama pola mutasi di bi enak saya mo pindah aja,,,soalnya saya sdh pns yg harus mutasi se-indonesia terus sampe pensiun,,,cuma y gitu pola mutasinya agak kurang jelas jadinya kita g punya planning bwt kedepannya,,,kalaupun punya kebanyakan gagal.hehehe

  112. Luki berkata:

    Bingung juga nihh ikutan BI atau Pegadaian ya? Kalo BI kayaknya waktunya masih lama yaa..

    • sidoarjosser berkata:

      kalo mau di pegadaian gpp gan.gajinya termasuk tinggi juga walopun baru (tahun pertama 4,8jt tahun kedua bisa jadi 6 jt-an setahun bisa 21x gaji–tu penerimaan S1).tapi kalo dah ketrima jgn jadi sombong gan,,,pengalaman mantan ane setelah dia masuk pegadaian ane langsung diputusin gara2 dia ngerasa gajinya lebih tinggi daripada ane (jadi sombong gitu) dah gitu dah g ketauan lagi gimana kabarnya sekarang.
      piss gan jadi curhat dikit.hehehe

      • diel berkata:

        ane lepas tesnya pegadaian krena jadwal tes GAT nya bentrok ama BI gan.. huhuhu…
        ane pilih BI krn:
        1. penerimaan untuk D3 jarang diadakan
        2. udah lulus smpe tahap 4
        3. berharap mudah2an lolos, penempatannya ga smpe di pelosok kyk pegadaian
        4. pegadaian biasanya 2-3 kali rekritmen dalam setahun, jdi masih ada harapan jika ga lolos di BI, hehe

  113. marsha berkata:

    ASSalamualaikum mas mw nanya ne,,, ujian thap k IV ni, ada brpa thap lg ya mas???
    coz bsk sbtu tgl 22 sy akn ujian dn mggu 23 jan tes wwncara nya? trus stlah itu ada lg g y mas ujian nya????
    mw nanya mas,,,, kl wwncra kira2 a ja yg akn dtanya y mas kopDang???
    PLISSS mAS BLS y,,,,

  114. audi berkata:

    dear mas kopdang/mba farah

    tks buat info2ny.. Sya mau mhon bntuan infony.. Kira2 penerimaan utk PCPM ke 30 kpn y ? Trus d situs mna rsminya.. Klau blh tau jga pnrimaan MLE kpn y ? Trus MLE trhitung max brp thun sjk lu2s y.. Makssh bnyak sblmny mas kopdang/mba farah..

  115. mas kopdang berkata:

    mbak audi, kalau mengenai jadual PCPM dan MLE tidak bisa ditentukan.
    1) aku bukan di bagian SDM
    2) biasanya juga dilihat kebutuhan SDM juga. Jadi ga mirip rutinisan kayak tahun ajaran. Bisa tiba@ nongol, bisa juga lama gak nongol..

    begitu dan maap.
    🙂

  116. sidoarjosser berkata:

    mas kopdang pertanyaan ane kok belum dijawab T_T

  117. Gendis berkata:

    Saya tidak habis fikir, kenapa instansi sekelas BI kok mempercayakan rekrutmentnya kepada instansi yang sangat tidak profesional.. harusnya ada jadwal yang pasti, tanggal tes, tanggal pengumuman, tahapan tes.dll. tentunya ini sangat MENGECEWAKAN

  118. e-7 berkata:

    maaf, salah ketik 😀

  119. KodenK berkata:

    Setelah itu medical check up & Psikiatri bagi yg lolos, bener ga…..
    Truss, psikiatri tuh seperti tes apa sih …

  120. bob candra berkata:

    mas kopdang..saya pendatang baru di kopdang….
    .mas mohon di email kan ya…brapa pendapatan gaji sebagai PTU di Bank Indonesia…
    penting buat saya mas sbgai pembanding,,,,trimakasih mas sblumnya

  121. wahyu berkata:

    buat gambaran gaji di BI,baca vivanews.com edisi kamis 27 jan 2011 “gaji pokok pegawai BI”>betul ga mas kopdang?

    • kodenk berkata:

      masa gaji pegawai BI utk PTU kisaran 800rb – 2,1jt ya,,,
      ga salah tuh.. klo emang bener segitu,,, jd mikir2 nih….
      smoga itu bukan THP nya,,

  122. Dian Honestty berkata:

    Assalamualaikum…

    Mas Kopdang bisa share gak kalo PTU Analis / Pelaksana Logistik Pertama itu jobdesknya seperti apa yach ?

    Makasih buat jawabanya 🙂

    Wassalammu

  123. wahyu berkata:

    temen2 mau ngecek kelulussan rekrutmen BI.coba http://www.rekrutmenbi.com/search8.php

  124. wahyu berkata:

    temen2 mau ngecek kelulussan rekrutmen BI.coba (http://www.rekrutmenbi.com/search8.php).daripada nunggu tgl 21 hehehe

  125. Angga berkata:

    Kesempatan Berkarir di PT Telkom

    Untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia yang berkualitas tinggi, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk membuka kesempatan khusus bagi alumni INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM (IT TELKOM) untuk berkarir bersama PT Telkom, dengan ketentuan sebagai berikut :
    A. Persyaratan Umum :
    i. Warga Negara Indonesia
    ii. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah kerja PT Telkom
    iii. Belum pernah mengikuti Seleksi Calon Karyawan PT Telkom
    B. Persyaratan Khusus :
    i. Tingkatan Pendidikan : S1 dan S2
    ii. Jurusan / Program Studi : – Teknik Elektro – Telekomunikasi
    – Teknik Informatika
    – Teknik Industri
    iii. Tahun Lulus : 2009 dan setelahnya
    iv. IPK : – S1 Minimal = 3.00
    – S2 Minimal = 3.25
    v. Usia pada 1 Januari 2011 : – S1 Maksimal = 25 Tahun
    – S2 Maksimal = 29 Tahun
    C. Tata Cara Pendaftaran
    i. Surat Lamaran Ditujukan kepada SGM HR Center PT Telkom, dengan dilampiri :
    1. CV
    2. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai Akademik yang telah dilegalisir
    3. 2 Lembar Pasfoto ukuran 3X4 cm
    ii. Surat Lamaran Lengkap Diserahkan melalui CDC-ITT, Paling Lambat Tanggal 24 Februari 2011, dengan mencantumkan NIM dan Nama di sudut kiri atas amplop
    iii. Pelamar Wajib Mengirimkan Biodata Singkat Yang Dapat di download melalui website http://infocomcareer.com, serta mengirimkan kembali ke email cdc.ittelkom@gmail.com dengan Subject TELKOM-[NIM MAHASISWA], Paling Lambat 23 Februari 2011. Untuk Pengiriman Email dan berkas Hardcopy diharapkan sesegera mungkin dikarenakan terbatasnya kuota yang disediakan.

    link download form biodata : http://www.4shared.com/file/HfziBZDV/Biodata_PT_Telkom.html

  126. bampox berkata:

    mas kopdang, email ane ga dibales2,hikz..

    ga nanya masalah THP kok..hehe..

    bales ya mas..:-)
    ane ngirimnya ke: kopdang@gmail.com

  127. bampox berkata:

    mas kopdang, udah aku resend…
    makasih..

    pengirimnya bampox ya..

  128. deny berkata:

    Mas Kopdang, mohon pencerahan donk…

    Alhamdulillah neh lolos tahap IV…
    tahapan selanjutnya apa ya…? mohon tips & triknya donk? kira2 msh bnyk lg kah tahapn testnya…?

    Terimakasih atas pencerahannya…

  129. Cakra berkata:

    Dear mas Kopdang,

    Alhamdulillah, saya lolos Tes Tertulis dan Wawancara, tapi koq di websitenya BI gak ada keterangan apa2 lagi perihal tahapan selanjutnya?? Saya call Helpdesk BI gak ada yg angkat, saya tanya lewat email blm dijawab-jawab. Mohon infonya mas. Thx.

  130. Ricky Novoselic berkata:

    Mas Kopdang… Mohon Pencerahannya apa aja yang di tes..??

    misal tes telinga, mata, gigi dll…

    Mohon di reply mas kopdang tks.. 😀

  131. tina berkata:

    mas kopdang.. barusan sy sdh kirim email, tolong d jawab n bales yaah.. makasih

  132. Dian Honestty berkata:

    Assalamualaikum

    Untuk pertanyaan jobdesk PTU Analis atau pegawai logistik pertama kok belum dijawab mas? mohon informasinya

    Wassallam

    • kopdang berkata:

      PTU analis? aku gak ngerti, tapi kalo logistik, mungkin mengenai administrasi pengadaaan dan pemeliharaan seluruh proyek BI kali ya..
      itu di BI ada yg namanya UTPJ, uraian tugas pokok jabatan, nah persisnya masing-masing jabatan pasti ada jobdesknya. masalahnya cuma satu, aku gak tahu aja utpj semua jabatan.
      hihi.

  133. baron berkata:

    mas kopdang saya denger tes kesehatannya lengkap ya mulai dari jantung, periksa ambeien,dll.. share donk mas tes kesehatan pas mas tes dulu apa aja?

  134. romy112233 berkata:

    seru juga coment2nya. hahahhaha.. salam kenal semuanya.. yang penting berusaha. apapun itu dah menjadi yang terbaik buat kita semua… tetap semangat kawan2 ^_^

  135. ditu berkata:

    samlekum om kop,

    mau tanya,,kalo udah sampe tahap akhir wawancara dokumen apa ajah yah yang harus disiapin???
    makasih atas info n penjelasannya,,

    Regards,
    ditu

  136. kopdang berkata:

    ya, santai aja, pasti dikasih tahu kok sama SDM.

  137. anjar berkata:

    mas KOPDANG mau curhat/share nich…sebelumnya nangis dulu…hiks…hiks…saya kmr lolos thp wawancara tapi saya ngga lanjutin test psikatrinya coz kebetulan lagi di solo…sbnernya bisa sich kalo dipaksain ke jakarta,tapi saya dah nanya temen yang dah 6 th kerja di BI sebagai pengawas bank pertama,katanya kalo d3 itu gol j2 dan dari j2 ke j3 itu bth waktu 8 th ya,dan ga ada beasiswa,dan katanya bisa sakit hatiiiii kalo liat yang s1,coz katanya kerjaannya sama bedanya cuma dia atasan kita,kita bawahan (mas kopdang ga termasuk..hehehe)dan gaji sblm diangkat 2jtan,setelah diangkat 4jtan dan katanya kalo naik cuma 50rban…hehe,mungkin enaknya sich kalo pengawas bank pertama ada uang dinasnya dan katanya kalo di BI enaknya ada tunjangan kesehatan full cover…saya cuma sedikit nyesel karena keren aja kalo masuk BI…(kepala tegak dikit kalo ditanya mertua)dan kerjaannya sesuai bidang saya..tapi cuma mentok di THP aja…kebetulan saya lulus DKI juga dan kalo dibandingkan THPnya masih okean DKI,bner ga sich yang dikasih tahu temen saya itu tentang BI…tolong bales ya mas kopdang

  138. cnc berkata:

    mas kopdang..ane udah baca blognya semenjak rekruitmen bi buka..tolong pencerahannya dong mas kopdang tentang jobdesk+gajinya PTU teknik…kirim email ke ane aja mas…makasih banyak

  139. yudi berkata:

    mas kopdang, kalo PTU teknik penempatanya dmna?
    kerjanya apa aj?
    gajinya brapa ya?
    makasih mas

  140. Erza berkata:

    Mas Kopdang, Apa kabar?
    Mau tanya, apakah mas kopdang tahu kapan y kira kira PTU kembali pmbukaan?

  141. mira berkata:

    obrolannya seru banget, nambah banyak pengetahuan tentang seluk-beluk BI 🙂
    btw, boleh numpang tanya ga?? saia alhamdulillah udah tes kesehatan, tinggal wawancara akhir dengan pejabat BI.. klo boleh tau, biasanya untuk wawancara akhir itu dipastikan bisa lulus ato belum tentu?
    terus kalau sudah lulus, apakah kita menjalani training di luar daerah atau masih di daerah tempat kita ujian?

    _terima kasih_

  142. Agg berkata:

    Dear All,bagi yg lolos kesehatan tes wilayah jakarta, cek deh apa lokasi kesehatan kamu ada yang berubah, ini aku alamin aku udah tes di Rs. Pertamina karena memang jadwalnya tanggal 17 Maret 2011 di Rs. Pertamina, tapi tanggal 23 setelah aku cek tanggalnya sama tp Lokasinya di Bidakara Medical Center (BiMC)pada aku udah tes di Rs. Pertamina…

  143. Nur berkata:

    @agg
    iya sama,saya juga begitu..
    btw pengumumannya kpn ya??

  144. deny berkata:

    Iya ya, kapan ya pengumumannya…???
    udah sebulan neh dari waktu test kesehatan… H2C 🙂

  145. nyet-nyet berkata:

    dear mas kopdang,

    mo tanya nih, untuk test kesehatan hasilnya diumumin kpn yah?, soalnya udah 1 bulan lebih 🙂

  146. ita berkata:

    Yupppsss…udah 1bulan lbih nih sjak tes ksehatan..kok blom ada kabarnya y kawand2?????hmmm…Mas Kopdang,,emang biasaya lama ya???
    Q Menunggu…………

  147. deny berkata:

    Dear mas kopdang,
    Pengumuman hasil test kesehatan udah keluar neh….mohon info dong kira2 pertanyaannya seperti apa? tentang fungsi & tugas BI gt ato gmn?

    Makasih ya mas Kopdang…..

    Selamat ya bwt tmn2 yg lolos, yg blm lolos jgn berkecil hati, msh banyak kesempatan yg lainnya ato tahun dpn kan jg bisa… 🙂

  148. lepo berkata:

    assalamu’alaikum…. mas kopdang….
    Alhamdulillah aq lols tes kesehatan….menuju tahap akhir test wawancara….ada kisi2 gak ap yg mungkin perlu d persiapkan ketika wawancara…tanx…

  149. Mas Kopdang berkata:

    Waalaikum salam ..
    Hey Lepo,

    Many thanks for your question.

    Currently me offer comprehensive help and support via the forums on Karir88 – and I’m sure we’ll be able to help you out.

    All you have to do is to login to the site (just use the bar at the top): http://karir88.com

    After that, please visit the forums

    http://karir88.com/groups/perbankan/

    The reason i do this is two-fold, first up were me to provide personal comment support to all users i wouldn’t have time to develop any others!

    And also, help in the forums can benefit everyone and you’ll be able to get help from other members of the community….

    You may even find some of your answers already solved by searching there.

    Thanks again for giving me a question. :)and i hope that you have a great interview .

    MK
    http://Karir88.com

  150. Agg berkata:

    Mas Kopdang,

    Kalau udah test wawancara akhir, peluang di terimanya berapa % ya? Terima kasih

  151. lepo berkata:

    Okay…thx Mr. Kopdang…

  152. lepo berkata:

    => Agg
    test wawncra jga y?
    Alhmdullh aq jg….dah kluar jdwlnya blm…?dulu tes daerah mna?aq solo bsok intrvw d semarang tp blm kluar jga jdwlnya kapan…aq ikut pengawas bank pertma…kmu?

  153. deny berkata:

    Dear temen2,
    pengumuman jadwal di web ada gak? ato hanya lwt email? was2 jg neh kalo ternyata email q error..hehehe

    Tmn2 dari Jatim yg test di KBI Sby udah ada jadwalnya belum ya..? aq smpe skrg blm terima email neh….

    Makasih

  154. lepo berkata:

    @>> Deny & Agg…. ea lewat email…aq dlu pernah dikirim email pas lolos tes sebelum psikiatri…hbis itu gk pernah d email lg…paling lewat web…yah smoga gk ada almt email yg error or gk ke kirim…aq yg solo ikut tes di Semarng cma belm kluar jdwlnya kpn tes wawancara….pokokny Sukses buat kita semua….Amin…ad yg tau gak berapa yg d butuhkan untuk masing2 formasi?

  155. deny berkata:

    @Agg & lepo —> Selama ini aq mengandalkan lewat web, sms ga pernah terima, email pernah seh tp ga pas setiap tahap dpt email…smoga jadwalnya ada yg lwt web jg ya…infoin ya klo udah dpt jadwal, takut terlewat neh…hehehe
    @ lepo : wah, qt sama2 Pengawas Bank Pertama neh…. 🙂

    Ammmiinn….smoga qt lolos smua ya.. 🙂

  156. lepo berkata:

    =>kang deny…..yups….amin….siap kabar2…
    sms dlu pernah dapt, tp cuman pas awal2 setelah test online…hbis itu lewat web ma email…habis psikiatri cma lewat email…

  157. Agg berkata:

    @ All, sama2 sharing info ya kalo dah keluar jadwal kapan kita wawancara, klo tempatnya kan udah lewat web, mudah2an tanggal nya diupload di web juga.Atau mungkin yang udah ikut wawancara ada pegalaman lain ttg pengumuman tanggalnya di web apa email?

  158. lepo berkata:

    => All….
    bsok pas intervw d suruh bawa surat perjanjian kerja dengan perusahaan saat ini ya??
    di tempatq gk da tu surat perjanjian kerja…adanya cuma surat keterangn kerja…sama gk ya???thx…mohon pencerahannya

  159. Agg berkata:

    @leppo, bawa aja dokument yg ada hubunganya sama perusahaa sekarang, emang udah diemail ya tanggalnya?di web di umumin ga?

  160. Agg berkata:

    Dear All,

    Coba cek email, saya barusan udah diemail tanggalnya…

  161. Mas Kopdang berkata:

    kok gak pada pindah ke http://karir88.com/ sih
    ??

    kan format buat diskusinya lebih enak?
    soalnya bentuknya forum, kayak kaskus, .
    bukan blog.

    hihi. itu juga aku buatin khusus diskusi.
    🙂

  162. lepo berkata:

    =>Agg….oh ya…aq belum tu…aq ikut semarang….tmpt mu kapan? ntar share y intrvwnya seperti ap….thx infonya

    =>Mas Kopdang….udah kok….saya sudah masuk ke forum karir88, tinggal temn2 yg laen ni…ayo kta pindah aj

  163. chiew berkata:

    ada yang ambil PTU Umum BI gk??
    yg wilayah BDG blom dapet email jadwal wawancara jg niyh mpe skr… 😥

  164. lepo berkata:

    =>chiew……aq pengawas…tes d semarang…hari ini baru keluar jadwlnya, bsok tgl 23 Mei ujiannya…kayaknya sih emailnya d kirim ke 18 alamt…jd kemungkinan untuk yg jateng 18 orang…tp belum tau formasi keseluruhan atau gk…

  165. deny berkata:

    @ lepo…..
    wah, jateng udah dpt jadwal ya…? jatim belum neh… 😦
    Btw, dicantumin di web jg gak jadwalnya..?

    tengkyu ya….

  166. lepo berkata:

    => denny…d web gk ada…infonya tetp waktu melalui email…ketika saya terima email kemarin d sebutkan waktu pelaksanaan untuk yang semarang tgl 23 Mei, trus saya baca emailnya kira2 ada 18 alamt email yg d tuju,jd mungkin mash ada 18 orng se jateng yg interview d semarng…smoga aj itu jumlah total utk 5 formasi, jdi kira2 per formasi ada 3-4 orang….kita berdo’a aj dpt yg terbaik buat smuanya…dan besok interview tinggl kelngkapan data dan kesanggupan aj yg d bicaraka….atau klo boleh tau misalkan ada usser lain yg udah intrview jg mohon d share dunk pengalaman interviewnya….thx….

  167. deny berkata:

    —> lepo…
    Alhamdulillah udah dpt emailnya neh….
    Jadwal q hari Selasa tanggal 24 Mei besok….
    berdoa, smoga ketrima smua ya…Ammiinn…

  168. lepo berkata:

    => deny…ea amin…..jgn lupa kabar2 ya

  169. huda berkata:

    askum smua.. Mo nanya ni dah ad yg ditelpon blum perihal hasil interview akhir

  170. Ryan berkata:

    adakah yang mendapat konfirmasi dari BI perihal kelulusan dan pendidikan???
    sampai sekarang saya masih belum mendapatkannya

  171. lepo berkata:

    Sama…semua masih H2C….smuga smua lolos…..

  172. Mas Kopdang berkata:

    ya enggak mungkin lah semuanya lolos.. 😀

  173. lepo berkata:

    😦
    kasih pencerahan dunkz Om Kopdang…..pengumuman tak kunjung keluar ni…

  174. loud berkata:

    ada kabar katany pengumumanya setelah puasa dan lebaran ,,, kalo benar adanya, bisa kelamaan, banyak yang dipertaruhkan dari hasil pengumuman ini,,, kalo hasil ny memuaskan sih pasti terbayar, gpp nunggu jg. tapi kalo misalnya hasilnya tidak sesuai dengan harapan, sia-sia sudah waktu yang terbuang untuk menanti,, maap neeh jadi curhat

  175. lepo berkata:

    dpt info dr mna gan??..klo saya sih ya ada positif negatifnya lah kalo pengumumannya setelah lebaran….positifnya ane mash kerja d tmpt lma…jd kemungkinan masih dapt peluang THR dari kantr lama he2…negatifnya planing ke depan jadi mundur….kasian juga temen2 yg udah terlanjur resign dari tempt kerja yg lama….nganggur smp habis lebaran…ya paling tidak ada pencerahan lah…pengumumannya tetp sekitar Juli ..kemudian masalah pendidikannya maupun pemberkasan yg setelah lebaran jd sudah ada titik terangnya….he2….trims…mohon yg punya pencerahan atopun info yg lain mohon d share kpd seluruh peserta yg masih H2C ini…trims…

  176. komeng berkata:

    iya nih ,,
    mau nambahin mas lepo ,,
    ya memang sih kita bisa dibilang “butuh” bahkan “berharap” sama rekrutmenbi ini ,,tp juga ada sedikit perytanyaan ,,kenapa pengumuman wawancara sampai dengan sekarang blm keluar ??
    seenggaknya pengumuman itu keluar dahulu, mengenai waktu pendidikan dll bisa dijelasin di pengumuman tsb,
    jd engga menggantung buat temen2 yang mau resign, lebih2 yang skr ada di masa kontrak (sprti aku), karena setelah masa kontrak habis jika mengundurkan diri akan dikenakan penalty ..
    tp gimana lagi ,, yang namanya kita boleh mengharap.

    saya salah satu peserta wawancara akhir rekrutmenbi di KBI sby, disana sebelum pelaksanaan test diumumkan bahwa pendidikan dimulai tg 1 juli, dan diharap unutk segera menyelesaikan tangung jawb di tempat kerjanya ,,dengan syarat mendapat tlp dr pihak BI,(yg tidak diterima akan dikirimkan surat),,,
    tpsampai dengan saat ini saya buka rekrutmenbi dsiebutkan hasil test belum dapat disampaikan..

    sekedar share aja ,,
    apakah diantara agan2 ini sudah ada yang mendapatkan tlp dr pihak BI ??

    @maskopdang : maaf mas saya uda coba buka karir88, tp rasanya diskusinya enak disini ,,hehe

  177. Agg berkata:

    Untuk NIP apakah di BI punya NIP sendiri atau NIP dari dinas kepegawaian, kalau memang NIP dibuat di dinas pegawaian mungkin nunggu NIP tersebut, karena temen gw yg jd cpns pengumuman lama karena tunggu NIP…Nah nanti kalau pendidikan, udah dapet NIP yang tertulis di SK, itu kalau NIP nya di buat di dinas kepegawaian…

  178. komeng berkata:

    ya sudahlaahh ..
    Kaloupun memang menunggu NIP ya apa boleh buat ..

    @mas kopdang: hmm ..kalo memang BI ada NIP sendiri tp kira2 setau mas hal apa ya mas yg buat pengumuman ini ditunda ??

    Mohon untuk pencerahanny ..
    Terima kasih 🙂

  179. lepo berkata:

    MAs Kopdang: Saya berharap ada pencrahan lg dari Mas Kopdang, mungkin bisa sedikit mengintip ke bagian DSDM mengenai nasib para peserta rekrutmenbi PTU 2010, se tidaknya pengumuman kpn akhirnya akan d publikasikan sehingga kami bisa agak lega…krn semakin lama semakin banyak isu2 gk enak yg membuat kami semakin gundah gulana…mungkin ini juga harapan dari peserta lain….trima kash…

    • deny berkata:

      Betul mas kopdang, sekiranya mas kopdang bersedia meluangkan waktu untuk membantu kami mencari info ke DSDM BI tentang kelanjutan tes PTU BI tahun 2010 ini…..
      Terimakasih sebelumnya ya mas kopdang… 🙂

      @ Lepo : emang ada isu gak enak apa…??? *semakin bertanya2 neh… 🙂 *

  180. kopdang berkata:

    sabar. sabar itu kan perbuatan baik. yang baik itu mirip jalan lurus, gak ada ujungnya.

    *nyengir*

  181. lepo berkata:

    Ada sih dari thread tetangga, tp gk enak mo kasih link d sini….coba aja cari2 forum yg bahas all about rekrutmen bank indonesia 2010 (tanya mbah google)..
    ni malah ada berita duka…

    TURUT BERDUKA CITA……

    Judul : Telah Meninggal Dunia, S. Budi Rochadi, Deputi Gubernur Bank Indonesia
    Sumber Data : Biro Hubungan Masyarakat
    Tanggal : 11-07-2011
    Contact Biro Humas, Telp : (62-21) 381-7187 Fax : (62-21) 350-1867, E-mail : humasbi@bi.go.id

    Pada hari Minggu tanggal 10 Juli 2011 waktu New York, telah meninggal dunia, S. Budi Rochadi, Deputi Gubernur Bank Indonesia, saat bertugas menghadiri International Banknote Conference. Sehubungan dengan itu, kami atas nama keluarga Almarhum dan Bank Indonesia mohon dapat dibukakan pintu maaf dan mohon doa agar segala amal dan perbuatan Beliau diterima oleh Allah SWT.

    Informasi rumah duka :
    Komplek Bank Indonesia,
    Jl. Jaya Mandala I No. 39, Pancoran,
    Jakarta-Selatan.

    http://www.bi.go.id/web/id/Ruang+Media/Berita/sbr_meninggal_110711.htm

    ini biografi beliau

    S. Budi Rochadi, Deputi Gubernur

    Beliau lahir di Solo, 24 Maret 1951. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, tahun 1975. Beliau memperoleh gelar MA dalam bidang Ekonomi di Michigan State University, Amerika Serikat.

    Karirnya di Bank Indonesia dimulai tahun 1975. Beliau pernah menjabat Pemimpin Bank Indonesia Semarang, Pemimpin Bank Indonesia Medan, dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo. Terakhir, beliau menjabat sebagai Direktur Senior Pengawasan Bank.

    Beliau menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden RI No.69/P Tahun 2006 dan diambil sumpahnya (dilantik) pada tanggal 11 Januari 2007.

    http://www.bi.go.id/web/id/Tentang+BI/Dewan+Gubernur/budi_r.htm

    Semoga arwah beliau d terima Allah SWT….
    dan tidak ada pengaruh ke Rekrutmen PTU 2010 khususnya Pengawas Bank Pertama……hiks..hiks..blm pengumuman jg nih….

    ni jg dah sabar mas kopdang yang baik hati

  182. Jibrin berkata:

    sabaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaar

  183. komeng berkata:

    pengumuman seleksi rekrutmenbi sudah dipublikasikan ..
    selamat buat rekan2 yang lolos ,,

    yang belum semoga suksess di lain kesempatan.

  184. deny berkata:

    Selamat ya bwt yg lolos…. Perjuangan q berakhir smpe di tahap wawancara… 😦 tapi harus ttp semangat berjuang di tempat lain… 🙂
    Gmn neh temen2 smua? PTU Pengawas Bank bnyk yg lolos gak…?

  185. lepo berkata:

    => deny…
    tetp smngt bro…jaln rezki bukan hanya di BI…..Alhmdulillh aq lolos tp penempatan di ternate….hehehe jauh beud…tp gpp…semua yg dipilihkan Allah pati yg terbaik.,..yg paling pas buat kita…..

  186. calonpegbi berkata:

    Mo tanya mas sry klo salah tempat

    1. Masa training berapa lama ?

    2. untuk penempatan apakah akan berubah ketika sudah mengikuti training atau tetap sesuai dengan hasil pengumuman ?

    3. Untuk penempatannya yang jauh apakah diberikan uang tranfortasi atau tidak ?

    4. Tempat tinggal disediakan tidak ketika suda mulai bekerja ditempat yang ditentukan( dicarikan) ?

    5. Kira2 bisa tidak pindah tempat, misalkan saya ditempatkan di banjarmasin dan setelah beberapa tahun saya ingin pindah ke jakarta boleh tidak ?

    6. Waktu training setiap hari atau hr2 tertentu saja ? dr jam berapa sampai jam berapa ? ty!!

  187. GINANJAR berkata:

    Bpk.DR.SULARDI. MM beliau selaku DEPUTI BIDANG BINA PENGADAAN, KEPANGKATAN DAN PENSIUN BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin seperti saya silahkan anda hubungi bpk DR.SULARDI.MM Tlp; 0813-4662-6222. Siapa tau beliau mau bantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: