BI Beri Penghargaan Kepada Pelapor Terbaik LLD dan DHE

BI Beri Penghargaan Kepada Pelapor Terbaik LLD dan DHE  
04 Desember 2013
 
 
 

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyerahkan penghargaan kepada para pelapor terbaik Lalu Lintas Devisa (LLD) dan Devisa Hasil Ekspor (DHE). Penghargaan ini diserahkan dalam acara Temu Akhir Tahun Pelapor Lalu Lintas Devisa dan Devisa Hasil Ekspor 2013 yang digelar 4 Desember 2013 di Bank Indonesia Jakarta.

Penghargaan ini diberikan kepada bank maupun lembaga bukan bank yang menjalankan kewajiban pelaporan LLD dan DHE. Penilaian LLD ditetapkan berdasarkan jumlah dan variasi laporan, kualitas data, kecepatan dan ketepatan penyampaian laporan, serta kerjasama dan kecepatan respons petugas pelapor LLD terhadap permintaan BI.

Pelapor DHE dibagi dalam dua kelompok, yaitu Bank yang menyampaikan Rincian Transaksi Ekspor (RTE) dan Eksportir. Penilaian terhadap bank RTE didasarkan pada kriteria jumlah penerima DHE dan record RTE, serta dokumen pendukung kesesuaian laporan RTE dengan laporan transaksi. Sementara itu, kriteria yang dipergunakan untuk eksportir pelapor DHE adalah besarnya nilai DHE, rasio DHE terhadap Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)free on board, dokumen pendukung, serta kesesuaian PEB dengan DHE dan dokumen pendukung.

Berikut para penerima penghargaan dimaksud:

Pelapor LLD –Lembaga Bukan Bank (LBB)

 

PT. GARUDA INDONESIA PERSERO, TBK,

PT. TRIMEGAH SECURITIES, TBK,

PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA,

PT. BINASAWIT ABADI PRATAMA,

PT. INDO BHARAT RAYON

Pelapor LLD – Utang Luar Negeri (ULN)

 

PT. SUMMIT OTO FINANCE,

PT. INDOCHEMICALS CITRA KIMIA,

PT. PINDO DELI PULP AND PAPER MILLS,

PT. INDIKA INTI ENERGI,

PT. SUMBER INDAH PERKASA, TBK

Pelapor LLD -Bank

 

CITIBANK, N.A.,

CIMB NIAGA,

DEUTSCHE BANK AG,

PT. BANK INTERNASIONAL INDONESIA, TBK.,

PT. BANK PERMATA, TBK.

Pelapor Bank Rincian Transaksi Ekspor (RTE)

 

THE BANK OF TOKYO-MITSUBISHI UFJ LTD,

PT. BANK SUMITOMO MITSUI INDONESIA,

PT. BANK MIZUHO INDONESIA,

STANDARD CHARTERED BANK,

PT. BANK DANAMON INDONESIA

Eksportir Pelapor DHE

 

PT. ADARO INDONESIA,

PT. INTIBENUA PERKASATAMA,

PT. SIIX ELECTRONICS INDONESIA,

PT. NITORI FURNITURE INDONESIA

“Perkembangan pelaporan LLD dan DHE pada 2013 menunjukkan hasil yang membaik. Hal ini tercermin dari meningkatnya jumlah pelapor dan kualitas data laporan,” demikian disampaikan Perry Warjiyo mengawali acara tersebut.

Bank Indonesia menyadari bahwa pelaporan LLD dan DHE telah menyita waktu dan tenaga lembaga pelapor. Namun perlu kita sadari bersama bahwa data ini sangat dibutuhkan sebagai dasar analisa dan perumusan kebijakan moneter.”Kontribusi pencatatan statistik LLD dan DHE yang lengkap, reliable, akurat dan tepat waktumerupakan amunisi yang diperlukan dalam perumusan kebijakan baik di bidang moneter, makroprudensial dan perbankan maupun sistem pembayaran. Dengan pelaporan yang efektif maka hal ini diharapkan dapat berkontribusi besar pada stabilitas makro ekonomi, sehingga pelaku bisnis yang diantaranya termasuk pelapor LLD dan pelapor DHE juga akan dapat menjalankan roda bisnisnya dengan lebih baik. Untuk itu, dalam kesempatan ini, Saya berpesan agar laporan LLD harus senantiasa dijaga baik kualitas maupun kuantitasnya secara lengkap, benar dan tepat waktu,” demikian Perry Warjiyo menekankan.

Pada awalnya kewajiban laporan LLD dimulai dari LLD bank yang melaporkan kegiatan LLD yang dilakukan oleh Bank sebagai pelaku sendiri maupun nasabahnya. Kemudian berikutnya dikuti dengan laporan LLD–Lembaga Bukan Bank. Demikian pula untuk laporan LLD–Utang Luar Negeri (ULN) yang sebelumnya bersifat sukarela (voluntary) menjadi wajib dilaporkan kepada Bank Indonesia sejak tahun 2000. Dalam rentang waktu hampir 13 tahun sejak diluncurkan ketentuan dimaksud, pelaporan LLD menunjukkan kontribusinya yang semakin signifikan dalam memasok data bagi perumusan kebijakan di Bank Indonesia.

Pada posisi September 2013, jumlah pelapor LLD – Bank, LLD LBB dan LLD – ULN  secara berturut-turut sebesar 120 pelapor, 2.514 pelapor  dan 2.313 pelapor.  Sedangkan pelapor DHE saat ini berjumlah sekitar 11.700 eksportir.

 

sumber: intrenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s