Fraudonomics dot com

Selamat pagi.

Blog ini adalah merupakan pecahan dari blog kopidangdut yang terkenal itu. Saya hanya coba untuk memisahkan diri dari berbagai topik yang berkelindan di blog kopidangdut untuk secara spesifik memberikan kesempatan topik mengenai kecurangan – fraud diulas secara teliti, hati-hati dan (semoga) mendalam.

Siapa Pembaca Blog Ini 

Saya berharap pembaca merupakan bagian dari pelaku dunia finansial, terutama para petugas yang mengendalikan sistem, mengatur dan menjalankan fungsi pengawasan pada lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Lebih spesifik lagi pengambil kebijakan dan auditor yang memiliki rutinitas untuk mengelola dan mengawasi jalannya operasional lembaga keuangan.

Bagi pembaca umum tentu saja boleh menikmati juga blog ini. Hanya saja, mungkin banyaknya istilah yang tidak populer akan sedikit menyulitkan dalam mencerna berbagai topik yang akan saya bahas. Harap maklum.

Apa Topik Diskusinya?

Beranjak bukan dari “buruk sangka”, melainkan upaya menjalankan yang baik dan mencegah yang tidak baik: Amar Maruf Nahi Munkar, maka diskusi akan berkembang dengan tema utama tindak kejahatan, celah-celah ketentuan, dan upaya untuk melakukan pencegahan atas berbagai hal terkait serious misconduct, fraud, pelanggaran kode etik dan tentunya tindak pidana yang terkait pada semesta dunia finasial.

Diharapkan dengan bahasa yang semoga ringan dapat menumbuhkan diskusi hangat dan bertanggung jawab.

Apa Latar Belakang Dibuatnya Blog ini

Saya bergelut di dunia pengawasan. Saat ini saya secara resmi merupakan investigator pada Bank Indonesia yang dalam kesehariannya menerima informasi, menjaga amanah untuk memberikan upaya terbaik dalam menentukan apakah terdapat dugaan penyimpangan ketentuan perbankan, apalagi yang berindikasi pidana.

Terlebih lagi bahwa industri keuangan terutama perbankan begitu rentan dalam menjaga nama baik dan kepercayaan masyarakat. Perlu ada upaya lebih untuk secara terbuka saling berkomunikasi dan bertukar pikiran demi terciptanya industri perbankan yang sehat.

Apa tujuan dari Blog ini?

Tentu saja awalnya sebagai ajang curhat bagi saya. Namun, dengan berbagai batasan yang memang sudah seharusnya dijaga mengenai kerahasiaannya. Saya tak akan bicara sesuatu yang memang tidak layak untuk dibagikan secara gamblang kepada publik, namun setidaknya memberikan saripati, memberikan gambaran secara sederhana, bagaimana pertumbuhan ekonomi dibangun dengan jalan yang seharusnya, tanpa ada kecurangan, atau setidaknya meminimalisir kecurangan.

Apakah Pembaca dapat berinteraksi?

Tentu saja. Anda bisa menyampaikan komentar pada setiap tulisan. Namun demi kenyamanan, saya akan memoderasi komentar jikalau komentar yang ditulis menurut hemat saya kurang berkenan untuk menjadi bagian dari artikel saya.

Anda juga dapat berpartisipasi dengan berdiskusi dengan saya melalui akun twitter.

Terima kasih.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s