JISDOR

(Kolom Gatot)

Selamat Datang JISDOR

 

Dalam keseharian, akurasi indikator bisa sangat menentukan.  Termometer memerlukan akurasi untuk mengukur suhu tubuh. Speedometer perlu akurat untuk memastikan kecepatan kendaraan yang cukup aman. Indikator bias bisa menimbulkan konsekuensi membahayakan.  Speedometer aus menyebabkan kendaraan melesat terlalu tinggi tanpa disadari pengemudi, hingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Referensi Nilai Tukar

Pembentukan kurs referensi dimaksudkan sebagai representasi harga spot USD/IDR yang kredibel di dalam negeri. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan transparansi pasar keuangan khususnya valas berdasar prinsip kehati-hatian.

Di pasar valas banyak tersebar informasi harga spot USD/IDR, seperti dari Reuters, Bloomberg, kurs transaksi BI, serta kurs pajak dan bea cukai. Informasi tersebut bersumber dari kuotasi yang merupakan penawaran bank untuk menjual atau membeli valas. Kuotasi tersebut hanya gambaran minat bank untuk melakukan transaksi, bukan sebagai realisasi transaksi.

Beruntung otoritas bank sentral mempunyai perangkat sistem untuk menatausahakan transaksi valas secara aktual, yaitu transaksi antar bank atau yang dikenal dengan SISMONTAVAR (sistem monitoring transaksi valas rupiah). Sistem ini dapat mengakses transaksi valas antar bank secara real time untuk menggambarkan realisasi transaksi. Tidak semua negara mempunyai monitoring berharga semacam ini.  

SISMONTAVAR

Bank sentral negara lain lazim mengumumkan kurs sebagai representasi harga pasar. Jenis kurs yang diterbitkan bergantung kesiapan informasi masing-masing bank sentral. Malaysia dan India menggunakan kuotasi transaksi  Reuters sebagai sumber informasi. Sedangkan Philipina dan Korea memanfaatkan data realisasi transaksi sebagai gambaran harga nilai tukar secara faktual, namun dengan jeda waktu 1 hari kerja.

Di dalam negeri, SISMONTAVAR menampilkan harga nilai tukar berdasar realisasi transaksi sebagai representasi harga paling kredibel. Kurs referensi diumumkan jam 10.00 tiap hari kerja, menggunakan rata-rata tertimbang transaksi antar bank sejak pembukaan pasar sampai mendekati pengumuman kurs. Diantara bank sentral, kurs referensi ini tercatat paling kredibel dan real time dalam mencerminkan harga pasar.

Dalam satu hari, transaksi valas mencapai lebih dari 8000 kejadian. Nilai transaksi terbesar dilakukan melalui kegiatan valas antar bank dengan frekuensi lebih dari 200 kali transaksi. Sekian banyak transaksi tersebut menggunakan kurs yang berbeda-beda tergantung credit risk, likuiditas, dan waktu transaksi. Acuan harga kredibel akan meminimalkan asimetri informasi. Nasabah memperoleh harga  secara wajar. Persaingan antar bank terbentuk lebih sehat dan mendukung terciptanya efisiensi harga.

Kredibilitas

Kredibilitas kurs referensi diharapkan membantu proses pendalaman pasar secara sehat. Transparansi harga pasar menumbuhkan keyakinan antara penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Kewajaran harganya menjadikan dinamika pasar untuk berkembang.

Kredibilitas harga juga memungkinkan transaksi yang memerlukan referensi kurs menggunakan acuan harga di dalam negeri. Kasus NDF yang mencuat di akhir 2012 menunjukkan kegiatan transaksi di luar negeri dapat mempengaruhi rupiah di dalam negeri. Seperti LIBOR, fixing NDF sempat bermasalah karena pembentukan harga yang diduga manipulatif (Reuters, 27 Januari 2013). Moral hazard terjadi karena pihak yang melakukan kuotasi mempunyai posisi sehingga tidak terbebas dari kepentingan.

Bertepatan hari kebangkitan nasional, tanggal 20 Mei 2013 pukul 10 pagi ini terlahir Kurs Referensi, menandai kebangkitan pasar valas domestik untuk makin berkembang. Pelaku pasar mengenalinya sebagai JISDOR atau Jakarta Interbank Spot Dollar Rate. Pembentukan Kurs Referensi dimaksudkan membangun transparansi pasar valas berbasis kehati-hatian. Kurs Referensi terlahir untuk menyediakan harga pasar yang kredibel melalui kejelasan metode perhitungan dan kualitas sumber data yang terpercaya.

Kemampuan dalam mencerminkan harga pasar yang representatif sangat menentukan kredibilitas JISDOR. Kredibilitas tersebut menjadi jaminan kurs referensi akan digunakan sebagai acuan dalam transaksi valas. Kurs referensi diharapkan mengurangi asimetri informasi yang dapat merugikan nasabah. Variasi harga antar pelaku diharapkan tidak terlampau lebar sehingga mendukung efisiensi harga. Dalam jangka panjang referensi kurs diharapkan menyeimbangkan mikro efisiensi usaha dan makro pasar valas yang berkembang secara sehat.

*****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s