Apa Yang Rahasia Sesungguhnya?

Pada saat pemeriksaan ke bank, biasanya untu mempercepat alur dokumentasi, saya berkomunikasi dengan bank melalui email. Terbukti selama ini media surat elektronik efektif dalam berkirim dokumen. Tentu saja bagi bank harus mengubah formatnya dahulu menjadi soft copy dengan cara dipindai (scan).

Hal yang menarik adalah terkadang saat saya meminta data berupa rekening nasabah atau data lainnya terkait penjurnalan di pembukuan bank, tanpa ragu karyawan bank mengirimkan kepada saya melalui email kantor bank ke alamat email kantor saya. tanpa enkripsi, tanpa dilindungi password.

Sedangkan saat saya minta data, misalnya daftar gaji pejabat eksekutif atau pegawai setingkat officer ataupun clerk, terkadang orang bank malah melindungi emailnya yang dikirim itu dengan pengaturan password dan malah terkadang dengan sistem perlindungan read only, tanpa bisa dicetak, diforward dan disave.

Mana sih yang lebih rahasia?
rekening nasabah atau gaji pegawai?

Bagi saya, data nasabah justru yang lebih perlu dilindungi, bahkan Undang undang Perbankan mengatur bahwa kerahasiaan bank yang utama adalah terkait data rekening nasabah. Gaji pegawai? ia rahasia juga, bagi karyawan internal saja.

Tak dapat disalahkan juga, toh bagi sebagian dari kita, soal penggajian masih dianggap sesuatu yang sensitif.

🙂

Sent from my iPad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s